Bajaj Pulsar 220 Capai Pertumbuhan Tertinggi di Semester I 2012

1 Agustus 2012. Dari acara buka puasa bersama PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) yang dihadiri oleh rekan-rekan media  di  Cafe Grand Via Hotel Gran Melia Jakarta hari Rabu malam (1/8/12), terungkap bahwa performa portofolio motor sport Bajaj tampaknya semakin kuat di mata konsumen Indonesia. Hal ini dibuktikan dari prestasi penjualan Bajaj yang terus meningkat sejak masuk di industri otomotif Indonesia sejak tahun 2006 melalui varian pertamanya, Pulsar 180 DTS-i.

President Director PT Bajaj Auto Indonesia (BAI), Tomotaka Ishikawa, mengatakan sebagai APM Pulsar di Indonesia, prestasi penjualan tersebut membuktikan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan BAI selama ini bisa diterima oleh konsumen Indonesia.

“Sejak Januari hingga kini, BAI sudah melepas 9.500 unit varian Pulsar di Indonesia. Dari jumlah tersebut, dan 36 persennya adalah penjualan Pulsar 220,” bangga Tomotaka.

Tomotaka menjelaskan, perolehan tersebut cukup membanggakan mengingat kecilnya pangsa pasar motor sport di Indonesia dibandingkan varian motor lainnya. Pada Januari 2012, pangsa pasar motor sport Indonesia tercatat sebesar 8,24% (54.928 unit). Sementara tipe motor lainnya yaitu bebek yang memiliki pangsa pasar per Januari 2012 sebesar 40,93 persen (272.851 unit) dan motor transmisi otomatis alias skutik sebesar 50,83 persen (338.818 unit).

Suasana obrolan santai dengan petinggi PT BAI usai buka puasa bersama di Cafe Grand Via Hotel Gran Melia Jakarta hari Rabu malam (1/8/12)

Di pasar motor sport, Pulsar 220 memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan. Di kelasnya (200-250cc) di mana HOnda Tiger dan Yamaha Scorpio cukup mendominasi, namun kehadiran Pulsar 220 telah berhasil mencatatkan kenaikan pangsa pasar menjacli 16 persen selama periode Januari hingga Juni 2012. Hal ini menunjukkan bahwa Bajaj Pulsar 220 bertambah kuat di kelasnya dan konsumen menyukai gaya dan performanya.

“Perolehan penjualan Pulsar tak terlepas dari sejumlah strategi pemasaran yang dijalankan BAI. Sejak awal tahun 2012, kami meluncurkan sejumlah program, mulai dari test ride Pulsar berhadiah Pulsar, test ride Pulsar berhadiah Nissan Juke, Pulsar Pasti Lelaki Tour, dan program potongan harga Pulsar 220 VIN 2011,” kata Tomotaka.

Selain itu, tambahnya, pada Pekan Raya Jakarta (PRJ) Juni-Juli 2012, BAI menggelar sejumlah program promosi baik berupa diskon harga maupun hadiah langsung pembelian. Selama penyelenggaraan PRJ tersebut, BAI berhasil mencapai target penjualan yang ditetapkan yaitu sebanyak 1.200 unit.

“Kami optimis semua varian Pulsar akan semakin diterima oleh konsumen Indonesia, tidak hanya karena harganya yang terjangkau, tetapi juga karena performanya yang handal. Kami akan tetap pada komitmen untuk menghadirkan varian motor sport dengan teknologi terkini dan berperforma tinggi, disertai dengan layanan purna jual kelas dunia,” tegas Tomotaka.

Mengenai Bajaj Auto Limited

Bajaj Auto Limited (Bajaj Auto), anak perusahaan utama Bajaj Group, merupakan produsen sepeda motor terbesar keempat di dunia dan produsen kendaraan roda tiga terbesar di dunia. Bajaj Auto dibentuk pada tahun 1945. Bajaj, melalui inovasi dan pengalaman di bidang otomotif dan desain, secara konsisten memenuhi permintaan konsumen di pasar-pasar di seluruh dunia.

Bajaj Auto memfokuskan diri pada inovasi untuk mendesain dan memproduksi rangkaian kendaraan roda-2 kelas dunia. Portopolionya meliputi skuter tanpa gigi (60cc- 92cc), skuter dengan gigi (112cc – 150cc), sepeda motor (80cc – 220cc) dan jenis cub atau motor bebek (75cc).

Bajaj Auto memiliki tiga pabrik bersertifikat ISO-9001 dan ISO 14001 berlokasi di bagian Barat India yang mempekerjakan tenaga-tenaga ahli di bidang manufaktur. Dengan kapasitas terpasang tiga juta kendaraan per hari, setiap pabrik menerapkan proses manufaktur yang fleksibel untuk secara cepat memenuhi permintaan konsumen yang berubah-ubah. Bajaj Auto memiliki fasilitas R&D yang terintegrasi dan bertugas untuk mengembangkan teknologi dan produk barn

Mengenai Bajaj Auto Indonesia

PT Bajaj Auto Indonesia (BAI), anak perusahaan Bajaj Auto Limited, India, didirikan pada bulan Juli 2006 di Indonesia. Memulai operasi dengan meluncurkan Pulsar 180 pada November 2006. Brand Pulsar merepresentasikan produk motor sport Bajaj di Indonesia.

Bajaj Auto Indonesia berkantor pusat di Jakarta dan dan memiliki pabrik perakitan di Cikarang. Dengan lebih dari 110 showroom 3S eksklusif dan 136 bengkel mitra yang menjual Pulsar 135, Pulsar 180 serta Pulsar 220, BAI memiliki jaringan servis yang kuat dilengkapi dengan mekanik terlatih yang memberikan pelayanan purna jual teknik kelas dunia. Suku cadang asli Bajaj kini sudah bisa diperoleh di jaringan servisnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Leave a Reply