Nissan GT-R Bakal Hadir di Indonesia?

1 Agustus 2012. Setelah kehadiran mobil sport dua pintu Toyota 86 dan kepastian Subaru BRZ di pameran IIMS 2012, maka tentu saja Nissan tak mau ketinggalan menghadirkan Nissan GT-R ke Indonesia. Ya, dalam obrolan santai dengan Teddy Irawan, Vice President Director Sales & Marketing PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tadi malam (Selasa, 31/7/12) di acara buka puasa bersama NMI di Pastis Kitchen & Bar, Aston Kuningan Jakarta terkuak soal Nissan GT-R.

Didesak oleh rekan-rekan wartawan otomotif, Teddy Irawan tidak jelas-jelas mengatakan 100% Nissan GT-R bakal hadir, tetapi katanya hal ini sudah menjadi pertimbangan perusahaan kiranya mobil tersebut bisa dihadirkan ke Indonesia dalam waktu yang tidak lama. Tentu saja ini membuat rasa penasaran rekan-rekan wartawan, soal kapan waktu persisnya dan berapa harganya. Sayang sekali untuk harga dan tanggal persisnya kehadiran Nissan GT-R di Indonesia tidak bisa dijelaskan secara rinci.

Teddy Irawan, Vice President Director Sales & Marketing PT Nissan Motor Indonesia (NMI) bersama rekan-rekan wartawan hari Selasa, 31/7/12 di acara buka puasa bersama NMI di Pastis Kitchen & Bar, Aston Kuningan Jakarta

Well.. yang pasti Nissan sudah punya senjata baru mobil sport dua pintu yang siap meramaikan, bahkan mengobrak-abrik pasar mobil sport di Indonesia. Toyota 86 Hachiroku yang diluncurkan 1 Juni 2012 yang lalu dikabarkan laris manis, sedangkan Subaru BRZ yang bakal hadir di IIMS 2012 mendatang, ternyata jumlah pesanannya sudah ada. Demikian pula mobil dua pintu (coupe) dari Mercedes-Benz, Audi, BMW dan Infiniti juga ramai dengan pembeli.

Kota Jakarta dengan kondisi jalan macetnya, kini terselip mobil Ferrari, Porche, Lamborghini, Lotus dan mobil super mahal lainnya yang beredar luas. Tak heran jika segmen pasar mobil super sport dua pintu di Indonesia memang masih terbuka lebar, pasalnya memang ada pembeli potensial. Jika benar Nissan GT-R bakal hadir melalui APM (Agen Pemegang Merek), maka hal ini tentu saja membuat persaingan mobil sport semakin kencang dan tambah ramai.

Nissan memiliki varian Nissan GT-R tergantung dari wilayah target pasar, seperti pasar Amerika Serikat, Eropa, Arab, China, Singapura dan negara-negara yang lainnya, yang mana masing-masing wilayah memiliki perbedaan. Sejauh ini belum ada info, varian mana yang bakal dihadirkan untuk pasar Indonesia. “Kemungkinan akan kami hadirkan Nissan GT-R 3.8 liter yang model terbaru 2013 pada awal tahun depan (red=2013). Saat ini masih dalam tahap persiapan,” kata Teddy.

Dari referensi untuk pasar Amerika Serikat disebutkan, bahwa Nissan GT-R mengusung mesin tipe VR38DETT, dengan kapasitas 3.8-liter twin-turbocharged 24-valve V6; each engine hand-crafted by its own master technician in a clean-room environment. Untuk detailnya klik halaman ini, antara lain dapat diringkas:

Horsepower – 545 horsepower @ 6,400 rpm
Torque – 463 lb-ft of torque @ 3,200-5,800 rpm
Cylinder bore x stroke – 95.5 x 88.4 mm
Compression ratio – 9.0:1
Top speed – 196 mph
Maximum engine speed – 7,000 rpm
Emissions – 50 State LEV2/ULEV

Yang pasti Nissan GT-R ini bukan mobil masal, tentu saja kehadiran mobil tersebut sangat terbatas. Melihat besarnya horsepower Nissan GT-R ini maka tak menutup kemungkinan para penggemar mobil sport akan memilikinya, apalagi sekarang ini di Indonesia sudah ada balapan GT-3 yang bakal tambah seru dengan hadirnya Nissan GT-R. “Meski disebut-sebut pasarnya sangat potensial, kemungkinan kami hanya menjual GT-R tidak lebih dari 50 unit per tahun,” ujar Teddy.

Anda minat? Tunggu bro..

Leave a Reply