Inspirasi F1: Pentingnya Membangun Kerjasama (Partnership)



25 Juli 2012
. Tak terasa balapan Formula One (F1) di musim tahun 2012 ini sudah 10 seri, dan Red Bull-Renault Racing Team memimpin kelasemen dengan total poin 230 (lihat tabel dibawah). Dibalik suksesnya tim ini, ada dua sosok pembalap yang telah berjuang habis-habisan, yaitu Mark Webber dari Australia, dan Sebastian Vettel dari Jerman. Kedua pebalap ini bahkan silih ganti meraih podium kemenangan bersama dengan para pesaingnya (lihat tabel dibawah).

Apa sih yang membuat Red Bull Racing Team menjadi pemimpin kelasemen sementara? Tentu saja karena ada banyak alasan, selain prestasi dari para pembalapnya, ada kerjasama tim, dan tentunya ada dukungan penuh dari pihak-pihak yang terlibat yang telah membuat mobil balap Formula One Red Bull-Renault Racing Team ini menjadi semakin kencang. Salah satunya adalah dukungan dari Infiniti.

Pos Team F1 2012 Points
1 Red Bull Racing-Renault 230
2 Ferrari 177
3 McLaren-Mercedes 160
4 Lotus-Renault 159
5 Mercedes 105
6 Sauber-Ferrari 80
7 Williams-Renault 47
8 Force India-Mercedes 46
9 STR-Ferrari 6
10 Caterham-Renault 0
11 Marussia-Cosworth 0
12 HRT-Cosworth 0

.

Grand Prix Date Winning Driver Team Laps Time
Australia 18/03/2012 Jenson Button McLaren-Mercedes 58 1:34:09.565
Malaysia 25/03/2012 Fernando Alonso Ferrari 56 2:44:51.812
China 15/04/2012 Nico Rosberg Mercedes 56 1:36:26.929
Bahrain 22/04/2012 Sebastian Vettel Red Bull Racing-Renault 57 1:35:10.990
Spain 13/05/2012 Pastor Maldonado Williams-Renault 66 1:39:09.145
Monaco 27/05/2012 Mark Webber Red Bull Racing-Renault 78 1:46:06.557
Canada 10/06/2012 Lewis Hamilton McLaren-Mercedes 70 1:32:29.586
Europe 24/06/2012 Fernando Alonso Ferrari 57 1:44:16.649
Great Britain 08/07/2012 Mark Webber Red Bull Racing-Renault 52 1:25:11.288
Germany 22/07/2012 Fernando Alonso Ferrari 67 1:31:05.862

Sumber Tabel: http://www.formula1.com/ (as per 24 Juli 2012)

 

Infiniti pada awalnya dikenal dengan nama merek mobil sedan kelas premium buatan Nissan Motor Corporation yang dipasarkan hanya di negara Amerika Utara. Bahkan merek Infiniti ini merupakan pesaing utama dari mobil mewah Jepang lainnya yang dijual di pasar otomotif Amerika Serikat, seperti merek Lexus milik Toyota dan Acura milik Honda.

Dalam keterlibatannya di ajang balapan F1, Infiniti tidak menurunkan mesin mobilnya tetapi hanya sebagai sponsor utama dari Red Bull-Renault Racing Team. Dalam kapasitas sebagai sponsor, Infiniti menyuplai teknologi sistem KERS (Kinetic Energy Recovery System) yang sukses dipakai oleh Mark Webber dan Sebastian Vettel.

Well.. cukup penasaran untuk disimak mengapa Infiniti tidak terjun langsung sebagai penyuplai mesin mobil balap F1, tetapi hanya menjadi sponsor, serta menyuplai perangkat-perangkat teknologi yang dimilikinya. Di Indonesia, SL.com hanya mengetahui nama Infiniti sebagai kendaraan mewah, dan tentu saja kendaraan mewah tersebut juga memiliki teknologi yang sama seperti yang dipakai pada mobil balap Formula One.

Baik Infiniti dan Red Bull-Renault Racing Team tentunya memiliki semangat yang sama, yaitu performa yang mampu memberikan “inspirasi dan semangat tanpa henti untuk kinerja yang terbaik“, dan ingin mencapai sesuatu yang lebih baik dalam keadaan apapun. Dalam setiap putaran balapan F1 tentu saja tujuannya adalah bagaimana tim ini mampu meraih podium kemenangan.

How Formula 1 Inspired My Life?

Melihat sinergi yang kuat antara Infiniti dan Red Bull Racing Team dalam ajang balapan F1, disini jelas memberikan inspirasi bagi kehidupan dan pekerjaan SL.com, yaitu tentang perlunya membangun semangat dan kerjasama yang solid. Ya, sebuah tujuan (apapun jenisnya) memang harus dilakukan dengan semangat dan kerjasama yang baik dan solid, bahkan kalau perlu dilakukan tanpa pamrih.

Tujuan apapun yang kita inginkan dalam hidup ini, apalagi dalam pekerjaan, setidaknya kita perlu bekerjasama dengan diantara banyak pihak, antara lain saling mendukung, saling berbagi, saling sharing, saling bertukar informasi, dan sebagainya. Tak ada prestasi yang hanya diraih sendirian, dan ternyata adanya kerjasama itu merupakan salah satu jalan yang terbaik untuk bisa meraih prestasi terbaik.

Mari kita simak sejumlah nama merek (brand) yang terpampang di arena sirkuit balapan Formula One, disana ada ratusan merek yang terlibat sebagai sponsor dengan tujuan utama-nya adalah promosi merek (brand). Namun sebenarnya kehadiran semua merek yang ada disana ialah ikut berkerjasama dalam berbagai hal, apakah itu dalam bentuk materi, teknologi, human resorces, dan  sebagainya.

Demikian pula mari kita lihat mobil balap F1 atau melihat dari dekat pakaian pebalap F1, disana juga ada sejumlah merek yang terpampang dengan jelas. Kehadiran merek-merek terkenal disana bukanlah hal gratis, tetapi dibalik itu ada suatu bentuk kerjasama yang telah disepakati untuk bersedia saling berkerjasama demi mensukseskan para pembalap, maupun tim balapnya.

Melihat sinergi kerjasama antara Infiniti dan Red Bull-Renault Racing Team dalam kancah balapan bergengsi F1, setidaknya hal ini dapat menggugah banyak orang tentang bagaimana perlunya membangun kerjasama yang baik. Ajang balapan Formula One adalah salah satu contoh dimana kita bisa melihat partisipasi deretan merek (brand), walaupun pada akhirnya mereka harus membayar dengan biaya mahal.

Dari cerita tentang ajang balapan F1 diatas, maka hal inipun memberikan inspirasi bagi kehidupan dan pekerjaan SL.com, yakni keinginan mau belajar tentang arti dan makna semangat kerjasama (partnership) tanpa henti untuk menghasilkan sebuah kinerja (performance) yang terbaik. Terus.. caranya melalui apa? Apakah jalur kemitraan?

Yups.. membangun hubungan kerjasama atau partnership (kemitraan) dengan banyak pihak adalah cara yang baik untuk melangkah maju. Lihat saja kemitraan antara Infiniti dan Red Bull-Racing, maupun para sponsor dari semua merek yang terlibat di dalam F1, bahwa ternyata segala sesuatunya memang perlu adanya partnership, dan hal itu memang tak dapat dipungkiri lagi.

Dalam rangka pengembangan media online ini, dimana SL.com selaku pemilik pun harus mampu bekerjasama tanpa henti dengan banyak pihak agar website ini dapat berkembang, serta memiliki kreativitas, innovasi dan perubahan-perubahan. Contoh sederhana, jika ingin membahas dan mengulas dunia otomotif secara berkesinambungan, maka tentunya media online SL.com ini harus bisa bekerjasama (bermitra) dengan pihak-pihak lain dalam industri otomotif terkait. Setuju?

Sumber Photo: http://www.infiniti-performanceteam.com/photo/

Leave a Reply