Tips Memilih Bahan Bakar dari Rifat Sungkar

22 Juli 2012. Anda pemilik kendaraan bermotor? Tahukah anda bagaimana memilih bahan bakar yang dapat membantu performa kendaraan anda? Berikut adalah tips untuk memilih bahan bakar kendaraan anda dari Rifat Sungkar, yang merupakan atlit dan juga pemerhati otomotif nasional. Tips pertama dan yang paling mendasar adalah memilih bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

“Kendaraan bermotor jaman sekarang sudah memiliki tingkat kompresi yang tinggi. Tidak seperti mobil mesin diesel yang dapat lebih menerima bahan bakar dengan kadar oktan rendah, kendaraan berbahan bakar bensin perlu menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan yang mencukupi atau lebih tinggi. Oleh karena itu, tanyakan kepada produsen kendaraan, jenis bahan bakar yang dianjurkan, dan tingkat oktan yang sesuai untuk kendaraan Anda,” terang Rifat Sungkar.

Sebagai tips kedua, Rifat mengatakan:

“Bahan bakar beroktan tinggi tidak hanya diperlukan untuk mobil mewah atau yang berperforma tinggi. Mobil dengan mesin lebih kecil yang menghasilkan tenaga yang besar melalui tingkat kompresi yang tinggi juga memerlukan bahan bakar dengan tingkat oktan yang tinggi,” ujar Rifat.

Banyak orang beranggapan bahwa menggunakan bensin dengan kadar oktan yang terlalu tinggi dapat berakibat buruk bagi kendaraan bermotor, seperti misalnya mesin menjadi cepat panas, dan lainya. Menggunakan bahan bakar yang memiliki tingkat oktan yang tinggi, terutama yang memiliki tingkat oksigen yang tinggi, aman dipakai oleh mobil biasa atau standard, bahkan akan meningkatkan performa mesin. JIka mesin mobil mulai terdengar berisik dan bunyi ketukan, itu artinya kita perlu mengganti bahan bakar dengan tingkat oktan yang lebih tinggi.

Tips ketiga adalah pada saat mengisi bensin, Rifat Sungkar menganjurkan untuk mengisi bensin di SPBU yang ramai.

“Untuk mengisi bensin, lebih baik di SPBU yang ramai, yang sering diisi ulang tangkinya. Hal ini agar mengurangi resiko mendapatkan bensin yang jelek,” jelas Rifat.

Baru-baru ini Pertamina saja meluncurkan PERTAMAX RACING di Outlet Dispenser SPBU PERTAMINA. Rifat Sungkar sebagai pemerhati otomotif dan atlet motorsport menyambut kehadiran bahan bakar beroktan tinggi ini dengan baik.

“Pertamax Racing memiliki tingkat oktan 100, dan tingkat oksigen yang tinggi. Buat saya yang ikut membantu pengembangan Pertamax Racing, dan juga teman-teman pembalap lain, kehadiran bensin dengan oktan tinggi ini sangat menggembirakan. Karena bagi mobil balap, dan bagi mobil berperfoma tinggi, bensin dengan kadar oktan yang tinggi sangat diperlukan untuk memaksimalkan performa mobil,” ujar Rifat Sungkar.

Ingin lebih tahu lebih banyak tentang bagaimana memilih bahan bakar yang baik dan juga mendapatkan Pertamax Racing, silahkan follow Rifat Sungkar melalui akun twitternya @rifato.

Tentang Rifat Sungkar

Rifat Helmy Sungkar, atlet motorsport kelahiran Jakarta tanggal 22 Oktober 1978 ini, dibesarkan di tengah keluarga pereli. Reli sudah merupakan bagian dari dirinya. Dedikasi dan prestasi Rifat di arena reli nasional mau pun internasional telah terbukti dan tidak mengecewakan kedua orang tua dan kakeknya yang juga pereli. Bahkan Rifat dapat mengharumkan nama bangsa dengan menaikan bendera Merah Putih di manca negara dan diakui bahwa Indonesia mempunyai atlet berprestasi international .

Atas prestasinya tersebut Rifat ditahun 2006 dianugrahkan ”Bintang Prestasi” yang disematkan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Sebagai atlet otomotif Indonesia yang berprestasi, Rifat Sungkar juga berprestasi di bidang olahraga motorsport drfiting. Rifat Sungkar ditunjuk sebagai duta safety driving Indonesia, dalam rangka mendukung kampanye FIA dan UNESCO untuk mengurangi kecelakaan lalu-lintas sampai dengan 50% pada tahun 2020.

Please follow and like us:

Leave a Reply