Berkunjung Ke Pabrik Proton Tanjung Malim Malaysia

21 Juli 2012. Usai dari kunjungan “Center of Excellence PROTON” di Shah Alam Selangor, maka rombongan awak media asal Indonesia kembali melanjutkan perjalanan menuju PROTON CITY di Tanjung Malim Malaysia (Kamis, 12 Juli 2012). Adapun lokasi PROTON CITY lebih dikenal sebagai pabrik kedua PROTON terletak di di Tanjung Malim Perak Malaysia dengan jarak sekitar satu setengah jam dari pabrik pertama di Shah Alam.

Sejarah pabrik pertama PROTON berlokasi di Shah Alam berdiri tahun 1983 dimana dulunya bekerjasama dengan Mitsubishi Motor Corp. Selain sebagai markas utama (kantor pusat), lokasi pabrik PROTON Shah Alam juga sebagai pusat Research & Development (R&D) PROTON. Dalam perkembangannya, akhirnya PROTON mendirikan kilang baru (pabrik kedua) di Tanjung Malim Perak Malaysia yang berjarak sekitar 81 km dari pabrik pertama.

PROTON CITY Tanjung Malim Perak Malaysia

Oops.. rombongan “Indonesia Media Visit PROTON” akhirnya sudah tiba di pabrik PROTON Tanjung Malin namun agak terlambat. Sebelumnya kami lebih dulu masuk kedalam ruangan untuk mendengarkan penjelasan mengenai gambaran proses produksi pabrik yang dimuali dari proses stamped hingga mobil menggelinding keluar. Kemudian kami di berikan informasi soal peraturan yang harus dipatuhi selama berada di dalam pabrik tersebut.

Bicara soal keselamatan merupakan hal mutlak, sehingga semua anggota rombongan harus mengenakan peralatan standar keselamatan selama berada di pabrik, antara lain pakai helm dan kacamata pelindung. Karena pabriknya besar, maka kami tak perlu jalan kaki melainkan diangkut dengan Golf Car ukuran panjang melaju masuk kedalam pabrik itu.

“Di tempat ini lahir 37 mobil setiap jamnya,” kata Azmi Idris, Director Group Manufacturing PROTON Holdings Berhad yang memimpin rombongan awak media asal Indonesia selama berada di dalam pabrik PROTON Tanjung Malim.

“Di tempat ini proses stamping, body assembly hingga painting untuk mobil-mobil PROTON Persona, Gen2 dan juga PREVE sebagai sedan yang paling terbaru. Fasilitas kilang (red=pabrik) PROTON ini pun memiliki tanah yang sangat luas mencapai 1.280 acre (red=hektar),” tambah Azmi Idris dalam Bahasa Melayu yang kental.

Wouw.. ternyata kilang PROTON Tajung Malim ini memiliki kapasita produksi yang mampu menghasilkan 150.000 unit mobil setiap tahunnya. Pabrik ini memproduksi mobil Proton Savvy, Gen-2, Persona dan juga sedan terbarunya, yaitu Preve yang akan dijual di Indonesia mulai awal tahun depan.

Semua awak media diajak menelusuri pada empat tempat, mulai dari pemasangan bodi hingga tahap akhir. Sesekali kendaraan golf car yang kami tumpangi berhenti untuk mendengarkan penjelasan dari Azmi Idris. “Disini bagian stamped atau mencetak pelat bodi membutuhkan presure yang tinggi mencapai 4500 bar untuk menghasilkan body quality,” kata Azmi Idris.

“Lihat, PROTON sudah menggunakan menggunakan fully automatic machine yang high tech, dimana mesin robot yang bekerja disini hampir 95 persen yang melakukan pekerjaan dan transfer. Sedangkan lima persennya dibantu dengan tenaga manusia hanya untuk unloading saja. Untuk suku cadang, kami melibatkan 200 vendor untuk penyediaan 2500 parts,” jelas Azmi Idris sambil menunjuk ke arah robot-robot yang sedang bekerja secara otomatis.

Pabrik PROTON Tanjung Malim di Perak Malaysia ini juga sudah dilengkapi dengan vendor park yang nantinya akan menjadi pusat vendor komponen PROTON, universitas, town center serta perumahan untuk para pegawainya. Well.. singkat cerita SL.com merasa puas dan bangga melihat pabrik PROTON Tanjung Malim ini.

Final check hasil produksi mobil sedan PROTON Preve di pabrik PROTON Tanjung Malim @Kamis, 12 Juli 2012

Asal tahu saja, suasana alam, lingkungan, suhu udara, maupun orang-orang pabriknya  sama seperti di Tanah Air sendiri, tapi sayang ini bukan di Indonesia, melainkan di Malaysia. Ya, jelas disini bahwa Malaysia membuktikan sebagai negara Melayu yang sudah mampu membuat pabrik mobil nasional, dan mampu bersaing merek asal Jepang, Eropa atau Amerika Serikat.

Seharusnya, pemerintah dan rakyat Indonesia mau belajar dari negara tetangga ini, mengakui kemajuan industri otomotif PROTON, maupun insfratruktur jalan Malaysia yang memang patut ditiru. Jadi kapan nih Indonesia punya pabrik mobil sendiri?

ALBUM PHOTO (50) 

VIDEO PROTON 25 Tahun

Tagged with 

One thought on “Berkunjung Ke Pabrik Proton Tanjung Malim Malaysia

  1. [...] Bagi SL.com sudah tak asing lagi melihat sosok PRTON Preve, pasalnya pada 11-13 Juli 2012 hampir setahun yang lalu SL.com sudah mencoba dan mengunjungi pabrik PROTON di Shah Alam dan Tanjung Malim Malaysia bersama rombongan media Indonesia. Dari hasil kunjungan tersebut, SL.com menulis beberapa artikel, antara lain test drive, kunjungan ke kantor pusat PROTON,  kunjungan Center of Excellence PROTON, dan kunjungan ke pabrik PROTON Tanjung Malim. [...]

Leave a Reply