Berkunjung ke Center of Excellence Proton Malaysia

21 Juli 2012. Harus diakui bahwa di negara ASEAN, hanya Malaysia yang memiliki perusahaan mobil sendiri, terkenal, bahkan eksis sampai ke beberapa negara dengan nama PROTON. Dalam rangka kunjungan “Indonesian Media Visit” bersama PROTON, tak lupa rombongan awak media asal Indonesia juga diajak jalan-jalan ke “Center of Excellence PROTON” untuk melihat dari dekat sejarah PROTON (Kamis, 12/7/12).

Center of Excellence (COE) PROTON berada Jalan Raya Shah Alam, KM 33,8 arah barat (dari Cheras ke Shah Alam). Lokasi ini masih berada dalam satu kompleks dengan pabrik dan kantor pusat PROTON Shah Alam, termasuk dengan lokasi Test Tract PROTON dimana SL.com bersama 16 orang awak media asal Indonesia sempat berada disana untuk melakukan test drive mobil PROTON Exora Bold dan Preve.

Abdul Rashid Musa, Sector Head Technical Operations PROTON Holdings Berhad

Sebuah billboard besar terpampang dengan jelas di pinggir Jalan Raya Shah Alam, kemudian ketika rombongan awak media asal Indonesia sudah tiba di depan lobby COE PROTON, maka kami pun bergegas diajak masuk oleh PROTON ke dalam galeri mini PROTON. Rombongan awak media asal Indonesia ini dipimpin oleh seorang wanita, Nemati Hapsari yang bertugas sebagai PR PT PROTON Edar Indonesia.

Yups.. kami disana bisa melihat secara dekat bagaimana sejarah perjalanan PROTON dari masa ke masa hingga saat ini. Setiap ada perkembangan baru dari PROTON dicatat dan dijadikan dokumentasi yang kemudian di pamerkan dalam ruangan COE PROTON. Seorang pejabat tinggi PROTON, Abdul Rashid Musa sebagai Sector Head Technical Operations memberikan penjelasan secara lengkap. Ia bertugas mirip sebagai Tour Guide sebagaimana kita masuk kedalam sebuah museum.

 

Ada banyak mobil PROTON model lama yang dipamerkan disini, mulai dari model PROTON Saga sebagai mobil yang pertama diproduksi PROTON tahun 1985, kemudian ada PROTON Waja, Persona, Perdana, Gen-2, sampai Neo yang menjadi peserta di ajang World Rally Camphionship. Tak ketinggalan beberapa mobil sport Lotus asal Inggris yang dibeli Proton sejak tahun 1996 juga ada disana.

Di museum COE PROTON atau Hall of Fame PROTON ini, juga dipajang beberapa piala, medali, dan plakat penghargaan dari berbagai sumber. Yang pasti semua informasi tentang PROTON sangat lengkap, bahkan SL.com pun sempat terkagum-kagum dengan COE PROTON ini. Setidaknya SL.com tidak bisa menutup mata jika Malaysia sudah memiliki industri mobil otomotif dengan nama Perusahaan Otomobil Nasional Sdn Bhd.

Bicara soal sejarah PROTON, pada awalnya kehadiran Perusahaan Otomobil Nasional (PROTON) dicetuskan oleh mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad pada tanggal 7 Mei 1983 yang lalu. Saat itu pemerintah Malaysia sebagai pemilik PROTON tidak jalan sendirian, pada awalnya mereka melakukan kerjasama dengan Mitsubishi Motor Corp, dan kini PROTON sudah mampu membuat mobil mulai tahun 2000-an.

“PROTON itu mobil ASEAN. Meski ini perusahaan Malaysia, tapi komponen-komponennya kami dibuat di negara-negara sekitar. Bisa bisa dibilang PROTON itu adalah mobilnya ASEAN,” ujar Deputy Chief Executive Officer Proton Holdings Berhad, Dato’ Lukman bin Ibrahim saat makan siang bersama rombongan “Indonesian Media Visit” di kantor pusat Proton di Shah Alam, Malaysia.

ALBUM PHOTO

VIDEO

Pada bagian awal di video ini selintas terlihat suasana di dalam ruangan Center of Excellence PROTON

One thought on “Berkunjung ke Center of Excellence Proton Malaysia

  1. [...] Juli 2012. Usai dari kunjungan “Center of Excellence PROTON” di Shah Alam Selangor, maka rombongan awak media asal Indonesia kembali melanjutkan [...]

Leave a Reply