Bertemu CEO Proton di HQ Proton Shah Alam Malaysia

image006

20 Juli 2012. Perusahaan Otomobil Nasional Sdn Bhd (PROTON) pada awalnya didirikan atas inisiatif Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir Mohamad tahun 1983. Kali ini SL.com mendapat kesempatan datang ke Head Quarter (Kantor Pusat) PROTON di Shah Alam, Malaysia bersama 16 orang awak media asal Indonesia hari Kamis, 12 Juli 2012 dan bertemu dengan para pejabat tinggi Proton termasuk Dato’ Lukman bin Ibrahim, Deputy CEO Proton Holdings Berhad.

Dari catatan sejarahnya, PROTON yang dikini sudah dimiliki oleh perusahaan publik terbesar di Malaysia DRB-HICOM dulunya pernah bekerjasama dengan Mitsubishi Motor. Pada bulan September 1985, mobil nasional pertama Malaysia bernama Proton Saga diproduksi. Kemudian berturut-turut pada tahun 1993 dilincurkan Proton Wira dan pada tahun 1995 Proton Perdana.

Pada tahun 2001, merupakan tonggak sejaran bagi perkembangan mobil nasiona di Malaysia, dengan diluncurkan mobil yang 100% desain dan semua komponen diproduksi lokal, yang diberi nama Proton Waja. Pada tahun 2002, Proton telah menguasai 60% market produk mobil di Malaysia. Saat ini PROTON, menjadi kebanggaan otomotif Malaysia, bersama MODENAS untuk sepeda motor.

Dato’ Lukman bin Ibrahim, Deputy CEO Proton Holdings Berhad

Sesuai dengan perkembangannya, tak heran PROTON melakukan pemasaran produk mobil merek PROTON ke Indonesia melalui Agen Pemegang Merek Proton (APM) di Indonesia, yakni PT PROTON Edar Indonesia (PEI). Ya, PT PROTON Edar Indonesia (PEI) ini telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2007.

Dalam perkembangannya PROTON mendapatkan apresiasi yang baik dari pasar otomotif Indonesia. Model yang telah dijual di Indonesia, antara lain Savvy, Gen 2, Gen.2 Persona, Waja, Wira, Neo, Saga, Exora, Persona Elegance dan Neo CPS. Saat ini PROTON secara agresif mengembangkan jaringannya di seluruh negeri dan sudah outlet yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Dalam rangka mempererat tali silahturami hubungan PROTON dengan konsumen Indonesia, maka PROTON mengundang 16 awak media asal Indonesia untuk melakukan kunjungan ke negara asalnya di Malaysia, antara lain melakukan test-drive mobil PROTON, bertemu dengan pejabat tinggi PROTON, kunjungan ke Center Of Excellence PROTON Shah Alam, dan kunjungan ke parbrik PROTON Tanjung Malim.

Dalam kesempatan acara makan siang bersama di kantor pusat PROTON, tersedia beberapa meja bundar yang berisikan sekitar delapan orang. Masing-masing kursi diisi oleh awak media Indonesia, dan pejabat tinggi PROTON. Semua pejabat tinggi PROTON ini datang menghampiri rombongan awak media yang sudah lebih dulu duduk di meja makan sesuai dengan nama yang tersedia.

Setelah berjabat tangan dan memperkenalkan diri, kemudian kami saling bertukar kartu nama. Setelah semua duduk, maka selanjutnya kami mulai menikmati hidangan makan siang ala Melayu-Indonesia. SL.com pun ikut terlibat dalam pembicaraan dengan beberapa pebajat PROTON. Terasa suasana yang akrab dan lebih kepada acara kekeluargaan karena pejabat PROTON masih menggunakan Bahasa Melayu yang mudah dimengerti.

Hanya percakapan ringan yang muncul alias lebih banyak ngobrol santai. Bagi SL.com yang penting disini adalah mendapatkan suasana akrab untuk mengenali satu sama lainnya. Membuka dan membangun hubungan baik merupakan hal yang sangat penting. Usai makan siang, barulah ada kata sambutan yang disampaikan langsung oleh Dato’ Lukman bin Ibrahim, Deputy CEO Proton Holdings Berhad.

Dato’ Lukman bin Ibrahim merasa gembira dengan hadirnya awak media asal Indonesia ini. Acara ini merupakan jalinan tali silaturahmi, serta untuk saling berkenalan, saling bertatap muka di antara satu dengan yang lainnya. Yang pasti beliau melihat negara Indonesia merupakan pasar otomotif yang paling penting di Asia. Untuk itu, Proton berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas produknya, agar bisa bersaing dengan produk yang sudah mapan di Indonesia.

Jumlah penjualan mobil PROTON di Indonesia baru mencapai 2 ribu unit. Sedangkan penjualan total poduk mobil PROTON sudah mencapai 190 ribu per tahun. Sebanyak 12 ribu unit pada 2010, 23 ribu unit pada 2011, dan tahun ini completly knock down (CKD) 17 ribu unit.

ALBUM PHOTO

2 thoughts on “Bertemu CEO Proton di HQ Proton Shah Alam Malaysia

  1. [...] “Indonesian Media Visit” yang diajak PT PROTON Edar Indonesia sewaktu berkunjung ke Kantor Pusat PROTON di Malaysia pada pekan lalu (11-13 Juli 2012). Setidaknya SL.com sebagai salah satu peserta bisa [...]

  2. mohd saiful shan bin hassan says:

    Kenapa kah kereta saya saga flx sv..nyala lampu kat bhagian picture enjin wlaupon dh dtukar n d baiki…minta pnjeasan

Leave a Reply