Menjajal Proton Exora Bold & Preve di Proton Test Track Malaysia

20 Juli 2012. Melanjutkan artikel ini, disebutkan bahwa PT Proton Edar Indonesia (PEI) mewakili Proton Holdings Berhad, mengundang 16 orang media asal Indonesia ke markas pusat Proton di Malaysia, termasuk SL.com sebagai salah satu pesertanya. Pada kunjungan hari Kamis, 12 Juli 2012 rombongan diberi kesempatan untuk menguji dua varian yang paling anyar, yakni Proton Exora Bold dan Proton Preve di lintasan Proton High Speed Test Track, Shah Alam.

Mobil Proton Exora Star sudah familiar di Tanah Air, karena produk ini populer sebagai mobil keluarga berkapasitas 7 orang penumpang. Sedangkan Proton Preve memang belum masuk Indonesia, karena varian ini termasuk baru di Malaysia. Adapun mobil yang di uji coba oleh SL.com dalam kesempatan ini, yaitu Proton Exora Bold dan Proton Preve. Kedua mobil di kabarkan akan hadir meramaikan pasar Indonesia dalam waktu dekat ini.

Rombongan awak media asal Indonesia ini, termasuk yang pertama kali datang ke pabrik Proton Shah Alam Malaysia, demikian pula yang pertama kali menjajal lintasan High Speed Test Track (HSTT) Proton. Tentu saja ini merupakan kebanggaan, dan harus dimanfaatkan dengan baik. SL.com pun merekam kesempatan acara ini dengan video, setidaknya  mewakili kegiatan test-drive dari mobil Proton yang disediakan.

Dalam video pertama dapat dilihat, SL.com duduk sebagai penumpang di kursi belakang, sedangkan sang pengemudi adalah instruktur yang merupakan karyawan Proton. Sang instruktur menjelaskan secara ringkas tentang produk mobil yang dikemudikan oleh dirinya, serta menjelaskan beberapa keunggulan yang dimiliki. Terlihat dengan jelas kecepatan dan manuver di tikungan maupun trek lurus lintasan HSTT sepanjang 1.8 km ini.

Video #1

Sedangkan pada video kedua giliran SL.com yang duduk sebagai pengemudi, sedangkan kamera videonya dipegang oleh instruktur Proton. Seluruh gambar dan suara sesuai apa adanya. Demikian pula komentar-komentar yang terucap oleh SL.com merupakan gambaran dan fakta sesungguhnya di lokasi pengetesa High Speed Test Track Proton.

Video #2

MPV Proton Exora Bold

Varian Multi Purpose Vehicle (MPV) Proton Exora Bold, yang sudah dilengkapi dengan turbo. Ada banyak perubahan yang disandang Bold dibandingkan dengan model sebelumnya, yakni Exora Star yang kini masih beredar di Indonesia. Terlihat ada penambahan fitur, seperti kamera parkir yang tampilannya bisa dilihat melalui kaca spion tengah.

Pada bagian dalam (interior), joknya dilapisi kulit untuk menambah kesan mewah. Batang kemudi dilengkapi dengan kontrol audio, dan audio terintegrasi dengan MP3, CD dan juga iPod. Panel instrument dengan latar merah yang memudahkan pengemudi melihat data kendaraan dengan sekali lirik.

Proton Exora Bold mengusung mesin berkapasitas 1.600cc dilengkapi dengan Turbo Intercooler dan dikawinkan dengan transmisi CVT. Suara cukup halus terdengar dari dalam kabin saat mesin hidup. Tenaga yang dihasilkan mesin mesin CFE (Charge Fuel Efficiency) 1.6-liter, dengan daya 138 tenaga kuda dan torsi 205 Nm.

SL.com mencoba model transmisi manual 5 percepatan. Tidak ada perbedaan batang transmisi seperti pada varian Exora manual sebelumnya. Masuk persneling, angkat kopling dan tekan pedal gas, maka Exora Bold inipun langsung melesat menyusuri HSST. Turbo pada Exora Bold dapat dirasakan ketika mulai di atas kecepatan 60 km/jam. Exora Bold ini jauh lebih responsive ditambah lagi dengan kemudi yang ringan dan mudah untuk bermanuver.

Setelah penyesuaian diri sebanyak satu lap, maka maka pada lap kedua, SL.com menginjak gas hingga kcepatan 140 km/jam. Hasilnya, seperti pada varian Proton lainnya, dimana bodi dan sasis dikembangkan oleh Lotus, gejala limbung saat melibas tikungan dirasa minim. Dalam kecepatan di atas 140 km/jam, Exora Bold terasa tetap stabil, terlebih ketika dicoba melintas di jalan miring dengan sudut mencapai 42 derajat.

Instruktur Proton mengatakan, walaupun mesinnya 1.6-liter, tapi jika mau merasakan performa plus turbo, maka mobil ini layaknya seperti mobil berkapasitas mesin 2.000 liter. Hm.. Exora Bold adalah mobil keluarga, sangat pas buat orang Indonesia, setidaknya kehadirannya di Tanah Air sudah tunggu untuik konsumen yang memiliki jiwa sport.

Sedan Proton Preve

Ketika SL.com duduk di kursi belakang untuk merekam video pertama, terasa ruang kabin cukup lega untuk ukuran sedan medium. Jarak lutut dengan jok depan cukup jauh, begitu juga dengan head room yang lega. Jok sudah lapis kulit, dengan arm rest di bagian tengah. Dua titik safety belt demi menjaga keamanan penumpang belakang. Hembusan AC juga terasa merata ke baris kedua.

Nah, ketika giliran SL.com mengemudikan Proton Preve (lihat video kedua), mobil pun langsung digeber dengan kecepatan tinggi hingga 150 km/jam. Stabil dan nyaman, karena suspensi depan mobil sedan ini dilengkapi dengan MacPherson strut, sedangkan suspensi belakang multilink dengan stabilizer bar.

Proton Preve ini sudah dilengkapi dengan tombol start-stop. Cukup dengan menginjak pedal rem, dan menekan tombol start, mesin akan langsung menyala. SL.com langsung menggiring Preve masuk ke HSTT dengan melibas putaran pertama. Awalnya hanya di kecepatan 80 km/jam, hal ini untuk penyesuaian diri. Tapi ketika masuk di lap kedua, maka Preve langsung digeber hingga kecepatan 140 km/jam.

Proton Preve Executive mengusung mesin Campro IAFM dengan kapasitas 1.6 liter, memiliki menghasilkan tenaga 107 PS dan torsi 150 Nm. Tersedia dalam 2 pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis CVT 6-percepatan. Sementara Proton Preve Premium menggunakan mesin CFE, berkapasitas 1.6 liter yang sudah dilengkapi turbo dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 138 PS dan torsi 205 Nm. Mesin Proton Preve turbo ini dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT 7-speed berteknologi ProTronic.

Benruntung SL.com juga sempat merasakan varian Proton Preve Premium CVT dengan 1.600 cc plus turbo, dengan transmisi otomatis tujuh percepatan Protonic. Modal ini membuat Preve terasa seperti sedan dengan tenaga 2.0 liter. Preve premium ini dilengkapi dengan teknologi cruise control untuk menjaga kecepatan di jalan bebas hambatan dan menambah efesiensi bahan bakar. Ada juga fitur hiburan seperti CD/MP3 player, USB dan konektivitas iPad, dan sistem navigasi.

Pada kesempatan berada di lokasi HSTT Proton tersebut, seluruh awak media hanya mendapat kesempatan menjajal masing-masing mobil Proton sebanyak tiga lap. Tidak ada kesempatan untuk photo session atau mendapatkan gambar lebih detail. Pasalnya adalah masalah waktu yang mana rombongan harus bergegas mengisi formulir review, dan kemudian bergerak menujuk Kantor Pusat Proton untuk bertemu dengan pejabat tinggi Proton (CEO Proton).

ALBUM PHOTO

3 thoughts on “Menjajal Proton Exora Bold & Preve di Proton Test Track Malaysia

  1. […] berada dalam satu kompleks dengan pabrik dan kantor pusat PROTON Shah Alam, termasuk dengan lokasi Test Tract PROTON dimana SL.com bersama 16 orang awak media asal Indonesia sempat berada disana untuk melakukan test […]

  2. […] asal Indonesia untuk melakukan kunjungan ke negara asalnya di Malaysia, antara lain melakukan test-drive mobil PROTON, bertemu dengan pejabat tinggi PROTON, kunjungan ke Center Of Excellence PROTON Shah Alam, dan […]

  3. […] media Indonesia. Dari hasil kunjungan tersebut, SL.com menulis beberapa artikel, antara lain test drive, kunjungan ke kantor pusat PROTON,  kunjungan Center of Excellence PROTON, dan kunjungan ke pabrik […]

Leave a Reply