Forum Wartawan Otomotif (Forwot) Gelar Safety Riding Course

image006

16 Juli 2012. Masih minimnya good attitude berlalu-lintas bagi para pengendara sepeda motor, menjadi perhatian serius dari para jurnalis di FORWOT (Forum Wartawan Otomotif). Guna membantu mengurangi angka kecelakaan itu, maka pada hari Minggu 15 Juli 2012 kemarin, FORWOT bekerjasama dengan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menggelar acara Safety Riding Course (SRC) khusus untuk para jurnalis anggota FORWOT dan undangan dari berbagai komunitas/klub sepeda motor.  

Meningkatnya jumlah sepeda motor kerap kali tidak seimbang dengan keterampilan mengemudi, pengetahuan, disiplin masyarakat umum sebagai pengguna jalan dan juga banyak dari para pemilik sepeda motor yang tidak disiplin. Setidaknya ada 50 peserta yang antusias mengikuti pelatihan SRC ini yang sekiranya dapat disebar luaskan kepada masyarakat.

Mereka terdiri dari 20 jurnalis dari media cetak dan online seperti media Kompas, Gatra Cars Plus, Ascomaxx, Motomaxx, BikersMagz, Tangsel Post, DapurPacu.com, Sportku.com, Ghiboo.com, OkeZone.com, dan tentunya media online StephenLangitan.com yang diwakili oleh Bro Jules Rimet yang baru bergabung di FORWOT.

Sementara sisanya merupakan 30 anggota komunitas/klub motor dari New Shogun Club Jakarta (NSC), Byonic Jakarta, Honda Revo Club Jakarta (HRC), Pertamina Motor Club (PMC), Honda Scoopy Club Jakarta (HSC), Byson Independent Club, Denyu Tiger Revolution Cruiser (DeNyut Rc), Yamaha Matic Club, Xeoners Tangerang, Plaza Indonesia Motor Club (PIMC), TVS Motor Community (TMC), Byson Adventure Tangerang, Yamaha Vixion Club Tangerang, dan Kawasaki Ninja Club Tangerang (KNC).

Seperti halnya pelatihan SRC klub lainnya, SRC yang ini dilaksanakan di areal parkir Lotte Mart Alam Sutera, Tangerang Selatan ini, diawali dengan sesi teori selama kurang lebih 1 jam, yang kemudian berlanjut sesi praktek dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) dengan Jusri Pulubuhu, Ketua Instruktur.

Tidak hanya itu saja dalam pelatihan ini, Jusri juga menyampaikan beberapa tips dan trik ketika sedang melakukan group riding (touring). “Saya pribadi sangat tidak merekomendasikan touring pada malam hari, karena kadar oksigen malam hari itu tipis sehingga membuat tubuh kita cepat lelah, ngantuk dan beresiko besar mengalami kecelakaan,” kata Jusri seusai acara.

Salah satu peserta sempat terjatuh pada acara SRC ini dan beruntung dia tidak mengalami cedera serius berkat safety gear yang wajib digunakan seluruh peserta. Berbeda dengan SRC lainnya, pada penghujung acara diadakan riding skill contest dan kuis seputar materi yang telah diberikan dengan hadiah box GIVI, sarung tangan RS Taichi, dan ban tubeless Zeneos.

“Pelatihan ini berkaitan pula dengan musim mudik Lebaran 2012. Ratusan ribu sepeda motor diperkirakan akan menjadi alat transport para pemudik. Risikonya sangat besar, jika mereka tidak dibekali skill dan pengetahuan yang benar dan luas mengenai berkendara,” tegas Indra Prabowo, ketua panitia pelaksana yang mengantar pesan dari Eri Haryoko, Ketum FORWOT yang berhalangan hadir.

“Melalui acara Safety Riding Course ini kami berharap para peserta bisa menyebarluaskan virus bagaimana pentingnya safety atau defensive riding kepada masyarakat luas yang juga sekaligus mengimplementasikannya pada diri sendiri,” tambah Indra. Artinya jangan berkendara seperti seorang Expert, tapi berkendaralah seperti seorang Master. Expert itu cenderung bersikap arogan dijalan, tapi Master lebih bersifat defensive dan hati-hati.

FORWOT Safety Riding 2012 terlaksana berkat dukungan dari TVS Motor Company Indonesia, Evalube, Astra Honda Motor, GMO Oil Booster, FIF (Federal International Finance), Motoritz, Garda Oto, dan Ban Zeneos persembahab PT Gajah Tunggal, Tbk.

Mengenai FORWOT

FORWOT adalah sebuah Forum Wartawan Otomotif Indonesia yang berdiri sejak 30 April 2003. FORWOT terdiri dari jurnalis-jurnalis handal dari berbagai media ternama, Dimana para jurnalis ini adalah wartawan yang Jujur, Cerdas, Edukatif, dan Kritis dalam menyampaikan berita seputar perkembangan industri otomotif nasional dan internasional kepada masyarakat luas.

ALBUM PHOTO

One thought on “Forum Wartawan Otomotif (Forwot) Gelar Safety Riding Course

  1. Safety Indonesia,,, semoga daerah lain juga melaksanakan kegiatan semacam ini …

Leave a Reply