The Smart Things of All New Ford Focus

image006

16 Juli 2012. Buat yang ingin memiliki mobil dengan fitur-fitur lengkap, bisa jadi All-New Ford Focus menjadi pilihan, Pasalnya mobil ini memiliki serangkaian fitur kenyamanan, kemudahan dan keselamatan canggih dan menyenangkan di kelasnya. Konon, hal ini berkat kombinasi platform mobil C global baru Ford dan investasi besar dalam teknologi terbaru dan terdepan.

Ya.. hal ini sudah terbukti oleh SL.com bersama 20 orang rekan media asal Indonesia dalam ajang First Test Drive All New Ford Focus di kawasan wisata Krabi Thailand pada hari Senin, 9 Juli 2012 yang lalu.

Adapun fitur-fitur teknologi yang ditemukan di mobil All New Ford Focus, antara lain fitur Active Park Assist, Active City Stop, dan sistem konektivitas hands-free Ford SYNC® yang didukung oleh Microsoft membantu Focus untuk menetapkan standar baru dengan teknologi terjangkau di segmen mobil menengah.

Fitur teknologi All New Ford Focus ini juga menyediakan kemampuan untuk mengatasi tekanan berkendara modern dengan lebih mudah bagi para pengguna Ford Focus, yakni memberi cara-cara baru yang nyaman dalam mengatasi tantangan berkendara sehari-hari, misalnya kesulitan parkir paralel, berkendara aman di jalan yang padat serta cara mengatasi gaya berkendara di perkotaan yang agresif.

“Jalan modern yang padat memberi tekanan tambahan kepada pengendara, Nah, kabar baiknya All-new Ford Focus menyediakan fitur pintar baru kepada konsumen yang membantu mengurangi stres berkendara sekaligus meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat mengemudi,” ujar Kumar Galhotra, Vice President, Product Development, Ford Asia Pasifik dan Afrika.

Fitur Active Parkir Assist (Parkir Paralel)

All-new Focus disajikan dengan Active Park Assist, sistem baru canggih yang secara otomatis mengemudikan kendaraan ke tempat parkir paralel. Dalam uji coba, SL.com hanya mengaktifkan sistem ini dengan menekan tombol pada panel instrumen yang mengaktifkan sensor ultrasonik untuk memindai jarak yang cukup besar di antara mobil yang diparkir. Ruang ini dapat sekurangnya 20 persen lebih panjang daripada panjang Focus secara keseluruhan.

Setelah area yang tepat didapatkan, maka sistem perintah dari display dan suara meminta konfirmasi pengendara untuk menerima bantuan parkir. Tekan tombol, maka sistem kemudi mengambil alih dan mengemudikan mobil ke ruang parkir. Yang penting disini, SL.com sebagai pengendara tidak lagi perlu memegang kemudi. SL.com hanya mengendalikan gas dan rem serta memilih roda gigi maju atau mundur.

Petunjuk parkir yang jelas diberikan melalui tampilan konsol tengah bersama dengan gambar yang memberi tahu pengendara mengenai jarak dengan mobil lain, benda dan manusia. Sensor parkir depan dan belakang juga mengeluarkan suara tanda peringatan untuk membantu pengendara menilai apakah mobil terlalu dekat dengan kendaraan di sekitarnya.

Walaupun semua pengemudian dilakukan secara otomatis, pengendara tetap bertanggung jawab atas parkir yang aman dan dapat menginterupsi sistem dengan memegang kemudi. Active Park Assist ini hanya tersedia atau dipasang sebagai peralatan standar pada All New Ford Focus model Titanium+ dan Sport+ seri atas baru.

Active City Stop (Menghindari Benturan)

Fitur Active City Stop dapat membantu pengemudi dalam hal mengurangi risiko benturan pada kecepatan rendah dengan memonitor lalu lintas stasioner di jalan depan, lalu melakukan pengereman secara otomatis jika akan terjadi benturan. Pada kecepatan sampai 30 km/jam, sensor lidar (Light Detection And Ranging) yang ditempatkan di bagian atas kaca depan memindai area sampai sekitar 7,6 meter di depan Focus untuk mengetahui kemungkinan adanya halangan.

Jika Focus mendekati kendaraan yang melakukan pengereman, bergerak lambat atau stasioner di depannya dan memperhitungkan kemungkinan terjadinya benturan, rem akan mulai diaktifkan. Jika pengendara tetap tidak aktif (tidak ada input kemudi atau pengereman), mobil mengaplikasikan rem secara otomatis dan mengurangi torsi mesin.  Active City Stop tersedia pada All New Ford Focus model Titanium+ dan Sport+.

Blind Spot Control

Fitur Blind Spot Information System (BLIS) yaitu meningkatkan kesadaran bagi pengendara agar lebih berhati-hati dengan adanya bantuan kode/sign, yaitu memberi tahu pengemudi mengenai saat kendaraan yang lewat tersembunyi di zona blind spot di sisi kiri dan kanan kendaraan.

Fitur ini menggunakan dua modul radar multiple-beam yang terletak di bagian luar sudut bumper belakang. Sistem ini mendeteksi kendaraan yang memasuki zona blind spot tertentu, lalu menyalakan lampu indikator LED pada kaca spion di sisi yang sama, yang memperingatkan pengendara tentang adanya kendaraan yang lewat.

Sistem ini mulai beroperasi pada kecepatan di atas 10 km/jam – rentang operasi yang jauh lebih luas dibandingkan sistem lain yang saat ini tersedia di pasar – menjadikannya sangat efektif di perkotaan yang padat dan lalu lintas yang bergerak lambat di jalan raya padat yang banyak mengakibatkan tabrakan. Fitur BLIS ini hanya dipasang sebagai peralatan standar pada All New Ford Focus model Titanium+.

Sistem Audio Sony

All-New Ford Focus kaya fitur menarik yang menjadikan mobil ini menajdi lebih nyaman dan menyenangkan. Sistem Audio Sony generasi baru sembilan speaker dengan panel kendali berwarna Piano Black tersedia di model seri atas.

Penyesuaian dan penyerasian komponen kendaraan yang saksama memastikan bahwa sistem ini menghasilkan kualitas suara yang luar biasa dengan peningkatan performa melalui speaker tengah yang menghasilkan performa yang sangat autentik. Fungsionalitas Full DSP (Digital Signal Processor) memampukan teknisi audio Ford mengoptimalkan suara agar sesuai dengan interior Focus baru, sementara konsumen juga dapat menyempurnakan suara sesuai dengan selera pribadi mereka.

Adapun rangkaian lengkap fitur kenyamanan yang tersedia di mobil All New Ford Focus antara lain mencakup:

  • Smart Keyless Entry: Fitur ini memampukan pengguna All-New Focus mengunci atau membuka pintu pengendara tanpa harus mengeluarkan kunci dari tas atau saku. Sensor di sekeliling mobil mendeteksi adanya kunci lalu mengunci atau membuka pintu saat pengendara menarik pegangan pintu.
  • Ford Power Start: Mesin dapat dinyalakan hanya dengan menekan tombol Ford Power Start sambil menginjak pedal rem. Tidak perlu memasukkan kunci. Mesin All-New Focus akan terus berjalan selama kunci berada di dalam kabin.
  • Lampu depan otomatis dan rain-sensing wiper: Standar di model seri atas, fitur ini menggunakan sensor optik untuk mendeteksi saat lampu depan diperlukan, atau saat hujan turun.

Tergantung pada modelnya, all-new Focus juga dilengkapi fitur berguna seperti dual-zone electronic air-conditioning, powered sunroof, cruise control dan auto-dimming rear view mirror inovatif yang secara otomatis mendeteksi pantulan lampu depan, lalu berganti ke pengaturan yang redup. Sedangkan untuk fitur voice command dan konektifitas SYNC dapat dibaca melalui artikel ini.

ALBUM PHOTO ini menunjukkan suasana dinner awak media yang diundang oleh PT Ford Motor Indonesia (FMI) di salah satu sudut restaurant Sheraton Krabi Beach Resort, hari Senin malam 9 Juli 2012. Usai dinner, awak media mengikuti games berupa Assist Park Active Challenge dengan hadiah utama XBOX yang akhirnya dimenangi oleh Fitra Eri dari Majalah AutoBild.

VIDEO

Leave a Reply