Uji Coba Teknologi SYNC All New Ford Focus

16 Juli 2012. Ajang First Test-Drive All-New Ford Focus sepanjang 255 km lebih di kawasan wisata Krabi Thailand pada hari Senin 9 Juli 2012 yang lalu, setidaknya telah memberi kesempatan secara leluasa kepada SL.com dan rekan-rekan media asal Indonesia untuk mempratekkan seluruh Teknologi Pintar Ford Focus. Adapun salah satunya, mencoba perangkat fitur voice command dengan konektivitas teknologi SYNC yang terbilang canggih.

Ya, All-new Ford Focus bukan lagi sekedar mobil atau kendaraan biasa, tapi kini bagaikan sebuah gadget yang kaya dengan teknologi. Mobil ini memiliki sistem Ford SYNC® yang memungkinkan setiap pengemudi dan/atau penumpangnya bisa melakukan panggilan telepon dengan aman dan nyaman atau memutar musik favorit mereka menggunakan perintah suara.

Kabarnya, mobil All-new Ford Focus ini menjadi kendaraan Ford pertama di Thailand – dan yang pertama diproduksi di ASEAN – yang menyajikan platform konektivitas SYNC. Sebenarnya teknologi konektivitas SYNC ini sudah dibahas melalui artikel ini dalam rangka peluncuran All New Ford Focus di Renaisassance Bangkok Ratchaprasong Hotel hari Senin, 27 Maret 2012 yang lalu.

Teknologi Handsfree SYNC

Ford Focus menggunakan teknologi handsfree SYNC yang didukung oleh Microsoft, dimana konsumen dapat menghubungkan hampir semua ponsel atau pemutar media digital ke Focus mereka melalui Bluetooth® dan koneksi USB, secara berurutan dengan metode pairing. Disini pengendara atau penumpangnya dapat menggunakan kendali pada kemudi atau perintah suara untuk mengelola fitur SYNC.

Diperkenalkan pertama kali di Amerika Utara, SYNC sekarang telah terpasang di lebih dari 4 juta kendaraan Ford. Melalui peluncuran sistem eksklusif di industrinya ini, baik di Eropa dan Asia pada tahun 2012 ini, Ford memproyeksikan tambahan 9 juta kendaraan akan dilengkapi dengan SYNC sampai tahun 2015.

“SYNC merupakan teknologi transformasional bukan hanya bagi Ford, tapi bagi seluruh industri,” ujar Kumar Galhotra, Vice President, Product Development, Ford Asia Pasifik dan Afrika dalam presentasinya kepada media Indonesia di Sheraton Krabi Beach Resort.

“SYNC merupakan bagian integral untuk terus relevan dengan konsumen, yang memberikan nilai melalui fitur pintar dan nyaman yang membantu mereka terkoneksi dengan kehidupan digital dengan cara yang lebih aman, mudah dan pintar,” tambah Galhotra warga negara Amerika ini.

Bermitra dengan Microsoft

Ford dan Microsoft telah bekerja bersama selama hampir enam tahun untuk mengembangkan sistem komunikasi dan infotainment terintegrasi yang menghubungkan pengendara dan penumpang dengan gaya hidup digital mereka. “Ford telah lama bermitra dengan Microsoft, dan bersama-sama kami telah mempelopori pengembangan dan penyediaan sistem konektivitas kelas dunia yang diaktifkan melalui suara kepada pelanggan Ford di seluruh dunia,” ujar Galhotra.

Di jantung SYNC adalah Windows Embedded Automotiv Microsoft, sebuah platform perangkat lunak yang hebat dan andal yang memungkinkan Ford untuk menyediakan paket pilihan konektivitas dan kendali yang paling komprehensif, sekaligus fitur dan fungsionalitas inovatif yang memberikan pengalaman pengguna menarik bagi pelanggan.

“Microsoft dan Ford berbagi visi bersama di mana pengendara terhubung ke orang, informasi dan hiburan yang bernilai bagi mereka saat berada di dalam kendaraan, semuanya ini dalam lingkungan yang aman. Platform ini memungkinkan Ford untuk lebih gesit meng-upgrade sistem untuk mengikuti tren pasar baru dan permintaan pelanggan,” ujar Chris Elliott, Senior Product Marketing Manager, Windows Embedded APAC di Microsoft Corp.

Berkendara Terkoneksi

Pendekatan platform terbuka Ford terhadap konektivitas peranti bergerak memampukan SYNC tampil terkemuka di industri karena kemudahan penggunaannya, memampukan peningkatan pengalaman pengguna yang berkelanjutan. Berbeda dengan sistem konektivitas tertanam, SYNC tidak memampukan akses ke informasi kontak pengguna kecuali teleponnya terkoneksi, sehingga memastikan tingkat privasi yang tinggi.

Dengan menggunakan teknologi Bluetooth, SYNC dapat secara nirkabel dapat menghubungkan sampai delapan telepon seluler berbeda ke All-New Focus melalui proses yang disebut pairing. SL.com (driver) dengan seorang wartawan (navigator) mencoba sendiri dengan tiga perangkat handphone dengan merek berdeda. Setelah terpasang, SYNC akan secara otomatis mentransfer semua nama dan nomor dalam daftar kontak telepon ke sistem dalam kendaran dan setiap kali telepon dibawa kembali ke dalam kendaraan.

Mikrofon di dalam kabin memampukan SL.com menggunakan telepon seluler mereka tanpa perlu memegangnya saat berkendara. Melakukan panggilan telepon hanya semudah menekan tombol dan menyebutkan nama seseorang. SYNC membantu SL.com untuk terus melakukan percakapan melalui telepon seluler mereka saat memasuki mobil – tanpa perlu menutupnya – karena sistem ini akan secara seketika terkoneksi dengan telepon melalui Bluetooth® setelah mobil dinyalakan.

Melalui integrasi yang terus tersambung dengan telepon seluler, terlihat dengan jelas jika SYNC memiliki fitur serupa seperti yang tersedia pada telepon, termasuk caller ID, call waiting, conference calling, caller log, daftar kontak, ikon kekuatan sinyal dan ikon pengisian baterai telepon – semuanya secara nyaman ditampilkan pada layar tampilan Focus baru yang terletak di tengah.

SYNC juga dapat mengenali nada dering pengguna pada telepon yang didukung dan memainkannya saat ada panggilan masuk. Jika nada dering unik telah dipilih untuk mengidentifikasi pengguna tertentu, SYNC akan secara otomatis memainkannya juga.

Saat terkoneksi dengan telepon yang kompatibel, SYNC bahkan dapat mengambil pesan teks dan membacakannya, termasuk singkatan populer dan emotikon seperti LOL (laugh out loud/tertawa terbahak-bahak) dan :-D (senyum lebar). Dengan menggunakan aktivasi suara, pengendara juga dapat mengirimkan balasan dari daftar 15 tanggapan yang telah ditentukan sambil berkendara.

Selain melakukan dan menerima panggilan, SYNC juga memberi pengendara kendali hands-free sepenuhnya atas pemutar media portabel dan peranti penyimpan USB. Pengguna dapat memilah koleksi musik berdasarkan jenis, album, penyanyi, daftar lagu atau judul lagu menggunakan perintah suara. SYNC bahkan dapat membuat daftar lagu dari musik yang ingin didengarkan pengendara melalui perintah “Play similar”. Port USB SYNC juga secara bersamaan mengisi baterai pemutar media digital saat musik dimainkan.

Sebagai tambahan, SYNC dapat secara nirkabel memutar koleksi lagu pada telepon seluler pengguna melalui streaming ke sound system Focus baru melalui Bluetooth. Semua musik yang dimainkan melalui SYNC memiliki kualitas digital beresolusi tinggi.

Peningkatan Kendali Suara

Bagi para konsumen ASEAN yang sudah mengenal sistem Voice Control melalui Bluetooth pada mobil All-New Fiesta sudah pasti akan menemukan bahwa SYNC membawa konektivitas dalam mobil ke tingkat yang lebih tinggi.

Selain dapat secara otomatis mentransfer informasi kontak dari telepon seluler ke All-New Focus, SYNC dapat mengenali sampai 150 perintah suara unik dan mengatasi variasi dalam aksen dan kosa kata. Hal ini memampukan pengguna menggunakan lebih sedikit langkah dan menggunakan perintah yang lebih lazim untuk mengendalikan fitur SYNC, mempermudah akses ke lebih banyak konten melalui suara.

Dalam praktek dan perjalanan test-drive tersebut, SYNC tersedia dalam bahasa Inggris UK. Namun Ford telah bekerja sama dengan pemimpin industri dan mitra teknologi suara Nuance Communications untuk menemukan cara untuk membuat pengenalan suara menjadi lebih mudah dan lebih intuitif untuk digunakan pengendara, terutama pengguna baru.

Teknologi text-to-speech alami Nuance juga merupakan teknologi yang digunakan untuk “Samantha,” suara wanita SYNC, menyediakan pengalaman percakapan yang lebih alami bagi pengendara dengan kendaraan Ford mereka. Semua penyempurnaan ini dirancang untuk mendorong pengendara memanfaatkan kemampuan hands-free SYNC dan menjaga fokus mereka saat berkendara.

“Kami tahu bahwa konsumen ingin tetap terkoneksi dalam kendaraan mereka, sehingga Ford terus menyediakan konektivitas yang bertanggung jawab dan aman bagi mereka. Kami berupaya menjadikan SYNC yang diaktifkan melalui suara semudah mungkin sehingga pengendara dapat terus memegang kemudi dan memperhatikan jalan,” ujar Rod Phillips, SYNC Engineering Manager Asia Pacific.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply