Ketua IMI Pusat Nanan Soekarna Naik Helicopter Ke Sentul

15 Juli 2012. Ketua IMI Pusat, Nanan Soekarna yang dikenal sebagai pejabat WAKAPOLRI datang ke Sirkuit Sentul Bogor dengan helikopter DOLPHIN pada hari Minggu siang (15/7/12) pada balapan Indonesia Series Of Motorsport (ISOM 2012 Round-3). Ia mampir sebentar ke Sirkuit Sentul untuk membuka ajang balapan dan memberikan hadiah podium kemenangan Kejurnas. Setelah itu, iapun terbang dengan helikopter milik POLRI.

SL.com beruntung sempat memotret Nanan Soekarna dan helikopter miliki POLRI ini dari helipad Sirkuit Sentul. Terlihat sejumlah pejabat IMI Pusat dan para kolega Nanan Soekarna ikut mengantarkan orang nomor satu IMI ini ke lokasi helipad. Sebelumnya tak lupa ajang photo bersama. Nanan Soekarna sempat mengajak rekan-rekan IMI ikut bersama naik helikopter kembali ke Jakarta. Namun apa daya, kebanyakan dari mereka membawa mobil ke Sentul.

Saat ini POLRI memang sudah dilengkapi produk canggih, salah satunya adalah memiliki Helicopter Dolphin. Helikopter ini adalah produksi Aerospatiale Helicopter Corporation atau American Eurocopter, yaitu helikoter asal Perancis tapi sudah diproduksi di negara Amerika Serikat.

Jenis helikopter Dolphin dikenal sebagai helikopter andalan dari United States Coast Guard (USCG) dalam rangka melaksanakan tugasnya menjaga seluruh pesisir pantai Amerika Serikat. Kelebihan dari helicopter Dolphin ini sudah menggunakan perangkat “Computerized Flight Management System” yang mampu mengatur sistem komunikasi dan peralatan navigasi dengan canggih.

Helikopter Dolphin memiliki spesifikasi untuk tugas Search and Rescue, Terorisme, Drugs Trafickking, People Smuggling, dan Human Traficcking dan sudah dipercaya oleh United States Coast Guard (USCG) sebagai salah satu perlengkapan keamanan udara.

Spesikafikasi Teknis Helicopter DOLPHIN

Karakteristik Umum
* Crew: 2 pilots and 2 crew
* Panjang: 38 ft 2 in (11.6 m)
* Rotor diameter: 39 ft 2 in (11.9 m)
* Tinggi: 13 ft 3 in (4.0 m)
* Berat Kosong: 5,267 lb (2,389 kg)
* Berat Maximum take Off: 9,480 lb (4,300 kg)
* Mesin: 2× Turbomeca Arriel 2C2-CG turboshaft, 934 shp (697 kW) each

Kemampuan
* Kecepatan Maximum: 165 knots, 190 mph (306 km/h)
* Jangkauan: 356 nmi, 409 mi (659 km)
* Ketinggian Maximum: 15,000 ft (4,573 m)

Persenjataan (tambahan apabila diperlukan)
* 1 x 7.62 mm M240 machine gun
* 1 x M107-derived .50-caliber precision rifle

ALBUM PHOTO

One thought on “Ketua IMI Pusat Nanan Soekarna Naik Helicopter Ke Sentul

  1. [...] Sebelum balapan Forza GT3 dimulai, didahului dengan acara seremonial The 1st Anniversary Forza GT3 yang dilakukan dengan cara pelepasan balon oleh Pengurus Pusat Ikatan Mobil Indonesia (IMI). Namun sayang, Ketua Umum PP IMI Nanan Soekarna yang ditunggu-tunggu terlambat datang, walaupun Nanan datang belakangan dengan helicopter (artikel ini). [...]

Leave a Reply