Blogger Test Ride All New Jupiter Z1

image006

11 Juli 2012. Melanjutkan acara peluncuran All New Yamaha Jupiter Z1, di sirkuit Sentul, Bogor, untuk rekan-rekan media hari Selasa kemarin (artikel ini), maka tidak lupa PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga menggelar acara serupa untuk para blogger otomotif di Pondok Lagunas Resto, Parkir Timur Senayan Jakarta pada hari Rabu, 11 Juli 2012.

Acara ini sebagai bentuk perhatian Yamaha Indonesia kepada warga ‘citizen journalisme’. Dimana para penulis blog ini secara tidak langsung juga ikut mendukung setiap perkembangan industri roda dua di Indonesia. Dari 15 orang blogger yang diundang ternyata hanya 8 yang bisa hadir. Tampak hadir di acara ini beberapa blogger kondang seperti Bro Taufik, Bro Iwan Banaran, Eyang Edo Rusyanto, Mas Triatmono, Mas Bro Didik.

Para blogger ini diberi kesempatan untuk mencoba ketangguhan mesin injeksi All New Jupiter Z1, dengan mengelilingi kawasan Senayan. Setelah puas mencoba varian teranyar dari Jupiter series. Segerombolan blogger ini mendapat penjelasan teknik singkat perihal motor tersebut, dan sejarah dibalik lahirnya All New Jupiter Z1. Makan malam bersama menjadi puncak acara ini.

Sejarah Lahirnya All New Jupiter Z1

Metamorfosis Jupiter Z dimulai di tahun 2000. Nama awalnya Jupiter, diambil dari salah satu planet. Tiga tahun kemudian ditambahkan Z menjadi Jupiter Z di 2003. Penambahan ini karena alfabet Z adalah alfabet terakhir yang diartikan sebagai Jupiter Z memiliki teknologi paling terakhir dan terkini.

Tahun 2009, menjadi tahun kelahiran generasi ketiga Jupiter Z dengan konsep baru. Yah baru, sebab generasi Jupiter Z 2003 s/d 2009 berkapasitas mesin 110 cc, sedangkan New Jupiter Z  berbasis mesin 115 yang merupakan desain mesin baru dari Yamaha.

Bukan hanya mesin yang menjadi semakin tangguh, perbedaan generasi Jupiter Z dengan New Jupiter Z juga ada pada tiga konsep desain yang cukup mencolok. Pertama desain body. New Jupiter Z mengapresiasi kemenangan Yamaha di MotoGP dengan menyematkan Design Frame Diamond berbasis konsep R1 & R6, sehingga lebih gagah, kokoh dan seimbang.

Kelahirannya menjawab semua impian rakyat bikers yang mengidamkan motor tangguh untuk melintasi semua medan. Terbukti selama di tes pada eventYamaha Jupiter Amazing Tour (YJAT) 2009, dengan rute Jakarta Bali dan Jakarta Medan selama 2 minggu berturut-turut, New Jupiter Z semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Kedua, desain fisik di area speedometer yang futuristik dilengkapi LED berwarna biru yang elegan. Kegagahan New Jupiter Z semakin lengkap dengan kombinasi warna biru yang eye catching, terlebih saat malam hari.

Pada bagian ini terlihat sekali tangan dingin insinyur Yamaha dalam mengemas satu kesatuan antara teknologi dan penampilan yang menarik. Dan ketiga adalah desain mesin yang berubah menjadi 115cc  dari 110cc.

Inilah Yamaha, spiritnya bukan hanya mengganti casing motor untuk memenuhi keinginan rakyat bikers. Tidak tanggung-tanggung Yamaha mengganti mesin Jupiter Z dengan mesin barunya dengan segala kelebihan yang dimilikinya.

Bahkan bukan hanya mesin saja yang dirubah, untuk menunjang daya gedor yang mumpuni, insinyur Yamaha mengkreasikan setting karburator dilengkapi dengan Coating Enriche serta gear transmisi setting yang lebih responsif.

Alhasil konsumen Indonesia dimanjakan New Jupiter Z dengan model yang stylist dan sporty design sekaligus riding feeling premium, sehingga pengguna New Jupiter Z dapat merasakan sesuatu yang berbeda di banding model sejenisnya, terlebih dengan feeling yang spontan dan smoot saat berakselerasi di setiap perpindahan kecepatannya.

Jupiter Z White Hadir Bersama Jorge Lorenzo  

Di bulan Januari 2012, Yamaha melakukan perubahan minor pada Jupiter Z white. Tampilan Jorge Lorenzo di layar kaca mempresentasikan elegan dan mewahnya New Jupiter Z white, menjadi puncak perkenalan perubahan terbaru pada motor bebek kebanggaan Yamaha itu. Warna putih kembali dipilih Yamaha untuk menciptakan tren ditambah fitur-fitur baru yang memberikan kesan sangat lelaki.

Putih menjadi warna keenam Jupiter Z setelah sebelumnya tersedia warna merah, hitam, hijau, biru dan emas. Jupiter Z putih yang disebut sebagai hero bike ini dibuat paling beda yang dapat dilihat dari flasher (lampu sen) dan tail light (lampu belakang) yang warnanya diubah menjadi berefek smoke, dari sebelumnya warna silver. Sedangkan head light (lampu depan) tetap silver.

”Efek smoke seperti pada motor-motor balap untuk menambah nuansa racing dan sporty dengan tetap mempertimbangkan aspek safety riding dan peraturan pemerintah dimana intensitas cahaya yang dihasilkan lampunya akan tetap terlihat jelas dan terang,” jelas Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Harga yang dilempar ke pasaran tidak berubah dari Jupiter Z sebelumnya, 14,6 juta rupiah on the road Jakarta dan sekitarnya. Jupiter Z white juga dilengkapi Automatic Headlight On (AHO) seperti Jupiter Z dengan lima warna sebelumnya. Lampu sen dan lampu belakang warna hitam memberikan kesan atraktif dan lebih macho khususnya akan sangat terasa di siang hari.

Lima fitur Jupiter Z white yaitu cover handle, leg shield, panel front, cover under dan cover (tengah) juga tampil beda dilihat dari warna dibandingkan dengan Jupiter Z sebelumnya yang terakhir mendapatkan perubahan minor tahun lalu.

Cover handle dan leg shield Jupiter Z white berwarna putih sedangkan panel front, cover under dan cover (tengah) berwarna hitam. Jupiter Z dengan warna utama merah, hitam, emas, biru dan hijau pada panel front, cover under dan cover (tengah) sesuai warna utama sedangkan cover handle dan leg shield berwarna hitam.

Velg Jupiter Z white cast wheel (SW) atau yang dikenal awam velg racing, sama dengan Jupiter Z emas, biru dan hijau. Velg spoke wheel (SW) atau velg jari-jari digunakan pada Jupiter Z merah dan hitam. 

”Jupiter Z putih berwarna lebih putih atau bright. Yamaha memang menargetkan semua motornya akan memiliki warna putih yang lebih terang. Warna putih menampilkan kesan elegan dan mewah, tambah istimewa untuk Jupiter Z untuk mengangkat imej motor dengan kecepatan yang sudah teruji di lintasan sirkuit kompetisi-kompetisi balap nasional yang memberikan prestasi gemilang bagi Yamaha,” terang Indra.

ALBUM PHOTO

2 thoughts on “Blogger Test Ride All New Jupiter Z1

  1. Monggo mas di share, gimana rasanya naek Jupiter Z1?

  2. powerpuffgirls says:

    Ini lawannya Blade kah? Masi tetep naksir Blade repsol sih, jhehehe

Leave a Reply