Keren.. YVCI Jakarta Chapter Gelar Safety Riding Course

1 Juli 2012. Menyambut 5th Anniversary Yamaha Vixion Club Indonesia – Jakarta Chapter (YVCI-JC), pada Sabtu tanggal 30 Juni 2012 menggelar Safety Riding Course (SRC) di Gedung Wanita Patra Pertamina Simprug, Jakarta Selatan.  SRC YVCI-JC kali ini bertemakan “Get 5mart Riding with JC”.

Adapun SRC ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kita sebagai pemakai jalan khususnya pengendara roda dua (bikers) untuk lebih peduli pada pengguna jalan lain, dan cara berkendara yang baik di jalan raya. Demi suksesnya SRC ini, YVCI Jakarta Chapter bekerja sama dengan The Real Driving Centre (RDC) yang memiliki pengalaman dan sertifikasi internasional terkait dengan Safety Riding serta didukung instruktur-instruktur handal dan berkompeten di bidangnya.

Seperti SRC lainnya, kegiatan pelatihan ini diawali dengan sesi teori yang menampilkan foto dan video korban kecelakaan dujalan raya, setelah itu dan sesi praktek dengan instruktur dari RDC Marcell Kurniawan dan Byron Black. Pelatihan ini diikuti 45 peserta dari berbagai klub & komunitas motor baik yang tergabung dalam naungan YRC (Yamaha Riders Club) ataupun diluar YRC, serta wartawan.

Menurut Bro Anca selaku Panitia Acara bahwa penyelenggaraan ini diadakan selain untuk menambah pengetahuan berkendara bagi anggota YVCI, juga diharapkan dapat disebar luaskan kepada masyarakat luas, sehingga keamanan berkendara menjadi salah pokok perhatian untuk dipahami dan dipraktekkan dengan benar oleh pengguna roda dua.

Ajang SRC ini memang baru pertama kali tapi antusias peserta cukup tinggi, bahkan terlihat rider wanita bernama Sis Citra dari Cikarang yang turut serta dalam acara simulasi melalui halang rintangan yang skaligus mendapat penilaian dari tim RDC.

“Acara ini memang baru pertama kali saya ikuti, dan tentu saja ini untuk menambah informasi berkendara yang benar, karena pencegahan sebelum terjadinya kecelakaan paling tidak dapat kita antisipasi dengan lebih awal. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada YVCI yang sudah membuat acara positif ini,” ujar Citra.

Secara keseluruhan SRC ini sekilas hampir sama dengan SRC klub lainnya. Yang beda terjadi pada saat sesi praktek, dimana  tidak terdapat narrow plate, melainkan para instruktur dari RDC justru mengajarkan cara bermanuver dengan cepat namun tetap aman. Hal ini cukup menarik untuk menambah riding skill dan bakal tidak membosankan. Yups.. selama ini ajang SRC yaang pernah terpantau Tim Liputan SL.com sepertinya hanya itu-itu saja.

Foto bersama menjadi puncak acara pelatihan SRC yang juga didukung oleh Pertamina dengan menyediakan kelas dan areal parkirnya secara gratis ini, yang dilanjutkan dengan memberikan sertifikat pelatihan kepada seluruh peserta pelatihan dan memberikan hadiah helm dari pihak kepada tiga peserta terbaik dalam pelatihan.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply