Apa sih Kelebihan Pertamina Fastron Techno SAE 10W-40 API SN

30 Juni 2012. Kita ketahui bahwa Pertamina Lubricants baru saja meluncurkan variant baru pelumas mobil, yaitu Pertamina Fastron Techno SAE 10w-40 API SN yang berlangsung di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta (Sabtu, 30/6/12). Langsung saja, apa sih kelebihan dari pelumas baru dari Pertamina ini?

Dalam sesi tanya jawab usai acara press conference, dijelaskan oleh pihak Pertamina bahwa pelumas Fastron Techno SAE 10w-40 API SN ini merupakan pelumas mobil unggulan dengan teknologi “Nano Guard” dengan molekul terkecil sehingga mampu menjangkau celah terkecil hingga mampu membersihkan dan mendinginkan mesin dengan sempurna sehingga membuat mesin selalu seperti baru.

“Dengan modal 90% minyak sintetis grup 3 yang merupakan bahan baku terbaik di dunia, maka pelumas Fastron Techno ini terlahir,” jelas Mia Khrisna, Product Development Specialist Pertamina yang paham berbicara soal teknis pelumas dan berkantor di Plumpang, Jakarta Utara.

Menurut Mia, bahwa kelebihan dari pelumas Fastron Techno ini karena memiliki Nano Guard yang dapat melindungi bagian tersempit dari mesin. Nano Guard sebenarnya lebih kecil dari molekul sehingga membuat mesin kendaraan terasa selalu baru dan juga menghemat bahan bakar,

Bicara soal segmen pasar pelumas Fastron Techno ini terungkap bahwa sasaran utamanya adalah mobil kelas premium. Selain itu, pelumas Fastron Techno ini juga dipakai sebagai produk OEM (Original Equipment Manufacturer) oleh sebuah perusahaan otomotif terbesar di Tanah Air.

“Di tahun 2011 ini kami berharap untuk bisa menguasai 20-25% pasar di segmen kelas kendaraan premium. Meski membidik kelas premium, pelumas ini juga bisa digunakan mobil-mobil selain kelas premium,” ungkap Syafanir Sayuti, Retail Marketing Manager Lubricant Business Unit Pertamina.

Mengenai harga Fastron Techno SAE 10W-40 API SN dijual di pasaran berkisar antara Rp. 60-65 ribu per liter. Sementara itu dipasaran juga tersedia dalam kemasan 4 liter.

“Pada saat ini beberapa pelumas unggulan Pertamina sudah diekspor dan diterima oleh 21 negara. Ekspor terbesar adalah ke negara Singapura, Australia, China dan Jepang,” tambah Syafanir Sayuti untuk menambah informasi penting soal keberadaan pelumas Pertamina milik Bangsa Sendiri.

Pereli nasional Rifat Sungkar ikut memberikan testimoni dimana ia sudah pernah menguji pelumas Fastron Techno ini. Rifat mengaku, saat mobil berada di kecepatan tinggi dan suhu tinggi, mesin tidak drop dan konsisten terus berjalan. “Friksi yang terjadi pada mesin menjadi lebih sedikit dan secara konsisten tetap terasa di setiap rpm,” kata Rifat.

“Keunggulan viskositas 10W40 putaran mesin yang saya rasakan. Di altitude tinggi biasanya power mesin drop, tapi yang saya rasakan justru sangat stabil.” ujar Rifat yang juga merupakan pereli Pertamina Fastron World Rally Team yang turun di ajang World Rally Championship (WRC).

Selain Fastron Techno SAE 10W-40 API SN, Pertamina juga memiliki varian pelumas dengan viskositas lebih encer seperti Fastron Gold SAE 5W30 API SN. Untuk variant Gold dipakai dalam ajang balapan Mercerdes-Benz Touring Car Championship 2011 yang lalu. Sedangkan pelumas dengan viskositas lebih kental dapat ditemukan di produk Fastron Techno SAE 15W-50 API SL dan Fastron Diesel 15W-40 API CI-4.

Dalam acara peluncuran pelumas Pertamina Fastron Techno yang berlangsung meriah tersebut, diramaikan oleh sexy dancer, live band performance, dan acara door prize. Ikut hadir beberapa klub dan komunitas mobil  antara lain dari Mercedes-Benz, Suzuki Cross Over< Honda Freed dan sebagainya.

ALBUM PHOTO

4 thoughts on “Apa sih Kelebihan Pertamina Fastron Techno SAE 10W-40 API SN

  1. Berapa KM jarak tempuh fastron techno?

  2. ramdani saputra says:

    Mantap Beneran, ane pake di Fastron Techno dengan sae 10-40 di Motor Jupiter new MX yang mempunyai celah2 mesin sempit + bahan bakar Pertamax Plus! Tenaga Nampol, Mesin Kering, Kondisi Busi Bagus, Knocking Ga ada…walaupun harganya lumayan sekitar 72rb tapi hati puas buat ngerawat mesin si kuda besi, rutin di ganti tiap 2000km.

  3. Versi SAE 5W-30 nya ya Fastron Gold

    Sebenarnya Fastron Gold/Techno masuk Base Group III+

    Yups, masih semi syntethic aja,,,

Leave a Reply