PRJ 2012: Suzuki INAZUMA 250cc Motor Touring?

25 Juni 2012. Hmm.. setelah mengamati lebih dekat Suzuki INAZUMA yang tampil di booth Suzuki di ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ 2012), tampaknya sepeda motor ini sangat cocok buat para petouring. Memiliki kapasitas mesin 250cc dengan bodi yang lebih besar, model naked bike, sangat pas buat mereka yang ingin menjajal nusantara dan keindahan alam Indonesia. Apalagi motor display ini sudah dipasang box, jadi semakin jelas menonjolkan sebagai sepeda motor penjelajah.

Tapi ini menurut pendapat pribadi SL.com yang notabene sampai artikel ini ditulis belum pernah mencoba sepeda motor Suzuki Inazuma tersebut, baik didalalam kota atau apalagi touring keluar kota. Oleh karena itu judulnya saja masih tanda tanya. Ya, penampilan Suzuki Inazuma di arena PRJ 2012 ini hanya sekedar motor display dari booth Suzuki. Di luar negeri, motor ini  malah sudah dipasarkan, antara lain di China dan Inggris.

Tentu saja kehadirannya di Indonesia memang sudah ditunggu, dan semoga saja sepeda motor ini segera diluncurkan oleh produsen PT Suzuki Indomobil International. Maksudnya jangan sampai kelamaan hanya untuk pajangan, pasalnya importir umum bakal segera menjual motor ini ke Tanah Air. Hal menarik bagi pasar otomotif di Indonesia, sepeda motor baru merek apapun bakal cepat laku.. malah ada istilah apa sih yang ngga ada di Indonesia?

Sepeda motor Suzuki Inazuma mengusung mesin 250cc dua silinder dikenal sebagai motorsport naked bike jelas berbeda dengan Kawasaki Ninja 250R atau Honda CBR 250R yang lebih dikenal sebagai motor balapan.  Konstruksi kepala silinder Suzuki Inazuma ini memiliki overhead camshaft tunggal (SOHC) dan 2 katup. Meskipun teknologi motor ini masih sederhana, tetapi sudah mengadopsi sistim injeksi bahan bakar dan pendingin air. Konon, Suzuki mengklaim kekuatannya bisa mencapai 18 kW pada 8500 rpm.

Suzuki Inazuma memiliki wheelbase 1430 mm dan ini setidaknya ingin menjelaskan bahwa sepeda motor ini lebih mengutamakan stabilitas pada saat berkendara jauh. Suspensi depan teleskopik dan monoshock di belakang diharapkan mampu membuat perjalanan buat para petouring bakal jadi lebih nyaman.

Nah, bagi penyuka touring yang mungkin selama ini masih mengandalkan sepeda motor Honda Tiger 200cc, dan sudah barang tentu mereka ingin naik kelas dengan motor 250cc ini. Ya, soalnya sampai saat ini sepeda motor Honda Tiger yang sudah berumur 17 tahun bermesin karburator tampaknya belum punya isu terbaru, apakah akan menelurkan mesin 250cc atau masih mempertahankan 200cc.

Pesan buat Suzuki Indonesia.. segera saja sepeda motor Suzuki Inazuma diluncurkan dan dipasarkan di Indonesia. Tentu dengan harapan harga jual on the road tak lebih dari Rp. 30 juta. Bisa ngga ya? Kalau benar bisa, dijamin Suzuki Inazuma banyak beredar, dan para petouring siap menggeber dan meramaikan wisata nasional yang masih banyak belum dijamah orang.

Spesifikasi Teknis Suzuki Inazuma 250 (Suzuki GW250)

Dimensi dan Berat

Overall length: 2145mm
Overall width: 760mm
Overall height: 1075mm
Wheelbase: 1430mm
Seat height: 780mm
Ground Clearance: 165mm
Kerb Mass: TBD
Fuel capacity: 13.3litres

Mesin

Engine capacity: 248cc
Engine: 4-stroke, 2-cylinder, liquid-cooled, SOHC
Bore: 53.5mm x 55.2mm
Compression ratio: 11.5:1
Starter: Electric
Ignition: Electronic (Transistorised)
Fuel system: Fuel Injection
Transmission: 6-speed constant mesh
Drive: Chain

Chassis

Front suspension: Telescopic, Coil spring, Oil damped
Rear suspension: Swing arm, Coil spring, Oil damped
Front brakes: Disc
Rear brakes: Disc
Front tyres: 110/80-17M/C 57H
Rear tyres: 140/70-17M/C 6

ALBUM PHOTO

6 thoughts on “PRJ 2012: Suzuki INAZUMA 250cc Motor Touring?

  1. mantaapp,, ini yang saya tunggu

  2. Para importir acceSsories ato pemain local siap siap sediain barang penunjang agar kt lbh ok kalo touring dg ini motor

  3. dadan yudiansah says:

    wah masih mahal

  4. A good reliable tourer-commuter! I know. I have one!

  5. Suzuki Inazuma apa sekarang udah dipasarkan diIndonesia? Kapan? dan bagaimana menghubungi distributornya .. dst

    • cuman bantu beri info … sdh bisa dipesan Om tinggal telpon distributor suzuki. 2 bulan datangnya. moga2 ada ready stock spy ga nunggu.

Leave a Reply