Ford Ranger Menjelajah Hutan Lindung di Sumatera Utara

image006

21 Juni 2012. Inilah foto gallery dari event PT Ford Motor Indonesia (FMI) yang bertajuk “The All-New Ranger vs The World” yang digelar pada pekan lalu hari Rabu 13 Juni 2012 di kawasan hutan lindung di sekitar Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Rombongan media dengan 10 (sepuluh) unit All New Ford Ranger ini masuk kedalam hutan lindung yang tak jauh dari Sibolangit, yang kemudian langsung tembus ke kota Medan.

Sebelumnya rombongan ini datang dari Taman Simalem Resort, serta Photo Session Danau Toba View, serta melintasi tanjakan Brastagi, maka puncak acara yang ditunggu-tunggu adalah menjajal All New Ford Ranger di medan berat, yaitu melintasi sungai, tanjakan, maupun turunan curam dengan maksud melakukan uji fitur-fitur yang dimiliki All New Ford Ranger. Pada saat acara test-drive ini, All New Ford Ranger sebenarnya belum diluncurkan secara resmi oleh FMI.

Sebelum para peserta (wartawan) masuk kawasan hutan lindung, para peserta dibekali dulu dengan makan siang bersama di Rumah Makan Sehati Bandar Baru. Usai makan siang, seluruh peserta mendapatkan briefing tentang teknik-teknik mengendarai mobil di medan berat yang diberikan oleh off roader Sumatera Utara. Para off roader Sumatera Utara ikut serta dalam acara ini, mereka bertugas sebagai instruktur dan juga sebagai penunjuk jalan menggunakan mobil Land Rover model lama.

Turut hadir dalam acara ini, Bagus Susanto sebagai Managing Director FMI yang juga mengedarai All New Ford Ranger. “Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki mobil pick up double cabin penggerak-empat- roda ini. Acara di Sumatera Utara ini merupakan yang pertama kali di lakukan untuk All New Ford Ranger yang dilakukan sebagai uji coba oleh sejumlah media di Indonesia. Kami disini memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada kalangan media untuk merasakan performa produk andalan kami yang satu ini,” kata Bagus.

Sekilas tentang All New Ford Ranger yang dijajal dalam event ini, khususnya untuk Grup-7 dimana SL.com berada, yakni menggunakan All New Ford Ranger Double Cabin XLT 2.2L 4×4 Manual Transmission warna merah dengan mesin diesel Duratoq TDCI. Secara teknis mobil pick up ini menggunakan transmisi 6 percepatan dengan mesin 2.2L nya yang mampu menghasilkan tenaga hingga 150 PS di 3700 RPM dengan torsi sebesar 375 Nm di 1500-2500 Rpm. Bandingkan dengan mesin generasi Ford Ranger sebelumnya tipe 2.5L yang hanya menghasilkan 143 PS di 3500 Rpm dengan torsi sebesar 330 Nm di Rpm 1300.

All New Ford Ranger Grup-7 ini menggunakan varian 2.2L 150 PS dan sudah tentu seluruh perjalanan medan off-road di sekitar Desa Salabulan, Dusun II Pabaraji, Dusun III Laja Kabupaten Deli Serdang ini berjalan dengan mulus tanpa ada kendala apapun. Hanya saja ada 2 unit All New Ford Ranger yang mencoba jalan berlumpur ekstrim, sayang tak mampu dilewati dan terpaksa haru dibantu atau diderek oleh mobil pemandu jalan Land Rover. Pasalnya, ban All New Ranger yang dipakai adalah ban profil untuk jalan raya, bukan ban cangkul.

Selama melewati medan berat, seperti jalan berbatuan menanjak, melewati sungai, sangat terasa tenaga yang dikeluarkan All New Ford Ranger tersalurkan dengan baik dengan sistem pengerak 4H (4 roda bergerak bersamaan, perbandingan gigi atas layaknya 2H) dan juga 4L (perbandingan giginya lebih rendah). Posisi 4L lebih banyak dipergunakan ketika melewati kondisi jalan yang dinilai sudah ekstrim.

Bagusnya, All New Ford Ranger ini memiliki berbagai fitur menarik demi keselamatan perjalanan, yaitu berupa fitur DSC (Dynamic Stability Control) dan Hill Descent Control (HDC) yang mampu memberikan keamanan saat menghadapi kondisi jalan turunan, maupun jalan tanjakan yang sangat terjal. Tak perlu banyak memainkan rem, pasalnya mesin Duratoq TDCI akan berkerja sendiri menyesuaikan diri dengan kondisi jalan ekstrim tersebut.

Bagaimana soal kenyamanan? Jangan ditanyakan lagi. Yang pasti All New Ford Ranger memang serasa mobil sedan. SL.com sudah merasakan duduk di kursi belakang, juga sebagai penumpang didepan, maupun sebagai pengemudi, dimana SL.com bisa merasakan seluruh fitur interior yang sangat mewah. Walapun All New Ranger sebagai kendaraan light truck alias pick up double cabin untuk segala medan, tapi mobil memiliki kemewahan yang tak kalah dengan mobil sedan.

Bagi SL.com mobil double cabin ini memang sangat pas buat mereka penyuka tantangan atau penggiat alam, maupun untuk event adventure. Bahkan mereka yang ingin menggunakan untuk aktifitas sehari-hari di dalam kota, juga oke banget. Tampil macho, dan tidak usah kuatir soal konsumsi BBM, karena sudah terbukti All New Ford Ranger sangat effisien. Kita tunggu aja pembuktian soal hemat BBM dari All New Ford Ranger dalam event berikutnya.

Masih belum puas melihat foto All New Ford Ranger? Silahkan simak lebih lanjut Album Photo dari perjalanan Media Test Drive All New Ford Ranger mulai dari Taman Simalem Resort (Danau Toba), kemudian rute antara Kaban Jahe-Brastagi-Bandar Baru, dan selanjutnya perjalanan masuk hutan lindung dengan medan-medan yang berat.

ALBUM PHOTO: Part#1; Part#2; Part#3; Part#4 dan Part#5

One thought on “Ford Ranger Menjelajah Hutan Lindung di Sumatera Utara

  1. NIKODEMUS T KOIBUR says:

    NEW RANGER IS THE BEST

Leave a Reply