Sekilas Taman Simalem Resort

image006

19 Juni 2012. Setelah seharian jalan-jalan, mulai dari Kota Medan, kemudian mampir di Desa Sebaraya Kecamatan Panahtiga Kabupaten Karo untuk melihat aksi CSR dari PT Ford Motor Indonesia (FMI), dan juga ikut acara Photo Session Danau Toba View, maka akhirnya rombongan “Media Test Drive All New Ford Ranger” bermalam di Taman Simalem Resort (Selasa, 12/6/12). Ternyata penginapan ini terletak di perbukitan berhawa sejuk atau dingin yang tidak jauh dari pemandangan Danau Toba.

Usut punya usut, Taman Simalem Resort ini terkenal sebagai salah satu objek wisata terbaru, bahkan termegah alias mewah di ranah provinsi Sumatera Utara. Terletak di kawasan Bukit Merek Sidikalang (antara Merek-Sidikalang) yang memiliki objek wisata pegunungan dan pemandangan Danau Toba dengan sudut pandang yang sangat luas. Luas areal kawasan wisata ini mencapai 206 ha dgn lebih dari 25 ha memiliki tanaman buah-buahan khas Sumatera Utara.

Sedikit rasa penasaran ketika berada di kawasan wisata ini, karena sangat jelas kawasan ini terbilang modern, elite, bahkan mewah dan sudah pasti ini bukan lagi wisata yang dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat. Dari berbagai referensi yang ada, ternyata Kawasan Wisata Taman Simalem Resort ini dikembangkan oleh perusahaan swasta PT Merek Indah Lestari, bekerja sama dengan Nexus Investment asal Singapura. Hm..

SL.com melihat sejenak berbagai fasilitas modern di sekitar resort, demikian pula halaman luas yang bisa dipakai untuk berbagai macam acara dan rekreasi, antara lain ada wisata alam, agrowisata, lounge-cafe, dan resort/villa. Nah, untuk penginapannya benar-benar terletak di dalam hutan alam perbukitan dengan pemandangan air terjun, sungai, dan pepohonan hijau yang lebat. Tempat ini sangat eksotis, dengan suhu udara yang dingin maka tak perlu AC.

Taman Simalem Resort merupakan salah satu ekowisata yang terletak di perbukitan barat laut Danau Toba, salah satu danau vulkanik yang terdalam di dunia. Perjalanan ke Taman Simalem Resort dapat ditempuh dalam 2,5 – 3 jam melalui perjalanan darat dari kota Medan atau dapat juga dicapai lebih kurang 45 menit perjalanan dari kota wisata Berastagi.

Kawasan ekowisata Taman Simalem Resort berada berada pada ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Kawasan ini dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata di Sumatera Utara yang menggabungkan konsep pertanian (agrowisata) dengan kegiatan ekowisata di dalam satu kawasan terpadu. Simalem dalam Bahasa Batak Karo berarti Sejuk dan Nyaman, sangat sesuai dengan alamnya.

Nih dia beberapa foto lokasi Taman Simalem Resort, khususnya yang berada di sekitar penginapan (resort/villa).

 

ALBUM PHOTO

One thought on “Sekilas Taman Simalem Resort

  1. Bagaimana dengan harganya ? Mohon kasi info. Makasi

Leave a Reply