Audi Melaju Double-Digit Bulan Mei 2012

11 Juni 2012. Laporan global AUDI AG menyebutkan perusahaan telah berhasil meraih rekor catatan penjualan selama bulan Mei sebanyak 128.900 unit mobil atau tumbuh sebesar 13,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Secara total Audi berhasil menjual mobilnya sebanyak 600.200 unit di seluruh dunia dalam kurun waktu lima bulan pertama tahun 2012 atau meningkat 12.1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Ini mencatatkan target baru penjualan berkisar diangka 1,4 juta mobil hingga akhir tahun ini. Sukses tersebut berkat kontribusi penjualan new Audi A6 yang bagus, peningkatan angka penjualan di beberapa belahan dunia lainnya di bulan Mei terutama di Cina yang berhasil membukukan pertumbuhan sebesar 44,2 persen. Sementara di Amerika Utara, angka penjualan tumbuh sebesar 10,3 persen, dan di Eropa model terabru Audi Q3 dan A1 Sportback kontribusi pertumbuhan sebesar 3,8 persen.

“Pemesanan mobil saat sekarang membuktikan penjualan di paruh pertama semester 1 ini akan melewati dari harapan kami di seluruh region. Dengan demikian kami targetkan penjualan sebanyak 1,4 juta unit mobil hingga akhir tahun 2012,” kata Peter Schwarzenbauer, Member of the Board of Management for Marketing and Sales AUDI AG.

“Pertumbuhan kami di Eropa terus menjadi tren di pasar, dengan pertumbuhan yang stabil di Inggris dan Jerman. Kami rencanakan untuk mentargetkan penjualan baru di tahun 2012 bagi kedua market tersebut,” tambah Peter.

Di Jerman, permintaan akan mobil Audi semenjak awal tahun tumbuh sangat kuat dibandingkan pertumbuhan pasar itu sendiri; di bulan Mei tumbuh sebesar 8,1 persen atau sebanyak 25.307 unit. Model Audi A6 mempunyai peranan penting terhadap capaian tersebut dengan sebanyak 21.808 unit yang telah terjual.

Konsumen lebih banyak memilih model luksuri tersebut hingga bulan Mei dibandingkan model lainnya di segmen yang sama. Audi A6 juga menjadi pilihan utama konsumen di Jerman khususnya untuk kebutuhan armada sehingga Audi mengalami pertumbuhan yang siknifikasn di bisnis armada tersebut yang mana dihasilkan juga dari model Audi A4 Avant di bulan Mei ini dengan pertumbuhan sebesar 9,8 persen.

Audi Inggris mencatatkan rekor tersendiri hingga bulan Mei ini, khususnya berkat penjualan new Audi A6 dan model Audi A3 yang memasuki akhir lifecycle-nya. Penjualan A3 tumbuh di Inggris selama lima bulan pertama sebesar 8,5 persen atau sebanyak 14.081 unit beberapa minggu sebelum peluncuran model terbarunya A3. Audi menjual sebanyak total 10.015 unit di Inggris selama bulan May atau tumbuh 10,8 persen dibanding bulan Mei 2011.

Audi juga berhasil melebihi penjualannya di Perancis yang merupakan negara ketiga terbesar penjualan Audi untuk benua Eropa selama bulan Mei.  Sebanyak 5.501 mobil telah terkirim kepada konsumen di bulan Mei atau tumbuh 3,6 persen.

Seperti halnya dengan negara-negara lainnya di dataran Eropa, new Audi A1 Sportback dan Q3 banyak menarik peminatnya di Perancis. Sementara untuk benua Eropa secara keseluruhan, sebanyak 32.000 unit Audi Q3 telah terjual semenjak Januari 2012.

Model SUV tersebut memiliki peranan penting pertumbuhan Audi di Eropa Timur; dengan 27.9 persen pertumbuhannya selama kurun waktu lima bulan pertama 2012 atau sebanyak 23.400 mobil, sehingga daerah tersebut telah menjadi perhatian Audi yang sebanding dengan market di negara maju Eropa lainnya seperti Italia dan Perancis.

Diantara market terbesar lainnya di Asia Pasifik, Korea Selatan berhasil mencapai pertumbuhan kuat di bulan Mei dengan 55,3 persen. Semenjak Januari, total sebanyak 5.876 mobil telah terjual atau tumbuh sebesar 48,4 persen. Audi berhasil menjaga pertumbuhan yang kuat di Cina juga beberapa bulan belakangan ini dengan berhasil menjual sebanyak 36.278 unit di bulan Mei atau tumbuh 44,2 persen.

Dari January hingga Mei, 160.562 konsumen di Cina telah menikmati Audi terbarunya, tumbuh sebesar 42,0 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Model-model yang diproduksi secara lokal memiliki kontribusi pertumbuhan Audi di Cina beberapa bulan yang lalu.

Dominasi penjualan model Audi Q5 dengan pertumbuhan sebesar 80,3 persen di bulan Mei saja atau hampir mencatatkan  penjualan double semenjak bulan January sebanyak 37.438 unit atau sebesar 90,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Untuk model top Audi A8 juga menikmati pertumbuhan yang kuat semenjak awal tahun atau sebesar 91.3 persen di Cina dengan penjualan sebanyak 7.409 unit mobil.

Di negara Jepang, pertumbuhan untuk model Audi full-size berhasil melampaui 100 persen selama lima bulan pertama walaupun khusus untuk model Audi A6 baru tiba di diler-diler pada bulan Februari. Semenjak January, Audi Jepang mampu mendistribusikan total mobil sebanyak 9.521 unit atau tumbuh sebesar 17,6 persen.

Di pasar Amerika Serikat sendiri, mengalami pertumbuhan di bulan May sebesar 10 persen atau sebanyak 11.503 unit. Angka tersebut diraih berkat penjualan Audi A6 dan kedua model Audi Q5 dan Q7. Semenjak January, Audi berhasil menjual sebanyak 50.494 mobil di Amerika Serikat atau tumbuh sebesar 14,5 persen.

Leave a Reply