Workshop YM Jet_FI: Diagnosa Sistim Injeksi

image006

5 Juni 2012. Agenda Workshop YM Jet-FI (Yamaha Mixture Jet Fuel Injection) yang digelar PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di DDS Yamaha Jakarta hari Jumat, 1 Juni 2012 yang lalu, dimulai dengan praktek mendeteksi atau mendiganosa sistim injeksi dengan alat Diagnosa Tools. Saat itu SL.com turut serta ikut melakukan praktek untuk motor Yamaha Vixion, tampil dengan pakaian mekanik Yamaha didampingi oleh seorang mekanik.

Yang perlu diingat adalah mind-set (pemikiran) tentang karburator harus mutlak dihilangkan. Jangan lagi berpikir soal karburator, karena motor injeksi memang tidak lagi pakai karburator. Jaman sekarang teknologi sepeda motor sudah beralih dari sistem pembakaran bahan bakar karburator ke sistim injeksi. Hal ini sangat membantu bagi konsumen, antara lain BBM lebih effisien, perawatan yang mudah, dan tentunya pekerjaan mekanik menjadi jauh lebih mudah.

Yang penting harus ada perangkap laptop dengan software khusus dari Yamaha, dan berikutnya memiliki peralatan Diagnostic Tools. Dengan alay ini, kita bisa mengetahui kerusakan atau kelainan dari pada sistem injeksi dari sepeda motor yang diperiksa.

SL.com memegang alat Adaptor Interface sebagai salah satu alat dari Diagnostic Tools

Caranya? Plug and play saja, yaitu kita hanya mencolok alat diagnostic tool (ikuti kabelnya) dengan semua komponen injeksi. Kemudian kita bisa melihat menu di layar monitor laptop,  dan kita pun hanya mengikuti setiap perintah atau instruksinya satu persatu.

Syarat untuk alat laptop harus memiliki spesifikasi processor minimal 1 GHz 32 bit, RAM 512 MB, kapasitas hardisk 40 GB dan menggunakan OS (operation system) Windows XP. Sedangkan perangkat Diagnostic Tools-nya terdiri dari CD installer, sebuah Adaptor Interface, kabel konektor adaptor ke ECU dan kabel USB adaptor ke laptop. Alat diagnostic tools ini milik Yamaha dan dijual dengan harga Rp. 2 juta lebih, tapi inipun khusus untuk bengkel resmi Yamaha saja.

Kalau begitu apa saja yang dilakukan SL.com selama ikut praktek Diagnostic Tools ini?

Yang pertama SL.com membuka jok motor, kemudian membuka kabel aki +/- dan selanjutnya pasangkan kabel penyambungan adaptor interface diagnostic tool ke aki, dan juga menancapkan USB ke laptop. Seketika itu juga laptop dengan kondisi on akan tampil menu diagnostic sitem injection. Selanjutnya kita hanya mengikuti setiap perintahnya.

Dimulai dengan pencatatan informasi data-data sepeda motor, nomor rangka, nomor mesin, pelat nomor, hingga nama SL.com sebagai mekanik. Kemudian menu di laptop menawarkan pengecekan informasi dari ECU atau sekedar mencocokan data serta memastikan apakah sepeda motor yang bakal dikerjakan ini sudah pernah ada kerusakan.

Berikutnya adalah langkah pengecekan. Disini menu laptop mengantar SL.com melakukan diagnosa kerusakan pada sensor-sensor sistem injeksi. Setiap komponen yang terdiri dari beberapa item ditawarkan untuk dilakukan diagnosa, termasuk sistem kerja kipas mesin yang secara otomatis akan hidup ketika menu kipas angin dipencet. Hasilnya pun langsung ditayangkan di layar laptop, jika ada kerusakan atau hal-hal yang tidak beres juga akan muncul pada layar laptop.

Pemeriksaan maupun diagnosa juga termasuk perangkat throttle position sensor (TPS), baik pada saat  gas dilepas maupun diurut pelan-pelan, maka angka-angka  dilayar laptop untuk TPS terlihat naik atau turun sesuai dengan tarikan gas dari tangan SL.com. Jika terjadi kerusakan, maka diagnostic tool Yamaha ini langsung menunjukan bagian yang tidak beres pada TPS sekaligus memberikan laporan diagnosa kerusakan.

Singkat cerita diagnostic tools ini mampu memberikan laporan tentang kemungkinan-kemungkinan perangkat sistim injeksi jika tidak berfungsi. Pada bagian akhir, SL.com dapat membaca laporan atau summary result pemeriksaan. Jika ada yang tidak beres, maka perangkat yang tidak beres tadi harus segera dilaporkan kepada konsumen, apakah ini perlu di servis, atau diganti secara manual oleh mekanik.

Foto bersama SL.com dengan Muhammad Abidin, GM Service PT YIMM di sela-sela acara Workshop Yamaha Mixture Fuel Injection @Jumat, 1 Juni 2012

“Sebenarnya pengerjaan ini seharusnya bisa dilakukan kurang 15 menit, tetai karena ini baru tahap belajar maka hal ini dapat dimaklumi,” ujar M Abidin selaku GM Service PT YIMM sambil tersenyum puas yang ikut mengawasi jalannya acara workshop YM Jet_FI bagi para Blogger Otomotif.

“Disini yang penting jangan terburu-buru, kita harus bekerja dengan hati-hati, pelan namun pasti, dan mengikuti setiap menu yang ditayangkan dilayar laptop tersebut. Hal ini sangat mudah kan?” jelas Abidin meyakinkan para Blogger Otomotif yang tampaknya masih penasaran.

Menurut SL.com pemeriksaan sistim injeksi dibantu komputer (laptop) dan Diagnostic Tools sangat mudah. Ya, sangat mudah sekali. Hasilnya kita melihat diagnosa atau laboratorium test darah yang mana masing-masing item pemeriksaan sudah ditentukan range angkanya. Kalau angkanya (lebih >) atau (kurang <) dari range-nya, maka hal itu pasti akan terdeteksi.

VIDEO

2 thoughts on “Workshop YM Jet_FI: Diagnosa Sistim Injeksi

  1. aron jarif H. Sitorus says:

    Pak…saya guru SMK Swasta HKBP Pematangsiantar. bisa gak Pak minta nomor hape Bapak Muhammad Abidin. Ini Pak Nomor HP saya 082166245111 atas nama Aron Jarif H. Sitorus. Terima kasih Pak.

  2. pak saya ada usaha bengkel kecil tp saya ke pingin mempunyai alat untuk mengecek kerusakan injeksi. jadi supaya saya bisa mempunyai alat tersebut cara nya gimana karena alat tersebut sangat penting bagi saya pak. dan saya kepingin cari info cara menggunakan alat tersebut. tolong info nya

    Nama : M. ikhsan
    No Hp : 085273054440
    provinsi : sumatra selatan
    kota : palembang
    Kab : musi banyuasin

Leave a Reply