Honda Brio Siap di Produksi di Indonesia 2014

5 Juni 2012. Honda Motor Company berencana memperkuat pijakan di Indonesia melalui pabrik baru di Karawang Industrial Park, Jawa Barat. Hal ini terungkap dalam acara peletakan batu pertama hari Senin (4/6/12) menandai awal pekerjaan konstruksi dan fasilitas pabrik Honda yang baru.

Acara pelatakan batu dihadiri oleh Takanobu Ito, President & CEO Honda Motor Company dan Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggul Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Acara tersebut juga dihadiri oleh pejabat tinggi Honda tingkat Asia, antara lain Hiroshi Kobayashi, Managing Officer Honda Motor Co. Ltd  & Chief Operating Officer, Regional Operations (Asia & Oceania); dan President and CEO Asian Motor. Co. Ltd, Isao Ito Asian Honda Director.

Tak ketinggalan yang ikut hadir, Ade Swara sebagai Bupati Karawang, Tomoki Uchida sebagai President Director PT Honda Prospect Motor, Kusnadi Budiman sebagai Senior Vice President PT Honda Prospect Motor, dan jajaran direksi PT Honda Prospect Motor.

Pabrik Honda yang baru ini bakal menelan investasi sekitar Rp. 3,1 triliun (sekitar US $ 326 juta) dan diharapkan akan menyerap tenaga kerja 2000 karyawan. Volume penjualan Honda pada saat ini sebesar 60.000 unit, sedangkan total produksi perusahaan bakal naik menjadi 180.000 unit.

Honda akan mulai manufaktur Honda Brio Hatchback yang dikembangkan terutama untuk pasar Asia yang akan dibangun di pabrik baru tersebut pada awal tahun 2014 mendatang. Selain itu, Honda juga mengungkapkan akan berencana membangun MPV baru (Multi-Purpose Vehicle) model yang didasarkan pada Honda Brio di pabrik baru tersebut.

“Operasi kami di Indonesia akan mengambil langkah berikutnya untuk menjadi lebih otonom dan memainkan peran yang lebih penting bagi Honda di Indonesia,” kata Hiroshi Kobayashi dalam sambutannya. “Honda tidak hanya akan membangun mobil di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia, namun nantinya akan menjadi basis ekspor,” tambahnya.

SUMBER PHOTO: Honda Brio di BIMS 2011 Thailand

Leave a Reply