Brand Yamaha Motor Indonesia Paling Disukai di Social Media?

5 Juni 2012. Perkembangan social media yang begitu pesat dan fantastis menyedot antusiasme publik saat ini membuat perannya sangat penting dalam berinteraksi. Yamaha Motor Indonesia pun sangat memperhatikan eksistensi social media yang diciptakan sendiri dan menunjukkan perkembangan luar biasa karena sukses menjaring banyaknya followers atau member. Nah, yang jadi pertanyaan apakah benar brand Yamaha Motor Indonesia paling disukai di ranah Social Media?

Sejarah perkembangan social media yang dimiliki Yamaha Motor Indonesia dapat dijelaskan sejak Yamaha mulai masuk ke digital media pada tahun 2004. Saat itu www.yamaha-motor.co.id mulai aktif dan pada tahun 2009 baru masuk ke social media. Yamaha Motor Indonesia melihat bahwa social media adalah new tools for communication and community building.

Yamaha Motor Indonesia mencoba menjaga hubungan dengan audience di dunia maya dengan menjadi sharing partner bagi para bikers. Sharing partner disini dengan memposisikan merek Yamaha sebagai go-to friend bagi mereka di social media dan juga memberikan konten yang attractive, active, enjoyable, engaging, dan useful.

Untuk social networking Yamaha Motor Indonesia memiliki akun Facebook resmi (www.facebook.com/yamaholigan) dengan jumlah fans sebanyak 1.870.327. Jumlah itu menjadikan account Facebook Yamaha Motor Indonesia sebagai brand otomotif di Tanah Air dengan jumlah fans terbanyak.

Yamaha Motor Indonesia juga sempat berada di Top 10 Social Networking di dunia untuk brand otomotif (berdasarkan famecount.com), dan satu-satunya brand otomotif dari Indonesia di daftar tersebut. Di dalam negeri, Yamaha Motor Indonesia menjadi brand, produk, layanan, perusahaan otomotif nomor satu menurut situs salingsilang.com dengan jumlah fans 1.870.327.

Salingsilang adalah situs direktori Facebook yang menyajikan data Facebook Page berdasarkan jumlah Fans (Likes) dan juga pertumbuhannya; sehingga dapat menemukan Facebook Fan Page yang diminati dengan lebih mudah.

Sedangkan Twitter (@YamahaIndonesia) tumbuh pesat dengan 45.900 followers dan kerap menciptakan Trending Topic dunia. Kanal Youtube resmi Yamaha Motor Indonesia (www.youtube.com/yamahamotorindonesia) menghasilkan 422.507 views dimana di kanal tersebut Yamaha tidak hanya mengupload iklan TV tapi juga real-time experience dari event event Yamaha yang diupload secara real-time.

Yamaha juga memanfaatkan aplikasi Instagram (@YamahaIndonesia) untuk meningkatkan brand awareness, contohnya dengan bekerja sama dengan iPhonesia dalam mengadakan kompetisi foto Mio Fino. Untuk instant messaging Yamaha juga memanfaatkan Blackberry Messenger (PIN: 2376CB2A) dengan jumlah 2000 contacts sebagai pusat informasi bagi mereka yang ingin selalu up-to-date dengan informasi Yamaha.

Selain itu Yamaha Motor Indonesia juga memiliki website khusus sebagai wadah komunikasi para bikers, yaitu www.yamaholigan.com . Dan untuk pecinta balap motor, difasilitasi dengan berita-berita yang ter-up to date tentang dunia balap motor Indonesia di www.yamaharacingindonesia.com yang juga sebagai online registration portal untuk para pembalap yang ingin mengikuti Yamaha Cup Race.

Prestasi prestisius lainnya Yamaha Motor Indonesia di social media dibuktikan lewat Digital Marketing Award untuk Great Performing Website di kategori otomotif motor (situs korporat : www.yamaha-motor.co.id). Dan ada tiga Social Media Award untuk Great Performing Brand in Social Media kategori motor matic (Mio), Great Performing Brand in Social Media kategori motor bebek (Jupiter Z) dan Great Performing Brand in Social Media kategori motor sport (Vixion).

Hm.. liat dari kiprah Yamaha di ranah Social Media, masih ada yang perlu di comment lagi?

Leave a Reply