Melihat Dari Dekat Event New Absolute Revo Ekspedisi Nusantara

4 Juni 2012. Beruntung SL.com mendapat undangan dari PT Astra Honda Motor (AHM) untuk melihat dari dekat perjalanan sepeda motor New Honda Absolute Revo dalam acara “New Absolute Revo Ekspedisi Nusantara” yang bakal menempuh perjalanan 6318 Km. Perjalanan touring Honda Absolute Revo kali ini sekaligus memiliki tujuan untuk pecahkan Rekor MURI Perjalanan 400 Jam Non-Stop. 

Jakarta

Hari Sabtu, 2 Juni 2012 Tim New Absolute Revo Ekspedisi Nusantara yang terdiri dari 10 unit sepeda motor Honda Absolute Revo memasuki Pulau Jawa. Mereka  dilepas atau start dari Kota Medan Sumatera Utara tanggal 25 Mei yang lalu dan melewati beberapa di kota di Pulau Sumatera hingga Lampung. Setibanya di Ibukota DKI Jakarta tepatnya di kantor PT AHM Sunter, tercatat jarak tempuh perjalanan mencapai 2656 km dengan waktu 196 jam non stop.

Perjalanan Tim New Absolute Revo Ekspedisi Nusantara ini memiliki rencana awal akan menempuh jarak sejauh 6.318 km dan sekaligus meraih waktu tempuh 400 jam Non-Stop. Hingga tiba di kantor AHM Sunter Jakarta, kondisi sepeda motor bebek Honda Revo 110cc ini masih dalam kondisi baik dan belum ada penggantian komponen. AHM mengecek kondisi motor dan ternyata hingga tiba di Jakarta belum ada penggantian suku cadang (spare parts).

Menurut keterangan yang ada  bahwa perjalanan Non-Stop akan berakhir di Kota Surabaya, sedangkan Tim Ekspedisi Nusantara masih akan melanjutkan perjalanan sampai Kota Manado hingga tanggal 15 Juni 2012. Penyeberangan dari Surabaya ke Makasar nantinya akan menggunakan pesawat terbang jenis Hercules.

Dalam obloran dengan sesama rekan-rekan blogger dan wartawan sempat dipertanyakan soal istilah Non-Stop. Apakah mesin dimatikan ketika isi bensin? Bagaimana saat sepeda motor mau ganti oli? Apakah mesin dimatikan ketika peserta bermalam menginap di hotel?

Yups, dapat dijelaskan soal perjalanan Non-Stop ini, antara lain untuk oli yang digunakan tidak diganti, tetapi hanya melakukan top up oli (penambahan). Ketika peserta berhenti, beristirahat, penggantian rider, sekalipun bermalam, motor tetap hidup dibantu dengan pendingingan kipas angin.

Sementara itu, saat pengisian bahan bakar juga dilakukan oleh tim New Absolute Revo Ekpsedisi Nusantara dengan cara isi ulang, bukan berhenti di SPBU. Mesin perlu dimatikan hanya beberapa saat  selama sekitar 30 detik saat pengisian BBM tersebut. Disini yang perlu dipertahankan adalah suhu mesin tetap panas, tidak sampai turun.

Usai acara press conference yang berlangsung sekitar 45 menit di kantor PT AHM Sunter, Tim Ekspedisi Nusantara ini kembali melanjutkan perjalanan menuju kota Bandung. SL.com bersama tiga orang rekan Blogger Otomotif pun ikut menuju ke Bandung dengan kendaraan mobil milik perusahaan AHM.

Bandung

Hari Minggu, 3 Juni 2012 Tim New Absolute Ekspedisi Nusantara sudah tiba di Lapangan Tegal Lega, atau dikenal sebagai Monumen Bandung Launtan Api. Terlihat disana ada acara panggung dari Honda Revo Club Indonesia yang juga mengadakan Jambore Nasional (Jamnas).

Lebih dari 500 biker dari 38 club Honda Revo yang datang dari berbagai wilayah Indonesia meramaikan Tega Lega Monumen Lautan Api, Bandung, yang sekaligus sebagai ajang silaturrahmi para pecinta motor Honda. Pada acara Jamnas ini tentunya didukung oleh kehadiran Ikatan Motor Honda Bandung (IMHB) dan Forum Club Motor Bandung (FCMB).

Mengusung tema “Sahate Dina Jalur, Sahate Jeung Dulur, Sahate Moal Mundur” atau “Satu Hati di Jalan, Satu Hati Bersama Saudara, Satu Hati Pantang Mundur,” menjadi penyemangat untuk mengangkat citra positif bikers Indonesia.

Selama kedatangan tim Ekspedisi Nusantara Honda Absolute Revo, PT AHM melakukan acara penyerahan sertifikat dan penghargaan kepada beberapa klub sepeda motor Honda Revo. Acara dipimpin langsung oleh Istiyani Susriyati, GM Honda Customer Care (HC3) PT AHM. Tampak disana para riders New Absolute Revo Ekspedisi Nusantara ini berkesempatan naik panggung dan mendapatkan penghargaan.

Usai acara press conference bersama media Bandung, akhirnya Tim New Absolute Revo Epkspedisi Nusantara kembali dilepas untuk melanjutkan perjalanan menuju Garut, Banjar dan seterusnya ke Surabaya. Setelah tiba di Surabaya, maka berakhirlah perjalanan 400 Jam Non-Stop ini. Perjalanan akan dilanjutkan lagi di Pulau Sulawesi dengan mengambil start dari Kota Makasar dan finish di Kota Manado, Sulawesi Utara tanggal 15 Juni mendatang.

VIDEO


ALBUM PHOTO: Suasana di AHM Sunter dan Suasana di Lapangan Tegal Lega Bandung

2 thoughts on “Melihat Dari Dekat Event New Absolute Revo Ekspedisi Nusantara

  1. salut buat Honda, disaat berjualan motor masih bisa memikirkan pejuang kehidupan yang ada di Indonesia..
    :) salam ONE HEART

  2. wih pembuktian ketangguhan Revo di warnai dengan berbagai kegiatan sosial. edann

    suksesssss

Leave a Reply