Launching The All-New Toyota 86 (Hachiroku)

1 Juni 2012. Tahun lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) mengenalkan Toyota 86 pada IIMS 2011, maka pada hari ini (1/6/12) secara resmi PT TAM  meluncurkan The Next Legendary Sportscar For The Future, The All-New Toyota 86 (Hachiroku) di Plaza Barat Senayan, Jakarta. Mobil sport yang pertama kalinya dijual oleh Toyota Indonesia ini diimpor langsung dari Jepang (CBU) dan dilepas dengan harga mulai Rp 600 juta on the road Jakarta.

Menjadi salah satu pemilik line up produk yang cukup lengkap di seluruh dunia tak membuat Toyota terlena dan berpuas hati, dengan semangat Toyota Way, melalui kaizen atau continues improvement dan respect for people, Toyota kembali perkenalkan produk barn di ranch kendaraan Sport.

Sejarah panjang Toyota dengan berbagai jenis sportscar, dijadikan landasan pengembangan dari Toyota 86. Sebagai semangat maka diambillah Toyota AE-86, yatitu kendaraan yang diproduksi oleh Toyota medio tahun 1983 — 1987 yang dibekali performa yang optimal dan dan handling yang terkenal sangat baik telah menjadi legenda dari sportscar Toyota dan hingg saat ini masih digunakan oleh banyak penggemarnta di selruruh duni.

Untuk Toyota Indonesia sengaja menghadirkan Toyota 86 untuk melanjutkan kembali masa kejayaan Toyota Sprinter Trueno (AE 86). “Kami mau menghadirkan kembali legenda mobil sport Toyota untuk pelanggan di Indonesia,” kata Johnny Darmawan.

Nama “Hachi-Roku” yang artinya 86 ini di ambil dari nama sports car legendaris Toyota yakni Toyota AE 86. Mobil ini tercipta atas hasil kerja sama Toyota dengan Subaru, dimana mobil ini bermesin boxer tipe 4U-GSE berkapasitas 1.998 cc atau Toyota D-4S (direct injection 4-srtoke gasoline superior) yang dilengkapi dengan transmisi 6-Speed manual dan otomatis, dengan tenaga penggerak roda belakang (Front Engine Rear Drive)

Dengan mesin Boxer ini, maka tenaga yang dihasilkan mencapai 200 PS @7.000 rpm dan torsi 205 Nm @6.400 rpm. Ciri khas mobil compact sport car ini, titik gravitasi yang rendah, hanya 460 mm. yang diperoleh berkat kontruksi chasis yang rigid dengan dengan mesin boxer.

Dari segi desain mobil ini sangat futuristik. Desainnya sendiri merupakan perpaduan dari 3 sport car Toyota sebelumnya yakni Toyota S800, Toyota 2000 GT, dan Toyota AE 86. Sepasang lampu HID proyektor pada lampu utama, dan futuristik LED Ligth di bagian belakang melengkapi desain bodinya yang dirancang tajam di bagian ujung.

Selain itu aksen side air scoop + 86 emblem pada bagian fender depan semakin menambah kesan agresif dari mobil ini. Belum lagi side skirt, double exhaust, serta sayap belakang (tipe Aero Package) semakin membuat aura sport mobil kian kental.

Pada bagian interior tersemat 2 bucket seat untuk pengemudi dan penumpang depan. Setir diameter kecil tampil elegan berpadu dengan 2 tone  buntuk memberikan karakteristik sport, Toyota memasang setir berdiameter kecil. Selanjutnya, interior ditawarkan dengan dua warna, hitam dan kombinasi hitam-merah. Pemindahan gigi dilengkapi dengan paddle shift, cruise control, panel digital dan analog untuk speedometer serta tachometer.

Untuk tahun ini, Toyota Indonesia menargetkan penjualan 200 unit, dimana 40 unit pertama sudah terjual habis. Toyota Indonesia menjamin ketersediaan suku cadang dan layanan purna jual mobil ini di seluruh Indonesia.

Toyota 86 tampil dengan tujuh pilihan warna yaitu, Satin White Pearl, Dark Grey, Crystal Black Silica, Sterling Silver, Lightning Red, Galaxy Blue Silica dan Orange. Dilepas dengan harga jual On The Road: FT 86 Manual Rp 600 juta; FT 86 Automatic Rp 610 juta; FT 86 Automatic Aeropackage Rp 623 juta; FT 86 Automatic TRD Aeropackage Rp 636 juta.

Pilihan model yang ditawarkan pun beragam, yaitu model standar dengan 2 pilihan transmisi A/T dan M/T, model Aero dengan transmisi A/T dilengkapi dengan front bumper spoiler, side skirt, rear bumper spoiler serta rear spoiler, dan TRD A/T yang dibekali dengan paket aerokyt dari TRD Sportivo.

Aksi Drifting

Selain itu ada pula aksi Drifting Sportcar All-New Toyota 86 ini seusai acara peluncuran. Drifternya sendiri adalah para pebalap yang tergabung di Toyota Team Indonesia (TTI). Alinka Hardianti tampil perdana menemani Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM. Drifter juga peslalom wanita ini mengajak pak Johnny drifting meliuk diantara cone.

“Akselerasinya bagus dengan pengendalian yang mudah. Stabilitasnya sangat terasa dan memainkan tuas transmisi tidak menyulitkan bahkan cenderung cepat seperti karakter mobil balap. Handbrake juga sangat pakem dan mantap sehingga mudah dioperasikan, cocok banget buat drifting. Walau berkarakter sport suspensi cukup lembut,” jelas Alinka.

Tidak lama kemudian beberapa jurnalis termasuk kru SL.com merasakan aksi drifter TTI lainnya seperti Demas Agil, Anggana dan Mico Mahaputra. Untuk tandem drift bersama media dipilih smoke tire keluaran GT Radial yang bisa mengeluarkan asap berwarna.

ALBUM PHOTO

2 thoughts on “Launching The All-New Toyota 86 (Hachiroku)

  1. mobil ini memang kereeenn, sangat lincah & sepertinya handling nya juga enak
    berikut videonya ketika TOYOTA 86 nge-drift di acara launching nya

    –> http://www.youtube.com/watch?v=bMV4OmCxfI8

  2. [...] 2012 tanggal 20-30 September 2012. Ya, sebenarnya kehadiran Subaru BRZ sudah lama ditunggu, soalnya All-New Totoya 86 yang baru diluncurkan menggunakan mesin yang sama dengan Subaru BRZ [...]

Leave a Reply