Peluncuran Buku Nanang Baso: Otomotif Di Mata Seorang Fotografer

image006

31 Mei 2012. Bertempat di Aula lantai 8 Gedung Kompas Gramedia Jalan Panjang No. 8A hari Rabu sore (30/5/12), Otomotif Group meluncurkan buku yang berjudul “Otomotif Di Mata Seorang Fotografer” sekaligus pelepasan masa Purna Bakti Nanang ‘Babe’ Baso, yang dikenal sebagai seorang fotografer senior Tabloid Otomotif. Buku ini berisikan ini berisi sejumlah foto-foto terbaik dan unik hasil karya Nanang baso selama 21 tahun mengabdi di Tabloid Otomotif.

Acaranya yang berlangsung sangat meriah penuh dengan canda tawa dan haru karena dihadiri oleh jajaran redaksi Otomotif Group seperti Otomotif, Motor Plus, Otoplus, Motor, Scooteriz, Auto Expert, Auto Bild, Jip, R2, Bikers, otomotifnet.com, dan autobildindonesia.com. Yang mana mereka secara serempak berkata “Nang… pensiun loe Nang!’

Selain itu hadir pula orang nomor satu atau pendiri Otomotif, Agus Langgeng dan CEO Kompas Agung Adi Prasetyo, serta tamu undangan dari beberapa APM (Toyota, Audi, GM, Yamaha, Nissan, Mabua Harley Davidson). Juga terlihat kehadiran Ketua IMI Nanan Sukarna, dan beberapa kerabat dekat Nanang Baso.

Pada kesempatan ini, Nanan Sukarna juga berharap agar kedepannya bukan hanya kegiatan balap saja yang bisa diliput oleh teman-teman media, melainkan juga beberapa kegiatan IMI yang lainnya seperti baksos dan lain-lain.

“Seorang fotografer seyogyanya juga memiliki kemampuan menerjemahkan bentuk-bentuk visual menjadi bahasa verbal. Sebab dengan begitu ia bisa berdiri sejajar dengan para penulis dalam industri media. Karena umumnya penulis dan fotografer selalu berdiskusi tentang apa yang akan mereka sajikan untuk pembacanya,” jelas Agus Langgeng dalam sambutannya.

Setelah itu Pemimpin Redaksi Otomotif M. Arief Adriyanto (Kang Odeng) mengatakan “Buku ini adalah kumpulan dari 141 foto-foto terbaik hasil jepretan Nanang Baso selama karirnya di Otomotif. Foto-foto di buku ini bukan sekedar foto ‘bisu’, melainkan foto yang memiliki jiwa dan bercerita. Semoga karya-karya yang penuh dedikasi ini bisa bermanfaat dan memotivasi ‘adik-adiknya’ agar berkarya lebih baik lagi.”

“Ini-ini benar-benar sebuah kejutan dari teman-teman di Otomotif Group saya benar-benar terharu dengan acara peluncuran buku yang menandai pelepasan saya yang sudah memasuki masa pensiun,” jelas Nanang Baso seusai sambutan dari Agus Langgeng dan Kang Odeng.

Nah khusus buat mereka penggemar fotografi buku yang berisi foto-foto inspiratif serta tips-tips tentang foto , bisa membelinya di toko buku Gramedia dengan harga Rp. 90,000,-.

Profil Nanang ‘Babe’ Baso

Nanang Baso adalah salah satu pendiri Tabloid Otomotif, aktif sebagai fotografer sejak Tabloid Otomotif berdiri di tahun 1991. Terhitung sejak Maret 2012, Babe memasuki masa purna karya (pensiun). Pria yang mengenal kamera sejak 1966 di tempat tinggalnya di Pulo Raya Jakarta Selatan. Fotografi digelutinya berdasarkan hobi ayahnya yang saat itu berprofesi sebagai anggota Brimob.

Di masa mudanya Babe kerap kali di percaya untuk mengabadikan kegiatan di lingkungan serta acara keluarga, baik formal maupun non formal. Ilmunya semakin berkembang berkat sosok almarhum Ed Zoelverdi, fotografer majalah Tempo.

Selain itu Babe juga berperan pada munculnya Majalah Motor, Tabloid Motor Plus, dan beberapa media dari Otomotif Grup yang lainnya. Pria yang hobi traveling dan sepeda motor ini sangat mencintai profesinya. Tidak heran jika Babe bisa masuk hampir ke semua kalangan roda dua mulai dari yang kecil hingga kalangan bikers Harley Davidson.

Karir Profesional Babe:

1982-1987 : Fotografer di Grup Tempo (Majalah Tempo dan Majalah Jaman)
1987-1989 : Fotografer di Majalah Editor
1989-1991 : Fotografer di Majalah Hai, Majalah Jakarta-Jakarta
1991-2012 : Fotografer Senior, Redaktur Foto di Tabloid Otomotif

ALBUM PHOTO

Leave a Reply