Menikmati Sop Buntut Dahapati Bandung

image006

26 Mei 2012. Ikut acara ‘Media Test Drive Ford Fiesta Sedan My Perfect Match” bersama PT Ford Motor Indonesia (FMI) mengantarkan SL.com ikut menikmati sensasi makanan Sop Buntut Dapur Dahapati, yang terletak di Jl. Cipaganti No. 146 Bandung, Jawa Barat (22/5/12).

Ya, siapapun sudah tau dengan makanan sop buntut ini yang termasuk makanan berkelas. Kabarnya, makanan sop buntut ini adalah peranakan Indonesia-Belanda yang sangat populer. Ngga percaya.. silahkan browsing di jagat maya ini.

Ketika masuk kota Bandung (sesudah membayar di pintu Tol Pasteur) terjadi kemacetan yang luar biasa. Lepas dari Jl. Dr. Djundjunan yang macet itu, rombongan Ford Fiesta Sedan memasuki Jl. Pasteur yang adem. Sudah pukul 13.00 dan rasa lapar masih tetap dipertahankan.

Mobil pun berbelok ke kiri menuju  ke Jl. Cipaganti, dan tak lama kemudian iringan mobil berjalan pelan, karena satu persatu mobil memasuki halaman rumah tua Belanda. Persisnya diseberang SPBU Pertamina Cipaganti.

Untung saja rombongan Ford Fiesta ini sudah lebih dulu melakukan booking dimana para petugas EO sudah stand bye sejak pukul 12.00 sehingga hanya mobil Ford Fiesta Sedan saja yang bisa masuk halaman parkir. Hm.. dapat dibayangkan jika sehari-harinya atau week-end dijamin pemilik mobil umum bakal kesulitan mendapatkan parkir ditempat ini. Kayaknya sih.. cuma 8 mobil yang bisa masuk halaman.

Masuk kedalam rumah, beberapa meja telah disiapkan dengan menu makanan gado-gado. Sementara itu minuman orange juice sudah tersedia disetiap kursi. Kemudian para peserta media test drive Ford Fiesta yang terdiri dari wartawan otomotif ini hanya tinggal memilih kursi, dan duduk langsung menyantap makanan yang tersedia di meja.

Tak lama datang para petugas Dapur Dahapati menawarkan menu pilihan utama, yaitu Sop Buntut Goreng atau Sop Buntut Biasa. Ya, bagi SL.com sebenarnya, bahkan seharusnya sudah mulai mengurangi konsumsi makanan sop buntut, mengingat kandungan lemaknya yang sangat tinggi. Tetapi, bila ada sop buntut yang katanya istimewa, tentu saja hal ini jangan dilewatkan.

Rumah makan Dahapati ini memang fokus ke sajian utama sop buntut. Saya dan rombongan pun tidak mau pusing-pusing lagi melihat daftar menu, karena sudah tahu tujuan datang ke rumah makan ini hanya untuk menikmati sajian Sop Buntut-nya. Lalu bagaimana rasanya? Sulit untuk diceritakan disini. Sebaiknya sih.. langsung saja datang ke sana. Pasalnya rumah Sop Buntut ini memang sudah terkenal.

Menurut sebuah sumber, ditulis memiliki citarasa sop pada masakan oma-oma Belanda di masa lalu. Kaldunya terasa tebal, tetapi tidak machtig. Aroma dan citarasa pala cukup menonjol, di atas bumbu-bumbu lainnya dalam keseimbangan yang cantik. Segar dan gurih. Daging buntutnya sangat empuk. Lemaknya di-trim, sehingga tidak berlebihan. Seperti sudah menjadi mode masa kini, boleh pilih buntut goreng atau the original – buntut rebus.

Kentang, wortel, dan buncisnya pun dimasak pas, tidak terlalu lembek, sehingga semangkuk sop buntut ini memang tampil sempurna. Mak nyusssss.. katanya.

Hal inipun dirasakan oleh SL.com bersama rekan-rekan dari rombongan media test drive Ford Fiesta Sedan yang mana perjalanan selanjutnya adalah menuju Padma Hotel Bandung.

Sop Buntut Dahapati, Jl. Cipaganti 146 Bandung Telp. +62 22 2042751.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply