Sekilas Ratchaprasong District Bangkok

image006

19 Mei 2012. Berita media online menyebutkan hari ini (19/5/12) di kota Bangkok, Thailand, pihak Kepolisan Bangkok mengerahkan 1.200 polisi untuk menjaga keamanan berlangsungnya rapat umum kelompok Baju Merah. Aksi unjuk rasa ini untuk memperingati tindakan keras berdarah yang dilakukan tentara pemerintah Thailand pada saat demontrasi anti pemerintah tanggal 19 Mei 2010 yang lalu. Yang menarik, lokasi konsentrasi masa berada di persimpangan  Ratchaprasong District, Bangkok.

Beruntung SL.com sudah pernah mengunjungi kawasan Ratchaprasong District yang dikenal sebagai pusat atau sentra bisnis kota Bangkok pada bulan Maret 2012 yang lalu. Sewaktu berada disana memang sudah disebut-sebut oleh banyak orang bahwa lokasi Ratchaprasong District sangat terkenal dengan sejarah demo Baju Merah yang pernah terjadi di Bangkok.

Saat itu, pemerintah memutuskan untuk membubarkan paksa pengunjuk rasa. Sekitar 91 orang di antaranya tewas dan hampir 2.000 terluka dalam bentrokan antara pasukan keamanan dan para demonstran.

Renaissance Bangkok Ratchaprasong Hotel

SL.com berkunjung ke Bangkok bersama rombongan media Ford Motor Indonesia dan menginap di Renaissance Bangkok Ratchaprasong Hotel tanggal 16-18 Maret 2012 dalam acara All New Ford Focus Launched. Lokasi Renaisaance Bangkok Hotel memang sangat dekat dengan persimpangan distrik Ratchaprasong.

Disebut sebagai pusat bisnis atau pusat keramaian, karena kawasan Ratchaprasong diisi berbagai bangunan dengan pusat bisnis, puluhan hotel bintang lima, puluhan shopping mall, maupun sebagai pusat kaki lima. Mungkin lokasi ini kurang lebih mirip dengan bunderan Hotel Indonesia, Jakarta yang juga sering dipakai sebagai pusat demo.

Hanya berjalan kaki dari Renaissance Hotel, kearah barat langsung menemukan gedung Amarin Plaza, InterContinental Bangkok Hotel, gedung Erawan Shrine, gedung Gaysorn, dan gedung Central World. Pusat belanja barang-barang kelas satu, atau merek terkenal asal Eropa/Amerika jelas-jelas terlihat di dalam gedung Erawan Shrine, Gaysorn dan Central World. Kalau sempat melihat peta tourist kota Bangkok, lokasi ini termasuk dalam kotak SILOM ZONE.

Halaman muka Gedung Central World ke arah Timur, Bangkok

Sewaktu di terjadi demo Baju Merah dua tahun yang lalu, lokasi persisnya berada di depan Central World yang meghadap ke timur. Disana ada jalan besar, lebar dan kalau malam hari kawasan ini menjadi pusat belanja kaki-lima.

SL.com sempat mengamati kawasan ini dari dekat, yaitu berjalan kaki di outdoor Central World, terus menyebrang ke gedung Big C Supercenter, dan malam harinya memotret warna-warni kemacetan, serta pernak-pernik barang jualan pedagang kaki lima.

Suatu sore, SL.com berjalan kaki dari persimpangan Gaysorn/Central World menuju ke arah barat, yaitu menyusuri Rama 1 Road. Lumayan jauh, walaupun ada fasilitas MRT yang bisa lebih cepat, tapi setidaknya dengan jalan kaki bisa menikmati suasana kota Bangkok lebih dekat sambil mengambil photo, membidik objek yang cukup menarik.

Persimpangan Ratchaprasong District Bangkok

Di kawasan Rama 1 Road terkenal dengan lokasi shopping mall, antara lain ada Siam Paragon, Sim Center, Siam Discovery, dan Siam Square. Bagi mereka yang berkunjung ke Bangkok kudu wajib harus mampir di kawasan ini yang sarat dengan pusat lalulintas orang-orang Bangkok, juga tourist dan sebagainya.

Jika lagi kelahan silahkan duduk duulu di sekitar halaman Siam Paragon dengan pemandangan pepohonan palem dan air mengalir di dinding. Yang lagi duduk beristirahat bisa jadi bertemu dengan orang Indonesia yang juga lagi melintas disana.

Hal ini pun terjadi dengan SL.com ketika lagi duduk santai, eh ada juga rombongan orang Indonesia yang lagi asyik potret-memotret dan akhirnya terjadi obrolan dengan mereka. Siapapun orang Indonesia di luar negeri pasti senang jika bertemu dengan orang se Tanah-Air.

Siam Paragon Bangkok

Bagi mereka yang ingin belanja silahkan masuk kedalam shopping center, sekalian ngadem mencari kesejukan AC. Urusan belanja tergantung jumlah uang yang dibawa, tetapi yang namanya shopping mall di Bangkok sebenarnya toko maupun isinya hampir sama dengan shopping mall di Jakarta.

Tapi, bagi mereka yang serius ingin mencari barang-barang muraha, alias bisa ditawar, silahkan kunjungi MBK Center di Phaya Thai Road, tidak jauh dari Siam Square. Kalau naik MRT, turunnya di Central dan berjalan kaki diatas jembatan menujuk MBK Center.

Untuk cerita selanjutnya, silahkan simak lebih lanjut beberapa album photo di bawah ini. Silahkan klik untuk melihat photo yang lebih lengkap, karena dari gambar photo bisa berbicara lebih banyak.

MBK Center Bangkok

ALBUM PHOTORenaissance Bankok Ratchaprasong Hotel; #1 Walk Around Bangkok; #2 Walk Around Bangkok; Warna-Warni Kaki Lima Bangkok; Dinner at Top Roof Banyan Tree Hotel; Dinner at Kalapapruk Central World; Dinner at Jim Thompson Saladaeng Cafe.

One thought on “Sekilas Ratchaprasong District Bangkok

  1. ga da habis habis nya baju merah man dilema.
    tpi masih sereman kapak merah kali ye

Leave a Reply