Pereli Rifat Sungkar, Fastron World Rally Team Ikut WRC Acropolis

17 Mei 2012. Setelah berhasil menyelesaikan Rally Portugal dengan melewati berbagai tantangan, pereli asal Indonesia yang mengusung bendera “Fastron World Rally Team” bernama Rifat Sungkar, hari Kamis ini (17/5) berangkat menuju Yunani untuk melanjutkan perjuangannya di ajang World Rally Championship (WRC) 2012 di Acropolis Rally yang akan berlangsung pada tanggal 24 – 27 Mei 2012.

Rifat Sungkar berangkat lebih awal untuk melakukan persiapan mulai 21 – 26 Mei 2012, antara lain untuk uji coba kendaraan dan survey lintasan, serta bertemu dengan Co-drivernya Steve Lancaster – menggantikan Scott Beckwith, yang nantinya akan mendampingi Rifat Sungkar di ajang WRC Acropolis.

“Memiliki pengalaman tiga kali bertanding di Acropolis Rally, Steve Lancaster akan dapat mendukung Fastron World Rally Team untuk memberikan hasil yang lebih baik” ujar Indra Prasetyo, Manager Fastron Rally Team yang ikut mendampingi.

Rally Acropolis yang merupakan salah satu rally dunia dengan lintasan “gravel” yang penuh tantangan dengan jalanan berbatu krikil, berdebu dan cuaca yang sangat panas akan dimulai pada hari Kamis 24 Mei 2012 di kota Zappion yang terletak ditengah kota Yunani. Fastron Rally Team dan 55 peserta yang terdaftar di rally ini akan menempuh jarak total 1661,39 kilometer.

“Rally Acropolis merupakan lintasan baru bagi kami. Kami telah mengetahui beratnya medan dan lintasan tapi baru saat ini kami akan menlintasinya. Dengan temperatur yang panas, jalanan yang berbatu, bergelombang dan berdebu, Acropolis Rally akan menjadi salah satu arena terberat di ajang World Rally Championship 2012,” tutur Rifat.

“Namun, di Acropolis Rally ini, saya ingin memberikan hasil yang baik .” tambah Rifat Sungkar, sebagai driver untuk Fastron World Rally Team.

“Fastron World Rally Team ini merupakan bentuk dukungan Pertamina Fastron untuk mengibarkan Indonesia di kancah olahraga motorsport internasional. Hal ini juga merupakan upaya Pertamina Fastron untuk memperluas pasar pelumas Fastron di Eropa,” ujar ujar Supriyanto D.H selaku VP Lubricants PT Pertamina (Persero).

“Dengan mendapatkan approval dari produsen mobil papan atas dengan teknologi terkini, Pertamina Fastron merupakan pelumas yang cocok untuk segala medan, termasuk di trek-trek sulit di WRC,” tambah Supriyanto D.H.

Tentang Rifat Sungkar

Rifat Helmy Sungkar, atlet motorsport kelahiran Jakarta tanggal 22 Oktober 1978 ini, dibesarkan di tengah keluarga pereli. Reli sudah merupakan bagian dari dirinya. Dedikasi dan prestasi Rifat di arena reli nasional mau pun internasional telah terbukti, bahkan Rifat dapat mengharumkan nama bangsa dengan menaikan bendera Merah Putih di manca negara dan diakui bahwa Indonesia mempunyai atlet berprestasi international .

Atas prestasinya tersebut Rifat ditahun 2006 dianugrahkan ”Bintang Prestasi” yang diberikan dan disematkan langsung oleh Presiden RI – Bpk Susilo Bambang Yudhoyono.

Rifat Sungkar mengawali karirnya di dunia motor sport pada umur 14 tahun di arena go-kart. Pada tahun 1996, Rifat Sungkar menjuarai Junior Rally dan Junior Sprint Rally di tahun debutnya sebagai pereli. Lalu, Rifat Sungkar menyandang gelar juara rally dan sprinter Nasional lima tahun berturut-turut dari tahun 1998 sampai 2002.

Didukung oleh Pertamina, Rifat Sungkar pertama kali terjun di pangung Asia pacific Rally Championship pada tahun 2006, yang berakhir dengan posisi keempat secara keseluruhan, dengan meraih tiga podium dari enam event. Di ajang Asia Pacific Rally Championship 2011 yang diikuti perally dari 10 negara, Rifat Sungkar berhasil menempati Rangking 3 Asia Pacific Driver dan rangking 2 Pacific Rally Driver.

Sebagai atlet otomotif Indonesia yang berprestasi, Rifat Sungkar juga berprestasi di bidang olahraga motorsport drfiting. Rifat ditunjuk sebagai duta safety driving Indonesia, dalam rangka mendukung kampanye FIA dan UNESCO untuk mengurangi kecelakaan lalu-lintas .

Sekilas Acropolis Rally

Ajang reli yang akan akan dibuka pada tanggal 24 Mei 2012 dan berlangsung sampai tanggal 27 Mei 2012 ini merupakan seri ke 6 dalam kalender World Rally Championship (WRC) 2012. Acropolis Rally terdiri dari 22 SS dengan total jarak tempuh keseluruhan SS sejauh 409,47 kilometer. Para perally diberikan kesempatan untuk melakukan melakukan survey (recee) pada tanggal 21-23 Mei 2012, dan free pratice stage dan qualifying stage akan dilakukan pada tanggal 24 Mei 2012.

Pada tanggal 24 Mei 2012, Ceremonial Start akan dimulai dari Zappion Athena pada pukul 17.00 waktu setempat, yang kemudian dilanjutkan dengan Special Stage 1 (SS1 Kineta) sepanjang 25,24 km yang akan dimulai pada pukul 18.25 waktu setempat.

Leave a Reply