Menikmati Bus Terbaru Mercedes-Benz (Solo – Yogyakarta)

image006

14 Mei 2012. Sebuah pengalaman baru bagi SL.com memenuhi undangan PT Mercedes-Benz Indonesia ikut merasakan bus bermesin Mercedes-Benz, dari Kota Solo (start dari bandar udara Adi Soemarmo) menuju Yogyakarta (finish di Hotel Sheraton Mustika Yogya) pada hari Jumat, 11 Mei 2012 yang lalu. Bersama dengan wartawan asal Jakarta, SL.com ikut merasakan langsung bagaimana nikmatnya dua bus mewah, yaitu milik PO Nusantara dan PO Safari Dharma Raya.

Adapun tujuan naik kedua bus terbaru keluaran Mercedes-Benz Indonesia ini adalah, ikut merasakan langsung bagaimana nikmatnya bus yang memiliki chassis dan mesin Mercedes-Benz Indonesia. Kita ketahui bahwa perusahaan asal Jerman ini sedang gencar memperluas jajaran produk kendaraan niaga bus ramah lingkungan berstandard Euro 3.

Bus terbaru dari Mercedes-Benz ber-chassis OH 1626 dan OH 1830 memang dalam tahap sosialisasi, khususnya untuk tipe OH 1626 sudah dipergunakan oleh beberapa PO (perusahaan otobis). Menurut  keterangan pers dari pejabat PT MBI disebutkan sudah ada 50 bus Mercedes-Benz Tipe OH 1626 yang sudah beredar di Tanah Air, dan ini masih dalam tahap sosialisasi.

Bus OH 1626 PO Safari Dharma Raya

Tahap pertama (sebelum rehat sholat Jumat), SL.com duduk di dalam bus PO Safari Dharma Raya, yaitu bus Mercedes-Benz Tipe OH 1626 dengan kursi mewahnya, yaitu dua disisi kiri dan dua disisi kanan yang mampu mengangkut penumpang sekitar 45 orang. Kemewahan sudah terasa sebelum masuk kedalam bus, yang tentu saja karena lambang segitiga Mercedes-Benz yang menjadi kebanggaan bagi penumpang yang naik bus ini.

Kemewahan berikutnya adalah dibagian interior yang terlihat deluxe, dan nyaman. Pasalnya kursi penumpang didesain mewah memiliki sarung jok kulit dengan sandaran yang bisa di-stel sesuai selera penumpang. Tombol pengatur sandaran hanya ditekan, dan sandaran pun turun maju atau mundur secara perlahan sesuai keinginan penumpangnya. Tak usah kuatir soal jarak antara kursi depan dengan kursi belakang, lapang!

Kehadiran kendaraan ini meramaikan industri kendaraan niaga di Indonesia dengan teknologi yang unggul yang memenuhi tiga unsur, yaitu konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, ramah lingkungan, tenaga yang besar serta kenyamanan yang lebih. Soal kenyamana dapat dirasakan oleh SL.com dengan suara mesin yang halus dan kelembutan suspensi.

Chassis & Engine Bus OH 1626 Mercedes-Benz

Masalahnya chassis bus dari Mercedes-Benz ini memiliki fitur terbaru, yaitu suspensi udara (Air Suspension), baik untuk type OH 1626 dan OH 1830. Fitur Air Suspension ini telah menjadi standar pabrik sejak di produksi di fasilitas perakitan milik PT. Mercedes-Benz Indonesia di Wanaherang, Bogor.

“Fitur suspensi udara standar pabrik ini merupakan salah satu terobosan dari produk Mercedes-Benz Indonesia dibandingkan dengan produk kompetitor rakitan dalam negri lainnya. Dengan suspensi udara standar dari pabrik ini maka ada peningkatan kenyamanan dan stabilitas dari produk bus terbaru Mercedes-Benz ini menjadi lebih terasa, baik dari sisi penumpang maupun dari pengendara bus,” kata Diyanto Prayudiman, Department Manager Bus Sales PT Mercedes-Benz Indonesia disaat acara prescon di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta pada hari Jumat, 11 Mei 2012.

“Suspensi udara juga memberikan kemudahan dalam hal perawatan dibanding dengan suspensi konvensional, dimana di dalam penggunaannya sehari-hari tidak dibutuhkan pelumasan bada bilah-bilah suspensi yang biasa dilakukan pada suspensi konvensional untuk mengurangi kebisingan.

Jika terjadi kerusakan pada suspensi udara, maka kita hanya perlu mengganti balon udaranya saja sebagai komponen utama dalam suspensi udara,” jelas Diyanto yang hanya lebih spesifik menjelaskan produk OH 1626.

Bus OH 1626 PO Safari Dharma Raya

Secara teknis chassis Bus OH 1626 bermesin 6374cc dengan 6 silinder segaris, yang berstandard Euro 3, memiliki torsi 950 Nm @1200-1600 rpm dengan tenaga maksimal 260 Hp @2200 rpm. Bus ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pemilik armada bus yang concern soal kebutuhan bahan bakar yang lebih irit.

Kabar bagusnya, chassis bus OH 1626 juga memiliki kelebihan berupa Space Frame, yang memungkinkan bus ini dibangun dengan kapasitas bagasi bawah yang jauh lebih besar dari pendahulunya tanpa terhalang oleh chassis utama. Sejauh ini tipe OH 1626 sudah terjual sebanyak 400 unit dengan harga Rp. 749,000,000,- Off The Road (chassisnya saja) belum termasuk dengan harga karesori.

Bus OH 1830 PO Nusantara

Bus OH 1830 PO Nusantara

Beruntung SL.com sempat merasakan chassis Bus OH 1830 milik PO Nusantara yang berwarna hitam. Kesempatan ini dapat dirasakan usai rehat sholat Jumat, dimana para penumpang saling bertukar tempat. Sempat kaget dengan bagian interior PO Nusantara ini, pasalnya kapasita kursi hanya sedikit yaitu 15 penumpang saja karena memiliki kursi lebar per satu orang. Ditambah dengan fasilitas toilet di dalam bus.

Chassis bus Mercedes-Benz OH 1830 mengusung mesin 7200cc dengan 6 silinder segaris, yang berstandard Euro 3.  Bus ini memiliki torsi yang lebih besar, alias melimpah sebesar 1200 Nm @1400 rpm dengan tenaga maksimim 300 Hp @pada 2200 rpm.

Bus OH 1830 ini diklaim mampu memberikan tenaga serta torsi mumpuni dalam mengatasi segala hambatan medan jalan berupa tanjakan-tanjakan terjal maupun jalan berliku yang membutuhkan torsi besar. OH 1830 juga dilengkapi dengan chassis Space Frame serta suspensi udara (Air Suspension). Harga jual OH 1830 adalah Rp. 919,000,000,- Off The Road (belum termasuk body/karesorinya).

Produk OH 1830 ini belum resmi diluncurkan oleh PT MBI. Bus dipakai yang oleh PO Nusantara adalah produk percobaan dan masih dalam tahap riset. Didalam acara press conference, OH 1830 memang tidak dijelaskan secara detail mengingat bus ini memang belum diproduksi secara masal di Indonesia.

Acara Penutup

Menutup acara perjalanan dan press conference di Yogyakarta, PT Mercedes-Benz Indonesia mengajak SL.com dan rombongan wartawan untuk ikut melihat dari dekat deretan bus Mercedes-Benz. Bus tersebut diwakili oleh beberapa nama PO terbesar di Tanah Air diparkir secara berjejer. SL.com mencoba masuk ke dalam beberapa unit bus dan masing-masing memiliki kemewahan yang berbeda dan tergantung dari jenis karesorinya.

Pada malam harinya acara dilanjutkan  dengan acara dinner (makan malam) bersama para pengusaha bus kelas nasional yang secara khusus diundang oleh Mercedes-Benz. Pada acara dinner tersebut, Diyanto Prayudiman membuka acara sekaligus memperkenalkan jajaran/petinggi Mercedes-Benz, antara lain Mr. Olaf Petersen, Sales & Marketing Director, Mr. Heinrich Schromm, After Sales Director, dan Mr. Thomas TA Bauer, Regional Manager Manager South East Asia.

Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta @Jumat 11 Mei 2012

Dalam kata sambutan Olaf Petersen, bahwa Mercedes-Benz tetap optimis dengan tingginya perkembangan trasnportasi darat di Indonesia. Mercedes-Benz Indonesia akan tetap mengembangkan produk-produk komersial lainnya, terutama di segmen bus rear engine luxury bus, dengan produk-produk unggulan lainnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi transportasi darat di Indonesia.

Dalam obrolan SL.com dengan para pengusaha bus, bahwa prinsipnya mereka menyambut baik dengan kehadiran produk baru Mercedes-Benz. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah soal infrastruktur jalan di Tanah Air yang mana dilapangan masih banyak yang rusak parah. Oleh karena itu, para pengusaha PO harus bekerja keras, mampu memilih bus yang berkualitas, yang memiliki endurance, dan hemat bahan bakar. Yang lebih penting adalah memiliki citra dan kebanggan bagi penumpangnya.

Mr. Thomas TA Bauer (kiri), Regional Manager Manager South East Asia Mercedes-Benz dan Diyanto Prayudiman (kanan) Department Manager Bus Sales PT Mercedes-Benz Indonesia @Jumat 11 Mei 2012 di Yogyakarta

ALBUM PHOTO: Solo-Yogyakarta, Press Conference, Bus Display, dan Dinner

5 thoughts on “Menikmati Bus Terbaru Mercedes-Benz (Solo – Yogyakarta)

  1. yuni supriyanto says:

    Mantap tuh, PO Nusantara,
    Ijin sedot gan……………..

  2. ketika saya naik kramatdjati dari malang…bus yang saya tmpangi sdah lari dg kcpatan tinggi tapi tiba2 ada bus nusantara warna hitam menyalip dngan cepat…ternyata bus baru itu ya…mantap deh…

  3. jadi kepengen nyobain mesin n chasis bus MB terbaru, Nusantara emg mantap

  4. yang 15 kursi sangat geleng2 :D

Leave a Reply