All-New Mazda CX-5 Resmi di Indonesia

10 Mei 2012. Perusahaan otomotif asal Jepang melalui PT Mazda Motor Indonesia (MMI) dengan bangga meluncurkan “Mazda CX-5” sebuah mobil compact cross-over SUV yang telah lama dinantikan dan yang akan merevolusi cara berkendara masyarakat Indonesia. Acara peluncuran Mazda CX-5 tersebut berlangsung di Hotel Grand Indonesia Kempinski hari Kamis, 10 Mei 2012.

Mengusung teknologi terbaru Mazda, SKYACTIV serta konsep rancangan bertema KODO-Soul of Motion, All-New Mazda CX-5 tampil sebagai pelopor pengembangan kendaraan di masa datang. All-New Mazda CX-5 merupakan model pertama yang secara penuh mengadopsi seluruh elemen Teknologi SKYACTIV yakni SKYACTIV-G, SKYACTIV-DRIVE, SKYACTIV-BODY dan SKYACTIV-CHASSIS, sehingga menghadirkan pengalaman berkendara yang hemat bahan bakar.

Rancang tampilan, kinerja yang dinamis, aspek fungsional, lingkungan serta keselamatan mendapat perhatian khusus untuk menciptakan kendaraan yang stylish yang memberikan pengalaman berkendara sesuai harapan serta responsif, dilengkapi fitur-fitur yang bermanfaat dan dapat dinikmati untuk waktu yang lama.

”Peluncuran All-New Mazda CX-5 ini memperlihatkan pentingnya pasar Indonesia bagi Mazda. Indonesia adalah pasar kedua terbesar kami di Asia Tenggara. Karena itu, Mazda memiliki komitmen tinggi untuk menghadirkan produk serta layanan terbaik dan terkini di Indonesia,” ujar Masahiro Moro, Executive Officer for Global Sales and Marketing Mazda Motor Corporation.

Bagian interior All-New Mazda CX-5 terasa sangat lega sehingga nyaman bagi penumpang di berbagai situasi. Pembagian tempat duduk 40:20:40 dengan kursi terpisah yang dapat dilipat serta konfigurasi lipat karakuri membuat dua orang penumpang dewasa dapat duduk dengan nyaman di kursi belakang sambil mengangkut benda yang panjang.

Fungsi ini merupakan fitur standar yang dapat ditemui pada kelas Sport dan Touring. Sementara itu, fitur standar yang dapat dijumpai di semua kelas meliputi kamera TFT Color Touch Screen 5,8 inch yang membantu saat parkir. Di sisi pintu terdapat wadah untuk meletakkan botol berkapasitas 1 liter.

All-New Mazda CX-5 memiliki bobot yang ringan namun kokoh berkat Mazda SKYACTIV-BODY, turut dilengkapi dengan 6 Airbags ( front, side and curtain), Dynamic Stability Control System dan Traction Control System sebagai perlengkapan standar keselamatan.

Selain itu, All-New Mazda CX-5 juga dilengkapi dengan teknologi keselamatan canggih seperti Emergency Stop Signal System, Hill Launch Assist System dan Tire Pressure Monitoring System.

“MMI percaya All-New Mazda CX-5 akan mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia. Para penggemar kendaraan SUV telah lama menantikan kendaraan dengan kinerja tinggi dan lincah serta konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis. Karena itu kami yakin All-New Mazda CX-5 akan menjadi pilar ketiga dari total penjualan PT. Mazda Motor Indonesia bersama dengan Mazda2 untuk kendaraan penumpang dan BT-50 untuk kendaraan komersil,” kata Keizo Okue, Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia (MMI).

Sejak peluncuran perdananya di Jepang pada 16 Februari 2012, All-New Mazda CX-5 telah mendulang banyak pujian dan ulasan positif dari segala penjuru dunia. Di Jepang, target penjualan All-New Mazda CX-5 untuk satu tahun tercapai hanya dalam waktu 45 hari setelah peluncuran. All-New Mazda CX-5 juga memperoleh ‘Top Safety Pick’ 2012 dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) di Amerika Serikat, peringkat tertinggi dalam kategori keamanan sebagai hasil dari uji crashworthiness.

Harga Jual di Indonesia

All-New Mazda CX-5 Sport ditawarkan dengan harga Rp375 juta untuk on-the-road di Jakarta sementara All-New Mazda CX-5 Touring ditawarkan dengan harga Rp410 juta (OTR Jakarta).

Kedua tipe ini akan mulai tersedia di showroom resmi Mazda pada Juni 2012 dalam berbagai pilihan warna: Blue Sky Mica, Zeal Red Mica, Crystal White Pearl Mica, Aluminium Metallic, Metropolitan Grey Mica dan Black Mica.

Desain: Bentuk yang menyiratkan kekuatan dan kelincahan (Penjelmaan pertama dari ‘KODO – Soul of Motion’)

Jika bagian luar tampak begitu sportif dan kuat, sisi interior juga seolah mengundang orang untuk langsung mencoba mengendarainya.

  1. Desain bagian eksterior menampilkan gaya khas SUV yang kokoh dan fungsional sekaligus menghadirkan vitalitas dan gaya dinamis khas Mazda.
  2. Kendaraan Mazda terbaru ini hadir dengan design generasi terbaru yang mencerminkan kekuatan dan penyerapan yang terbentuk dari ‘signature wing’ Mazda yang khas. Sisi samping menampilkan garis pelindung dan lekuk bodi samping yang mencerminkan kekuatan seperti guratan otot cheetah.
  3. Ruang kabin berorientasi pada pengemudi sekaligus menampilkan kekuatan SUV.
  4. Panel instrumen menggunakan material yang halus dan berkualitas tinggi.
  5. Dengan fokus pada aspek fungsionalitas dan desain, bagian-bagian dalam ruang pandang pengemudi, seperti tombol power window dan kompartemen di bawah panel utama, dihiasi dengan chrome satin berkualitas tinggi.

Performa yang Dinamis: Mesin yang responsif (Memperkenalkan TEKNOLOGI SKYACTIV)

Fokus utama dari teknologi ini adalah memastikan pengalaman berkendara yang efisien dan mulus saat bergerak maju, memutar maupun saat berhenti, sesuai harapan pengemudi, serta menciptakan perasaan nyaman bagi pengemudi dan penumpang. All-New Mazda CX-5 telah mengadopsi Teknologi SKYACTIV secara utuh, yang mencerminkan kesungguhan Mazda untuk menghadirkan kenikmatan berkendara.

  1. Evolusi yang linear dan harmonis antara mesin dan manusia menghasilkan jinba ittai yang memberi kenyamanan bagi pengemudi, dengan mesin yang secara cerdas dan ekonomis merespon keinginan pengemudi.
  2. Terobosan Teknologi SKYACTIV menciptakan complete driving command dalam semua aspek termasuk steering, handling and ride, pengereman dan NVH (Noise, Vibration & Harshness).

Aspek Fungsional: Memaksimalkan penggunaan ruang (Dikemas secara fungsional)

Pengemasan dikembangkan dengan tujuan untuk menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi penumpang. Desain ini memberi kemudahan akses ke kabin dan kapasitas ruang bagasi yang luas.

  1. Kursi pengemudi dirancang untuk memberikan kenyamanan duduk tegak selama mengemudi yang dapat mengurangi kelelahan, serta ruang kepala dan bahu yang lebih lega.
  2. Ruang kaki untuk kursi belakang mencapai 997mm sehingga nyaman bagi penumpang dewasa.
  3. Dalam keadaan kursi belakang sedang digunakan, kapasitas bagasi mencapai 403 liter (VDA method) dan bila kursi belakang dilipat maka kapasitasnya meningkat menjadi 1570 liter (VDA method).
  4. Fitur-fitur baru yang meningkatkan kenyamanan termasuk pembagian kursi belakang dengan komposisi 40:20:40 dengan fungsi lipat Karakuri (kursi dapat dilipat hanya dengan menyentuh tuas untuk menurunkan kursi hingga rata dengan lantai mobil) dan penutup Karakuri (perlengkapan standar untuk model Sport dan Touring yang dapat naik dan turun sesuai pergerakan pintu bagasi).

Kinerja keselamatan dan lingkungan yang inovatif yang mendukung kinerja dinamis

Implementasi Teknologi SKYACTIV secara utuh dan kinerja aerodinamis yang sangat baik menjadikan All-New Mazda CX-5 lebih ekonomis dalam konsumsi bahan bakar dan menghasilkan emisi gas buang yang lebih bersih.

  1. All-New Mazda CX-5 telah dilengkapi dengan mesin SKYACTIV-G 2.0 yang menghasilkan konsumsi bahan bakar yang ekonomis mencapai 16km/liter (JC08 mode, FWD model). CX-5 juga dikategorikan sebagai Super Ultra-Low Emission Vehicles (SU-LEV) dengan emisi buangan 75% atau lebih rendah dari yang diatur oleh peraturan pemerintah Jepang tahun 2010 mengenai emisi buangan serta memenuhi kualifikasi standar penggunaan bahan bakar yang ekonomis lebih 25%.
  2. Dibandingkan dengan mesin konvensional 2.0L port-injected, All-New Mazda CX-5 memiliki keuntungan sebagai berikut:
  3. o 15% peningkatan dalam penghematan bahan bakar
  4. o 15% peningkatan torsi
  5. o 15% penurunan emisi CO2
  6. Bidang pandang diagonal dan depan yang sangat baik sehingga mengurangi blind spot.
  7. Sistem Sensor Parkir, Rear View Monitor, enam Airbags, Dynamic Stability Control and Traction Control System merupakan perlengkapan standar untuk semua model.

PT Mazda Motor Indonesia

PT Mazda Motor Indonesia adalah 100% subsidiari dari Mazda Motor Corporation yang mengimpor dan mendistribusikan mobil-mobil Mazda dan juga suku cadang resmi Mazda, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia.

Perusahaan ini didirikan tahun 2006 dan jaringan pemasarannya senantiasa berkembang. Saat ini ada 30 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Jakarta, Bogor, Jawa Barat, Jawa Timur, Semarang, Jambi, Palembang, Pekanbaru, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Makassar, Bali, Medan, dan Batam. Ekspansi ini bersifat berkesinambungan, yang berarti akan lebih banyak lagi dealer-dealer yang diresmikan.

Mazda Motor Corporation

Didirikan pada bulan Januari 1920, Mazda meluncurkan mobil penumpang pertamanya di awal tahun 1960an. Berpusat di Hiroshima, Jepang, saat Mazda Motor Corporation merupakan salah satu perusahaan otomotif terkemuka di Jepang. Saat ini, Mazda adalah satu-satunya produsen otomotif di dunia yang memproduksi rotary internal engines, diesel, dan bahan bakar minyak.

Perwujudan terakhir dari rotary engine produksi Mazda dapat djumpaii pada Mazda RX-8 yang merupakan sebuah mobil yang benar-benar memiliki DNA Mazda. Tujuan utama Mazda hadir di tengah industri otomotif adalah untuk membuat mobil-mobil yang menyenangkan untuk dikendarai – mobil yang dapat memuaskan hati pengendaranya namun tetap terjangkau.

Zoom-Zoom

Zoom-Zoom sering dilontarkan anak-anak untuk melukiskan gerakan. Mazda adalah perusahaan mobil yang unik yang masih menghargai keceriaan dan kebebasan yang diciptakan oleh gerakan – maka dari itu Zoom-Zoom spirit adalah jiwa setiap mobil Mazda.

Kini, Sustainable Zoom-Zoom menjadi penggerak Mazda untuk terus berkembang – dengan menggabungkan desain yang menggugah, performa yang dapat menghadirkan perasaan senang bagi pengendaranya, dan fitur keamanan untuk mencegah kecelakaan yang tentu saja mengikutsertakan teknologi yang ramah lingkungan untuk melindungi keindahan alam kita.

Mazda hadir untuk menyempurnakan keempat elemen ini – bagi mereka yang menghargai emosi dari setiap gerakan – serta untuk memastikan hadirnya kendaraan yang menyenangkan untuk dikendarai. Informasi lengkap mengenai Mazda Global, silahkan kunjungi website Mazda: http://www.mazda.com

ALBUM PHOTO

Leave a Reply