RAPI RIDERS: Perpaduan Hobi RAKOM, Otomotif & Sosial

Hari ini Rabu, 24 Juni 2009 bertepatan dengan tanggal “Di Deklarasikannya RAPI RIDERS” pada 3 (Tiga) 2 (dua) tahun yang silam di Gunung Mas Puncak Jawa Barat, Stasiun Bergerak Darat KRAP (Mobil, Motor, dll), yang Insya Allah bermanfaat untuk diri sendiri dan untuk sesama umat Manusia. Amin.

Bagi rekan rekan RAPI RIDERS yang ada kesempatan waktunya ditunggu nanti malam (red=24/6/09) di Sekretariat RAPI ZWS Tebet Jakarta Selatan, Jl. Tebet Barat Raya no. 230 (sejajar Rumah Susun Tebet) Jam 20.00 s/d selesai.

Selamat untuk RAPI RIDERS yang selama keberadaanya telah berperan aktiv dalam mensosialisasikan organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) ke seantero Nusantara dan Dunia International. Selamat untuk Pak KORDA, Pak KORWIL, para Ketua Wilayah RAPI se-DKI Jakarta, dan sukses untuk seluruh pengurus RAPI DKI Jakarta.

*Tulisan dikutip dari jz09zws@googlegroups.com Rabu 24 Juni 2009.

Sungguh tak terasa berjalannya waktu yang begitu cepat bergulir. Namun sedikit bingung ketika membaca kutipan di atas perihal waktu antara 3 tahun atau  2 tahun? Mana yang benar? Kalau menurut penulis blog ini seharusnya dibaca dua tahun, yaitu dari tahun 2007 s/d 2009.

RRLido02
Deklarasi RAPI RIDERS

Nah, yang benar sejak kapan sih tepatnya RAPIRIDERS hadir? Ada sumber dari website http://rapiriders.phpbb3now.com/ menyebutkan tanggal 12 April 2008 sebagai hari “Deklarasi RAPI RIDERS.”

Silahkan baca kutipan ini:

RAPI RIDER adalah kegiatan anggota RAPI pecinta otomotif khususnya roda dua. Berdasarkan rapat Daerah RAPI DKI Jakarta tanggal 12 April 2008, RAPI RIDER secara resmi di resmikan sebagai bagian kegiatan RAPI yang mewadahi hobies otomotif. RAPI RIDER memiliki misi dalam membentuk anggota RAPI yang trampil dalam mengoperasionalkan stasiun bergerak, menguasai safety riding dan trampil dalam hal first responding.

Kegiatan rutin seperti kopdar rutin setiap jam kerja wilayah, city touring untuk melatih disiplin lalulintas, dan touring ke luar kota dalam rangka aplikasi safety riding, mobile station dan team working adalah menjadi bagian yang ciri khas RAPI RIDER.

Semoga kegiatan ini akhirnya akan memperkaya khasanah RAPI yang mengakomodir keinginan anggota, dan pada akhirnya akan meningkatkan mutu SDM RAPI.

Apapun masalah Tanggal Deklarasi tersebut, jika kita mau mundur sedikit ke belakang, penulis blog ini yang juga punya call-sign JZ10HRB memiliki ingatan pada petengahan tahun 2007, tepatnya dua tahun yang lalu, yaitu ketika usai menjalankan “Adventure Touring: HTML Touring Goes To Southern Sumatera” bulan Mei 2007 silam.

Saat itu penulis bersama rekan Komunitas HTML lainnya antara lain Bro Rinonet JZ09HTM, Bro Marko JZ10HFE dan Bro Herman JZ09GWQ pernah ikut touring dengan teman-teman anggota RAPI Wilayah Jakarta Selatan dengan tujuan kawawan perkebunan teh, Gunung Mas Puncak Jawa Barat. Hanya saja ketiga rekan HTML yaitu JZ10HRB, JZ10HFE dan JZ09GWQ tidak menginap, karena ada urusan lain maka pada tengah malam menjelang subuh sudah kembali Jakarta.

Sejak dari acara di Gunung Mas Puncak Jawa Barat tersebut, tercatat ada sejumlah kegiatan anggota RAPI khususnya mereka yang memiliki motor dan memiliki seragam putih-hiaju yang disebut sebagai kostum RAPI RIDERS. Hingga saat ini,  bisa jadi setidaknya semua anggota RAPI (call sign) yang memiliki motor  dan RAKOM di motornya sudah bisa menjadi Komunitas RAPI RIDERS.

Acara demi acara, maupun agenda RAPI RIDERS semakin bertambah banyak. Pada awalnya hanya touring pendek, antara lain Touring ke Gunung Bunder, kemudian ada Baksos, Pelatihan GPS, maupun perkunjungan ke beberapa wilayah dan daerah RAPI ke-seluruh Indonesia dalam rangka sosialisasi dan menyatakan eksistensi persaudaraan yang erat di antara para pengguna RAKOM.

Sukses dan selamat buat Komunitas RAPI RIDERS! Apalagi buat hari ulang tahunnya yang baru dirayakan Rabu 24 Juni 2009 kemarin.

Sekilas Tentang RAPI RIDERS

RAPI RIDERS adalah komunitas rider yang menggunakan roda dua dengan perlengkapan stasiun bergerak, berawal dari acara touring bersama, diskusi tentang safety riding, penggunaan alat komunikasi, kemudian muncullah ide untuk menampung kegiatan ini secara online dan offline.

Secara online RAPI RIDERS ada di warung obrolan URL:  http://rapiriders.wordpress.com/

Secara offline, RAPI RIDERS  pada awalnya berkumpul bersama rekan-rekan kopdar HTML (Honda Tiger Mailing List) Wilayah Jakarta Selatan, namun saat ini sudah memiliki tempat sendiri yaitu di  Sekretariat RAPI JAKSEL ZWS Tebet Jakarta Selatan, Jl. Tebet Barat Raya no. 230 (sejajar Rumah Susun Tebet) Jam 20.00 s/d selesai.

Dari persamaan hobby pecinta komunikasi dan rider, komunitas ini kemudian muncul dengan nama RAPI RIDERS, RAPI RIDERS adalah komunitas yang anggotanya telah terdaftar dan memiliki IKRAP (Ijin Komunikasi Radio Antar Penduduk). Komunitas ini juga terbuka untuk para calon anggota RAPI atau pemerhati RAPI.

Kegiatan RAPI RIDERS tidak hanya melakukan jelajah negeri dengan touring bersama, tetapi juga aktif di berbagai kegiatan sosial. Menambah teman, menjalin persahabatan adalah aktifitas kami yang kemudian bersama-sama untuk berbagi ilmu tentang sebuah manfaat untuk kita semua.

Visi utama dari komunitas RAPI RIDERS adalah untuk menggalang kebersamaan dan kekeluargaan di antara rider RAPI dengan rider lain sehingga tercipta sebuah brotherhood yang lebih luas dengan dukungan komunikasi radio di seluruh nusantara.

Misi RAPI RIDERS adalah  mengajak para pengguna alat komunikasi untuk turut serta mendukung program pemerintah dalam rangka pemanfaatan alat komunikasi sesuai dengan aturan yang benar, disamping sebagai sarana berbagi pengetahuan tentang IPTEK dan Safety Riding.

Kontak RAPI RIDERS dapat melalui e-mail : inforapi@jz09zws.net

5 thoughts on “RAPI RIDERS: Perpaduan Hobi RAKOM, Otomotif & Sosial

  1. Bravo! Selamat buat teman-teman RAPI Riders…
    Di KHCC (Karisma Honda Cyber Community) juga sudah mulai banyak teman-teman yang menggunakan radio komunikasi. Semoga kami bisa belajar dari teman-teman RAPI Riders…

  2. Salam..

    saya juga ikutan RAPI tapi dari wilayah 11 bekasi call sign JZ10QBX
    saya juga ikutan CLUB MOTOR tapi dari HMPC (Honda Mega Pro Club) Chapter Bekasi

    Bravo..
    Akrab di darat rukun di udara iman di hati

  3. Wah .. founder RAPI Riders lagi bikin flashback … ;) yup .. thanks om Stephen JZ10HRB, jadi inget waktu deklarasi waktu itu …, jadi deklarasinya memang tanggal 24 Juni 2006, tetapi tindak lanjut menjadi program di RAPI DKI Jakarta 12 April 2008 ….

    Jadi .. “SELAMAT ULANG TAHUN YANG ke 3 untuk RAPI RIders” ….

    Eh .. kok nggak datang pas perayaan, padahal para founder harusnya motong tumpeng tuh … :)

  4. waaahhh. . bagus tuch kLo di adain di jogja. . .
    kyk’a di jogja jg wda ad. . tp nm’a portugal. . . kyk’a smua berbendera RAPI
    minta kontak donk. .
    sy jg ada wadah Rescue Bikers. . dan semua anggota’a mengunakan radio komunikasi

  5. Atas nama RR RAPI Jak-sel.. thanks bro …

Leave a Reply