Sekilas Vespa Balap Indonesia

8 Mei 2012. Walau cuma sebagai supporting race di ajang Motoprix Region 3 Seri 2 hari Minggu, 6 April 2012 kemarin, ternyata “OMR Vespa Balap Indonesia” masih banyak penggemarnya. OMR Vespa ini menyuguhkan aksi balap yang unik dan menarik. Hasil pantauan Tim Liputan SL.com di Sentul Kecil, jumlah peserta OMR Vespa kali ini memang tidak sebanyak dengan event yang belangsung pada tanggal 25-26 Februari 2012 yang lalu (artikel ini). 

Tentang Vespa Balap Indonesia

Berawal dari sebuah komunitas Balap Vespa Indonesia (VBI) melingkupi wilayah DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi dan Jawa Barat. Dimana Komunitas Balap Vespa Indonesia mencoba mewadahi kebutuhan-kebutuhan prinsipil dari balap Vespa itu sendiri. Ya, selama ini balap Vespa hanya memakai sebuah aturan “hukum rimba” mengingat balap Vespa hanya sebagai kelas supporting atau kelas pendukung atau kelas penghibur diantara event-event balap yang telah ada saat ini.

Adanya ketidak seragaman dalam dunia balap Vespa ini, memacu para pembalap baru atau yang sudah lama berada dalam lingkup balap menjadi tidak bersemangat untuk mengikuti event–event balapan yang telah ada. Bahkan ada yang lebih tertarik pada balapan liar yang jelas sangat membahayakan keselamatan dirinya sendiri, masyarakat pengguna jalan umum.

Pada tanggal 29-30 Oktober 2011 yang lalu, di Cisarua Bogor Jawa Barat, komunitas VBI berhasil mempertemukan para pujangga, bengkel, manager team balap, serta para pembalap Vespa untuk membuat sebuah resolusi bersama dalam hal regulasi yang diperuntukkan di tahun 2012.

Pesertanya adalah semua perwakilan dari DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang, Baten dan juga Jawa Barat, dan resolusi tersebut telah disepakati oleh semua pihak yang hadir pada “Gathering Regulasi Balap 2012”. Moment tersebut sekaligus mengukuhkan / meresmikan nama “Vespa Balap Indonesia” sebagai sebuah wadah yang mewadahi aspirasi kawan – kawan semuanya.

Langkah kongkret pun segera dibuat oleh kami (VBI) untuk mendapatkan respon realisasi dari semua peserta yang telah hadir dalam “Gathering Regulasi Balap 2012” tersebut. Selanjutnya pada tanggal 24 Desember 2011 di Sentul Go Karting Circuit menjadi saksi yang tidak dapat dipungkiri oleh siapapun bahwa regulasi yang telah dirancang VBI untuk tahun 2012 mendapat respon yang sangat amat luar biasa.

Dari perkiraan peserta yang hanya 50 starter ternyata melebihi semua harapan yaitu mencapai 137 stater (peserta). Tidak itu saja, berbagai media pun merespon event tersebut, mulai dari media cetak hingga elektronik, seperti majalah MotorPlus, Global TV, Berita Satu, B Channel, dan sebagainya.

Hal ini menajdikan sebuah momentum yang tepat untuk menggelar dan membuktikan bahwa komunitas VBI bisa menjadi profesional dan lebih terorganisir untuk mencapai sebuah tujuan bersama, antara lain “One Make Race Vespa Balap Indonesia” Series. Dimana event balapan motor Vespa ini adalah sebuah event yang pertama kali dan terbesar di Indonesia di Tanah Air.

One thought on “Sekilas Vespa Balap Indonesia

  1. triesna apri says:

    maju trus to team vespa
    GOODLUCK,,,,

Leave a Reply