Ducati 1199 Panigale Resmi Hadir di Indonesia

7 Mei 2012. Sosok motor Ducati 1199 Panigale sudah resmi hadir di pasar otomotif Indonesi melalui PT Supermoto Indonesia (Ducati Indonesia). Motor fully imported asal Italia tersebut diperkenalkan dalam acara launching yang dihadiri oleh anggota klub dan komunitas Ducati Desmo Owners Club Indonesia (DDOCI) di Restaurant Luna Negra, Bapindo Plaza, Jl. Jend. Sudirman Kav. 54 – 55, Jakarta hari Minggu sore 6 Mei 2012.

Sebenarnya sosok Ducati Panigale 1199 ini sudah lama menjadi obrolan dikalangan bikers, khususnya bagi penyuka motor sport. Ya, motor ini memang berkarakter sport racing yang sangat mumpuni dipakai dalam ajang balapan di sirkuit.

Namun demikian bagi mereka yang ingin tampil gaya, tak ada salahnya motor ini dipakai buat ajang kongkow pada akhir pekan. Bagaimana untuk harian? Hm.. terlalu sport dan kurang pas buat melintas lalu-lintas seperti di Jakarta pada saat ini yang macet dimana-mana.

Ducati Panigale tampil garang mengusung mesin Superquadro: L-twin cylinder, 4 valve per cylinder, Desmodromic, liquid cooled, menghasilkan tenaga sebesar 195 hp (143 kw) pada @ 10,750 rpm dan Torsi 98.1 lb-ft (132 Nm) pada @ 9.000 rpm, memiliki Transmisi Clutch Slipper and self-servo wet multiplate clutch with hydraulic control.

Desainnya juga sangar, memiliki desain tajam pada fairing dan stop lamp yang menyerupai huruf X ini dihiasi LED. Fairingnya simpel nan fungsional dengan knalpot diselipkan di bagian bawah menyatu dengan fairing. Apalagi melihat pada bagian belakang khususnya model spadboardnya seperti ekor itik menungging.

Peleknya mengusung desain palang tiga baru. Tiap palang seperti bercabang tiga di ujungnya. Roda belakang memiliki single-sided swing arm. Sedangkan suspensinya terlihat dengan jelas, memiliki Ducati Electronic Suspension (DES) dari Öhlins NIX30 43 mm with TiN, fully adjustable usd fork. Suspensi ini secara otomatis akan mengatur kompresi dan rebound sesuai dengan riding mode.

Bicara soal riding mode, Ducati 1199 Panigale memiliki tiga pilihan riding mode, yaitu race, sport dan wet. Saat riding mode dipilih, maka secara otomatis perangkat ABS, traction control, quickshifter dan engine brake control akan langsung menyesuaikan diri dengan pilihan riding mode tersebut.

Ducati Panigale menyediakan pilihan power mode. Yang pertama, tenaga bisa disetel hanya 120hp dengan respon throttle halus. Lalu ada pilihan 195 hp dengan respon smooth throttle. Dan terakhir mengeluarkan tenaga liar mencapai 195 hp dengan respon direct throttle.

Semua kinerja mesin bisa dilihat melalui Ducati Data Analyzer+ (dibaca DDA Plus).  Ini merupakan g enerasi terbaru dari Ducati Analyser yang memiliki fungsi sebagai GPS baru sekaligus mencatat waktu per lap. Dengan perangkat DDA Plus, pengendara bisa melihat parameter berkendara lainnya seperti bukaan throttle, kecepatan, rpm, indikator gigi, suhu dan kinceja traction control.

Memakai chassis terbaru yaitu Frame Monocoque terbuat dari aluminum frame. Mirip seperti yang dipakai Ducati di balapan paling bergengsi kelas MotoGP. Hanya saja ada bedanya, yang satu ini bukan terbuat dari carbon tapi dari alumunium. Posisinya langsung menempel ke silinder head. Sedang arm untuk suspensi belakang diikat ke crank case.

Harga Jual Ducati Panigale

Bagaimana dengan harga jual Ducati 1199 Panigale di Jakarta dan sekitarya? Ducati 1199 Panigale dibanderol dalam tiga pilihan varian: Pertama Ducati 1199 Panigale Rp. 385 juta; Kedua Ducati Panigale 1199 ABS Rp. 399 juta. Yang ketiga ada dua jenis, yakni Panigale S ABS Rp. 450 juta dan Panigale S Tricolor Rp. 500 juta.

Agustus Sani Nugroho (kiri), Presiden Direktur Ducati Indonesia bersama Bro Jade, Ketua DDOCI

“Ini adalah merupakan kesempatan yang baik bagi semua pecinta Moge di Indonesia untuk dapat secara langsung menikmati motor Ducati varian terbaru yaitu Ducati Superbike 1199 panigale ini sebagai sebuah motor superbike terbaik yang tersedia saat ini, atau type-type Ducati lain sesuai dengan karakter dan kebutuhan masing-masing riders,” ujar Agustus Sani Nugroho, Presiden Direktur Ducati Indonesia.

“Ducati juga membantu penyediaan fasilitas kredit bagi para peminat Moge Ducati yang ingin membeli Motor Ducati secara kredit. Dan, bukan hanya itu, setiap motor Ducati yang dibeli dari jaringan resmi Ducati Indonesia akan memperoleh factory warranty selama 2 tahun tanpa batasan kilometer,” tambah Nugroho.

Data Spesifikasi Teknis Ducati 1199 Panigale

Year: 2012
Manufacturer: Ducati
Model: 1199 Panigale
Engine Type: Superquadro L-Twin 4-valve per cylinder, Desmodromic
Engine Displacement: 1198cc
Bore & Stroke: 112 mm x 60.8 mm
Compression Ratio: 12.5:1
Cooling: Liquid-Cooled
Fuel System: Mitsubishi EFI, Full ride-by-wire elliptical throttle bodies
Ignition: Electronic
Starting System: Electric
Transmission: 6-Speed
Final Drive: Chain
Rake and Trail: 24.5° / 3.94 in.
Wheel Base: 56.57 in.
Seat Height: 32.48 in.
Front Suspension: Marzocchi 50mm fully adjustable usd fork
Rear Suspension: Fully adjustable Sachs unit, adjustable linkage
Front Brake: Dual 330 mm semi-floating discs, radially mounted Brembo Monobioc M50 4 piston
Rear Brake: 245 mm disc, 2-piston caliper
Front Tire: 120/70 ZR17 Pirelli Diablo Supercorsa SP
Rear Tire: 200/55 ZR17 Pirelli Diablo Supercorsa SP
Fuel Capacity: 4.5 gal (17 liter)
Dry Weight: 361.5 lbs.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply