Sosialiasi Injection Technology Soul GT

5 Mei 2012. Kita semua sudah tau kalau Yamaha melahirkan motor matik berteknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Inovasi injection technology ini, kini hadir lewat motor skutik “Yamaha Soul GT“. Untuk itu, pabrikan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengundang sejumlah blogger otomotif roda dua untuk memahami lebih dalam tentang mesin teknologi injeksi di Excelsior Cafe, Jl. Radio Dalam, Jakarta Selatan hari Sabtu siang (5/5/12).

Bicara soal teknlogi baru mesin injeksi ini memang masih rada susah untuk dipahami (kecuali orang teknik mesin). Lebih tepatnya susah merubah mind-set. Tak heran jika pihak Yamaha Indonesia kerap mengundang blogger otomotif roda dua untuk sosialisasi dan pendalaman informasi dengan tujuan agar penulis blog lebih paham dan memiliki informasi up to date. Pasalnya, pada saat ini, industri otomotiif roda dua sedang bekerja keras melakukan transisi, yakni dari mesin karburator menuju mesin injeksi.

Hal yang dikuatirkan pihak Yamaha, adalah jika blogger otomotif roda dua salah memberikan informasi tentang teknologi injeksi ini yang nantinya akan mempengaruhi para pembacanya sehingga terjadi miss-understanding. Padahal teknologi injeksi seperti ini sudah diaplikasikan oleh Yamaha Indonesia sejak kehadiran Yamaha VXion yang kini sudah beredar secara luas di pasar otomotif Indonesia.

Blogger Otomotif Roda Dua sedang mempelajari lebih dalam Teknologi Injeksi Soul

Namun demikian, tak salah jika Yamaha perlu melakukan sosialisi informasi teknologi injeksi ini lewat G Soul. Kabarnya, setelah pertemuan ini, blogger otomotif roda dua kembali bakal diundang Yamaha Indonesia untuk sesi workshop di training center Yamaha. Oh ya, bagi rekan-rekan pembaca yang ingin memahami lebih dalam soal teknologi injeksi ini, silahkan berkunjung ke blog TMCBlog atau IWB, karena kedua rekan ini adalah blogger spesialis menulis artikel sepeda motor.

Spesifikasi mesin Soul GT menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm. Nah, motor ini mengusung teknologi mutakhir Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) yang  sudah dilengkapi dengan forged piston dan diasil cylinder untuk meningkatkan performa dan durabilitas mesin.

Ada tiga makna GT, jika dilihat dari sisi target konsumen yaitu lelaki maka GT berarti Gentle. Dari sisi kecanggihan teknologi YMJET-FI, GT berarti Great Technology/Green Technology. Dari sisi desain motor yang terinspirasi Muscle Car Modern khas Amerika, GT berarti Grand Tourismo/Grand Touring. Yamaha memasarkan Soul GT dengan banderol harga Rp 13.900.000 untuk on the road Jakarta dan sekitarnya.

Blogger Otomotif Roda Dua terlibat dalam obrolan santai seputar Teknlogi Injeksi

Yamaha sengaja menciptkan Soul GT dengan sasaran untuk pria yang ingin tampil beda, berjiwa muda dan enerjik. Menurut Yamaha, motor ini sangat pas buat pria metropolis mencerminkan jati dirinya terutama saat tampil di tengah pergaulan zaman sekarang. Namun bisa jadi motor ini dipakai oleh kaum hawa. Artinya motor matik ini bisa dipakai oleh siapa saja yang sudah memiliki SIM.

Ciri khas yang menonjolkan karakter kuat Soul GT tampak jelas pada desainnya yang sangat macho, berbeda dengan motor matik lain. Desain Soul GT terinspirasi dari otot bodi mobil modern khas Amerika, menebarkan kesan berotot layaknya lelaki sejati terlihat dari lekuk bodi motor dengan garis-garis desain tajam menggambarkan DNA sport khas Yamaha.

Identitas paling menonjol dari desainnya dapat dilihat pada lampu depan (front lamp) berbentuk seperti sorot mata tajam dan agresif yang mempertegas kesan powerful. Bentuk lampu depan itu terinspirasi dari grill depan mobil modern Amerika. Lampu senja (position lamp) Soul GT yang berbentuk angel eye (mata malaikat) juga menjadi ciri lainnya yang memperkuat kesan sporty dan macho. Lampu angel eye itu terinspirasi dari lampu sedan mewah Eropa.

Tampilan Engine Cutting Yamaha Soul GT berteknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI)

Fitur menarik Soul GT lainnya yang membuatnya unik dan tidak ada pada motor lain adalah area speedometer terinspirasi dari detail 3D chronograph yang terdapat pada merek jam mahal dan ternama buat pria. Juga aksen persegi delapan (octagonal bezel) yang menambah kesan macho Soul GT.

Logo Yamaha pada Soul GT pun mengambil karakter desain logo yang diciptakan Yamaha yaitu 3D seperti yang terdapat pada Mio Fino dan Jupiter MX. Kelengkapan fitur-fitur Soul GT lainnya yang menunjang aktivitas seperti bagasi yang lapang, integrated key shutter dan tangki bensin yang besar merupakan keuntungan lainnya buat penggunanya.

Untuk pemilihan warna buat Soul GT pun diihami dari muscle car modern khas Amerika dengan warna dasar mencolok dan permainan striping minimalis sehingga lebih fokus pada lekuk bodinya yang macho. Yamaha menawarkan tujuh warna Soul GT yaitu Fighting Red, Masculine Blue, Lightning Green, Sirius Black, Lunar White dan warna baru Deep Purple dan Armor Bronze.

Blogger Otomotif Roda Dua mengamati lebih dekat GT Soul dalam suasana outdoor

ALBUM PHOTO

Leave a Reply