Sang Penjelajah Kang JJ Menguji BMW R 1150 GS Adventure

2 Mei 2012. Sang Penjelajah dunia asal Indonesia, Jeffrey Polnaja atau akrab dipanggil Kang JJ, menyatakan telah siap memulai perjalanan keliling dunia seorang diri dengan sepeda motor besar BMW R 1150 GS Adventure. Lelaki kelahiran kota Bandung tahun 1962 itu, sejak 27 April 2012 yang lalu telah berada di Paris, Perancis setelah melakukan penerbangan dari Jakarta. Hal ini sesuai agenda yang disampaikan di acara press-conference hari Senin 23 April 2012 yang lalu. 

“Saya tiba di Paris dalam kondisi stamina yang prima dan siap memulai penjelajahan,” ujar Kang JJ itu. Ditambahkannya, bahwa pendaratan di Paris bertujuan untuk penyesuaian cuaca (klimatisasi) sekaligus pengetesan motor R 1150 GS sebelum ia menghadapi medan penjelajahan yang sesungguhnya. Suhu udara di Paris sendiri kini berada pada kisaran cukup lembab, yaitu 8 derajat selsius.

Pada hari Selasa (1/2) kemarin, Jeffey melaporkan telah melakukan pengetesan pertama R1150GS sejauh 400 kilometer menuju Moerbeke, Belgia. Ini merupakan pertemuan pertama Jeffrey dengan sepeda motornya setelah 3 tahun menanti. BMW R 1150 GS merupakan sepeda motor yang sama dipakai Kang JJ saat menaklukan misi “Ride for Peace” yang pertama untuk menjelajah 72 negara di tahun 2006 s/d 2008 yang lalu.

Sejak finish di Jerman pada 2008, sepeda motor yang telah menjadi kawan sejatinya tersebut dititipkan kepada sahabat-sahabatnya yang tergabung dalam BMW Motor Club Vlaanderen, di Belgia.

“Saya melakukan pengetesan jalan sekitar 400 km. Saya ingin memastikan bahwa motor ini secara teknis siap menemani penjelajahan keliling dunia yang kedua yang tak kalah menantang dari misi pertama Ride for Peace. Sejauh ini kondisi sepeda motor dalam keadaan kuat, dan saya bisa menyatu dengannya,” ucap Jeffrey.

Selama berada di Belgia, BMW R 1150 GS produksi 2005 itu telah menerima beberapa modifikasi dan perkuatan dari timVlaanderen. Dalam pengetesan itu, Jeffrey melintasi kota Brussel, Gent dan Brugge. Di tengah tekanan cuaca yang masih cukup dingin, Jeffrey berkendara dalam kecepatan maksimum 160 km/jam atau disesuaikan dengan batas kecepatan yang diizinkan disebuah wilayah negara.

Dalam beberapa hari kedepan Jeffrey juga akan melakuan pengetesan perjalanan di Autobahn, Jerman, dimana tidak terdapat ketentuan batas kecepatan laju kendaraan. Perjalanan Jeffrey kali ini merupakan penjelajahan keliling dunia seorang diri yang kedua dengan sepeda motor. Pada kesempatan ini, Jeffrey masih menempel plat nomor polisi Bandung “D 5010 JJ” (bermakna “Solo JJ”), dan mengemban misi “Ride for Peace – Solo Riding Exploring Five Continents on Two Wheels.

Jeffrey akan berkelana sejauh 220.000 KM melintasi beberapa negara di Eropa, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Australia. Penjelajahan kedua ini tak kalah menantang dari misi pertama, dimana dia melintasi negara-negara di Asia, Afrika, dan Timur Tengah.

Tak kurang dari 30 negara yang akan disinggahi Kang JJ, mulai dari Perancis, Belgia, Belanda, Jerman, Skandinavia, Polandia, Rusia, Korea Selatan, Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Kuba, Kolombia, Nikaragua, Bolivia, Brasil, Argentina, Peru, Selandia Baru, Australia, dan Timor Leste.  Jeffrey direncanakan akan tiba di Jakarta pada tahun 2014.

Leave a Reply