Video VespaS 150ie & Sergio Mosca

3 Mei 2012. Bro.. silahkan simak video penjelasan tentang sejarah Vespa di Indonesia, dan juga tentang kehadiran Vespa S 150ie yang direkam pada acara “Piaggio Indonesia Rayakan Ulang Tahun Vespa ke-66 & Luncurkan VespaS 150ie” yang berlangsung di Ocha & Bella Jl. Wahid Hasyim No. 70 Menteng, hari Kamis 26 April 2012 yang lalu.

Sebagai catatan singkat bahwa produk scooter Vespa pertama kali diproduksi pada tahun 1946 di pabrik Piaggio & Co. S.p.A. Pontedera, Itali. Harus diakui bahwa sejak dulu nama Vespa di Indonesia berjaya sebelum merek Jepang mendominasi seperti saat ini.

Dalam perjalanannya, pabrik Vespa yang pernah ada di Pulo Gadung Jakarta meredup sekitar tahun 1990-an. Setelah ditunggu lama, akhirnya nama Vespa kembali hadir di bulan Juni 2011 melalui perusahaan PT Piaggio Indonesia yang menjual produk Vespa modern jenis scooter matic yang di import dari pabrik Vespa di Vietnam.

SL.com & Sergio Mosca, Managing Director PT Piaggio Indonesia

Tak heran jika kehadiran alias kembalinya nama brand Vespa melalui PT Piaggio Indonesia disambut baik oleh Vespa Lovers di Indonesia, demikian pula disambut baik oleh Gubernur DKI Jaya Fauzi Bowo.

Sergio Mosca selaku Managing Director PT Piaggio Indonesia kini menjadi sosok penting yang telah membangun kembali nama Vespa di Indonesia pada saat ini. Naiknya pamor Vespa belakangan ini tentunya tak lepas dari sosok Sergio Mosca. Siapakah dia?

“Bagi Vespa, Indonesia adalah sangat penting karena pertumbuhan ekonomi dan pasar otomotifnya yang tinggi sehingga kamipun  hadir disini mengharapkan adanya peningkatan penjualan. Brand Vespa  sudah melekat dihati masyarakat Indonesia, dan produk kami memiliki desain tradisional, serta gaya retro yang menjadi nilai tersendiri,” papar Sergio Mosca di acara 66Tahun Vespa.

Profile Sergio Mosca

Sergio Mosca lahir tahun 1960 ini memiliki gelar sarjana politik sangat bangga dengan brand Vespa yang sudah melekat di hati masyarakat Indonesia. Iapun mengakui Vespa merupakan ikon otomotif dari Italia yang paling disukai di Indonesia, pasalnya komunitas Vespa di Indonesia adalah kounitas terbesar kedua di dunia setelah Italia, dengan jumlah anggota lebih dari 40 ribu orang.

Sergio mengawali karirnya di sebuah bank swasta. Namun tak lama, ia bergabung dengan Fiat Group. Selama hampir 10 tahun, ia menghabiskan waktunya di divisi pengembangan bisnis. Ia pun sempat ditugaskan ke perwakilan Fiat di Iraqdan bekerja di Baghdad. Kemudian, ia bergabung ke kantor perwakilan Fiat ASEAN yang mana akhirnya ia berhasil menjadi Kepala Perwakilan.

Sergio bergabung Piaggio Group sebagai Manajer Wilayah Timur Jauh tahun 1995. Ia bekerja hampir empat tahun di Singapura, dan berhasil melebarkan sayap perusahaan ini di seluruh wilayah dan mendapat sejumlah importir baru. Sergio kembali ke markas besar di Italia pada 1999 dan ia dipercaya untuk menjabat posisi baru di bidang penjualan ekspor hingga akhirnya iapun ditugaskan ke pasar Eropa, Timur Tengah dan Afrika sebagai Importir Vice President.

Selama lima tahun, ia berhasil menunjukkan kontribusinya dan meluaskan serta memperkuat keberadaan Piaggio di lebih dari 60 pasar. Pada awal tahun 2011, iapun ditugaskan untuk memimpin proyek di Indonesia membuka kembali penjualan Vespa di Tanah Air yang memang dirasakan bahwa pasar otomotif di Indonesia sangat penting bagi Piaggio.

2 thoughts on “Video VespaS 150ie & Sergio Mosca

  1. Aank Wijaya says:

    Vespa kembali bersinar di tanah air indonesia nii..
    setelah lama vakum dan juga tergantikan oleh matic ,kini kembali memunculkan diri..
    tapi designnya biasa ajha,dan katanya harganya mahal ya???
    karena langka kali ya!!!

    • yah… kalo mau beli barang iconiq and legend harus keluar duit lebih lah… kalo mau beli yg murahan ya beli scoopy retro wannabe…

Leave a Reply