Target Car Best Buys Awards 2012

24 April 2012. Pangsa pasar otomotif di Tanah Air dari tahun ke tahun semakin bergairah, hal ini ditandai dengan semakin maraknya jenis, tipe, motor atau mobil baru yang beredar di Indonesia. Keragamannya ini tentu sangat baik karena memberikan banyak pilihan, tapi disisi lain juga membuat bingung para calon pembelinya. Atas dasar itu Majalah Target Car yang merupakan bagian dari Majalah Autocar MRA Group mengadakan acara Target Car Best Buys Awards 2012 di E’Corner Epicetrum Walk Kuningan, Jakarta Selatan pada hari Senin (23/4/12). 

Cikal bakal Target Car Best Buys Awards dimulai pada tahun 2008. Kala itu, Target Car mengumpulkan sejumlah mobil yang beredar di pasar otomotif Indonesia berdasarkan kelasnya, dan kemudian memilih satu mobil tebaik disetiap kelas mobil tersebut. Oleh Target Car, prosesi itu dinamakan Best of The Best Cars.

Reza Erlangga, Project Leader Majalah Target Car

Reza Erlangga, Project Leader Majalah Target Car mengatakan, “Award ini kami adakan sebagai barometernya APM terhadap mobil produksinya, dan juga wujud apresiasi kami kepada APM atas mobil terbaik yang berhasil lolos pengujian terstruktur dengan alat uji terukur.”

Maksud dan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memudahkan konsumen mencari mobil terbaik idaman mereka, yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Apalagi, tidaklah mudah memilih mobil yangs sesuai dengan kebutuhan konsumen karena saat ini ada banyak pertimbangan yang menyertainya, mulai dari masalah teknis, spesifikasi, fungsi, hingga kepraktisan.

Kompleksitas inilah yang menjadikan calon pembeli lebih amat berhati-hati, dan mereka rela mengumpulkan brosur, membaca majalah, browsing di internet, hingga membandingkannya satu sama lain sampai kepada melakukan uji jalan (test-drive).  Semua langkah tersebut dirangkum dan dilengkapi dengan pengujiian terstruktir memakai alat uji yang terukur.

Hasilnya Target Car menentukan apa mobil yang terbaik dikelasnya. Inilah yang menjadi pondasi dari Target Car Best Buys Awards. Dan khusus di ajang Target Car Best Buys Awards 2012 ini, Target Car telah menganalisa 70 mobil-mobil yang masuk nominasi dan dijual di Indonesia dan mengelompokkannya ke dalan 26 kategori / kelas.

Finalis disetiap kelas tersebut di adu kembali memakai standarisasi uji kendaraan dari majalah Autocar (induk majalah Target Car) yang terkenal lebih presisi dan mendapatkan satu mobil terbaik di kelasnya. Adapun parameter pengujiannya adalah mengenai fungsi, desain, dan rekayasa, performan, pengendalian, pengendaraan, pengereman, dan konsumsi BBM.

Tim Liputan SL.com hadir pada acara award tersebut dan melihat sendiri para perwakilan para petinggi APM peraih award yang hadir, dan mereka berhak mendapatkan plakat penghargaan dari Target Car Best Buys Awards 2012. Usai penyerahan piagam, acara dilanjutkan dengan foto bersama  dengan awak media Target Car, Autocar, dan pihak sponsor dari TOP 1.

Awak media Target Car & Autocar

Selanjutnya ini dia 26 mobil terbaik 2012 versi Majalah Target Car:

1. Best City Car: Nissan March XS AT

2. Best Small Saloon: Mazda 2 Sedan R AT

3. Best Medium Saloon: Toyota Corolla Altis 2.0 AT

4. Best Large Saloon: Hyundai Sonata 2.4 AT

5. Best Compact Executive Saloon: BMW 325i

6. Best Executive Saloon: Audi A6 3.0 TFSI

7. Best Luxury Saloon: Mercedes-Benz S 500 L

8. Best Small Hatchback: Ford Fiesta 1.6 Sport

9. Best Hatchback: VolksWagen Golf 1.4 TSI

10. Best Compact MPV: Daihatsu Xenia 1.3 ATTIVO

11. Best Medium MPV: Honda Freed E AT

12. Best Large MPV: Toyota Kijang Innova

13. Best Medium Luxury MPV: VolksWagen Touran

14. Best Large Luxury MPV: Mazda 8 2.3 AT

15. Best Small SUV: Daihatsu Terios TX AT Adventure

16. Best Medium SUV: Chevrolet Captiva Diesel

17. Best Large SUV: Mitsubishi Pajero Sport

18. Best Compact SUV 4X4: Range Rover Evoque 2.2 Diesel

19. Best Large SUV 4X4: BMW X5 Xdrive 30d

20. Best Compact Crossover: Nissan Juke RX AT

21. Best Medium Crossover: Peugeot 3008

22. Best Sport SUV: BMW X5 M

23. Best Hot Hatch: Mini Cooper John Cooper Works

24. Best Roadster: Mazda MX-5

25. Best Coupe: Peugeot RCZ Premium 1.6 urbo AT

26. Best Double Cabin: Nissan Frontier Navara

ALBUM PHOTO

Leave a Reply