Mobil MPV Suzuki Ertiga Hadir di Indonesia

23 April 2012. Setelah ditunggu lama, akhirnya PT Suzuki Indomobil Motor sebagai ATPM mobil Suzuki meluncurkan model terbarunya, yaitu SUZUKI ERTIGA dengan model MPV 3-baris kursi penumpang yang kompak pas untuk keluarga masyarakat Indonesia. SL.com melihat langsung acara peluncuran Suzuki Ertiga ini yang berlangsung di Ballroom Gran Melia Hotel, Jl. H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta pada hari Minggu sore (22/4/12).

Sebelum selubung Suzuki Ertiga dibuka, acara didahului dengan beberapa kata sambutan, antara lain dari Mr. Akira Utsumi sebagai President Director PT Suzuki Indomobil Motor & PT Suzuki Indomobil Sales yan menjelaskan tentang alasan Suzuki menerlurkan produk terbarunya Suzuki Ertiga untuk pasar otomotif Indonesia.

Kemudian kata sambutan dilanjutkan oleh Mr. Toshihiro Suzuki sebagai Representative Director & Executive Vice President Suzuki Motor Corporation yang menjelaskan tentang sejarah dan kehadiran Suzuki di Indonesia yang dimulai dari mesin tenun untuk pabrik tekstil di Indonesia. Setelah itu sambutan dari pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Bapak Budi Darmadi dari General Minitry of Industry (Direktur Jendral Menteri Perindustrian Indonesia).

Menyimak presentasi soal produk Suzuki Ertiga cukup menarik, yang disampaikan langsung oleh Mr. Hisanori Matsushima, Chief Designer Vehicle Line II dari Suzuki Motor Corporation yang menjelaskan seluk beluk konsep dan desain Suzuki Ertiga, baik tampilan luar (eksterior) maupun tampilan dalam (interior).

Presentasi terakhir diberikan oleh Mr. Toshikatsu Hibi, Chief Engineer Vehicle Line II dari Suzuki Motor Corporation yang menjelaskan tentang spesifikasi Suzuki Ertiga, dari sisi mesin, tenaga, dan fitur-fitur lainnya yang diunggulkan dari Suzuki Ertiga.

Mobil jenis MPV kompak dengan kapasitas 7 penumpang dari Suzuki Ertiga tampaknya memang dipersiapkan oleh Suzuki untuk bersaing dengan Avanza dan Xenia yang lebih dulu eksis dan diterima secara luas oleh masyarakat Indonesia. Tak heran jika Suzuki ikut memproduksi mobil MPV walaupun baru belakangan hadir. Setidaknya Suzuki mencoba peta persaingan mobil MPV dengan harga jual yang lebih kompetitif.

Harga

Pilihan model Suzuki Ertiga tersedia 3 model, adapun harga jual On The Road DKI Jakarta dan sekitarnya, antara lain untuk tipe GA Rp 143 juta; tipe GL Rp 153 juta; dan yang paling mewah adalah tipe GX Rp 165 jutaan.

“Suzuki Ertiga telah didesain sedemikian rupa sehingga ruang kabinnya yang lebih lega, nyaman, anggun, stylish, dan juga hemat bahan bakar dengan harga jual mulai Rp 143 jutaan,” jelas Endro Nugroho sebagai Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales.

Effisien BBM

Ertiga menggunakan mesin berbahan bakar bensin berkapasitas 1.4 liter tipe K yang ringan dan kompak.  Dengan mesin K14B ini memiliki displacement 1.373 cm3, maksimum output 70kW / 6.000 rpm, dan maksimum torsi 130 Nm / 4.000 rpm. Air intake dilengkapi dengan proses dan mekanisme VVT yang mengontrol Valve Timing secara optimal dan mengurangi gesekan (friction), sehingga meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Sejak putaran 1.500 rpm mesin sudah dikondisikan supaya bergerak diputaran 77% dari putaran maksimum sehingga mesin ini menjadi lebih mudah untuk ditangani. Dengan demikian, berapa sih konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga?

Berdasarkan hasil pengetesan internal Suzuki, baik yang dilakukan di Indonesia maupun di India, secara rata-rata Suzuki Ertiga sanggup menempuh jarak sekitar 16,3 km untuk 1 liter bahan bakar. “Hasil tersebut didapat dari pengetesan yang dilakukan di berbagai kondisi jalan secara kombinasi, baik di Indonesia maupun di India. Didapat hasilnya sekitar 16,3 km per liter,” tambah Endro Nugroho.

Pengetesan tersebut dilakukan pada berbagai kondisi jalan, juga dengan beragam kondisi cuaca, bahkan pernah di tes dengan cuaca bersalju. Sementara di Indonesia, kepadatan lalu lintasnya jadi tantangan tersendiri bagi konsumsi BBM Ertiga. “Kalau mau membuktikan sendiri, silakan mencoba dan mengetes konsumsi bahan bakarnya, kami jamin bakal efisien,” jelas Endro.

Suzuki mengklaim Ertiga merupakan mobil 3-baris kursi penumpang yang di disain khusus dengan disain yang anggun, pengaturan kursi/ seat arrangement yang sangat efisien sehingga semua penumpang merasa nyaman di masing-masing tempat duduknya. Yang pasti Ertiga akan menjawab keinginan pasar Indonesia yang mendambakan kehadiran kendaraan baru model MPV 3-baris kursi penumpang yang memiliki dimensi panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm, dengan jarak sumbu roda : 2.740 mm.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

4 thoughts on “Mobil MPV Suzuki Ertiga Hadir di Indonesia

  1. Tri Pambudi says:

    JADILAH ANDA YANG PERTAMA MENGGUNAKAN SUZUKI ERTIGA
    SUZUKI ERTIGA KENDARAAN KELUARGA YANG LEBIH IRIT, LEBIH MEWAH DAN LEBIH EKONOMIS

    UNTUK INFORMASI DAN PEMESANAN DAPAT MENGHUBUNGI (CALL/SMS) :

    TRI PAMBUDI
    GSM : 0812 9855 3534 / 0858 9040 1070 / 0819 059 555 34
    ESIA : 021 6025 8191

    PROSES CEPAT DAN DIBANTU (KHUSUS AREA JAKARTA, DEPOK, TANGERANG & BEKASI)

  2. Tri Pambudi says:

    JADILAH ANDA YANG PERTAMA MENGGUNAKAN SUZUKI ERTIGA
    SUZUKI ERTIGA KENDARAAN KELUARGA YANG LEBIH IRIT, LEBIH MEWAH DAN LEBIH EKONOMIS

    UNTUK INFORMASI DAN PEMESANAN DAPAT MENGHUBUNGI (CALL/SMS) :

    TRI PAMBUDI
    GSM : 0812 9855 3534 / 0858 9040 1070 / 0819 059 555 34
    ESIA : 021 6025 8191

    PROSES CEPAT DAN DATA DIBANTU (KHUSUS AREA JAKARTA, DEPOK, TANGERANG & BEKASI)

  3. […] Hanya dalam waktu 6 bulan, sejak pertama kali Suzuki Ertiga meluncur pada bulan April 2012 lalu (artikel launching Suzuki Ertiga), ternyata kehadiran mobil MPV Ertiga milik pabrikan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bisa dibilang […]

  4. […] Ertiga yang sudah ada sebelumnya. Suzuki Ertiga pertama kali diluncurkan dengan versi manual pada 22 April 2012, kemudian meluncur versi AC blower dan terakhir ini adalah versi […]

Leave a Reply