Return of DATSUN di Indonesia

4 April 2012. Rumor tentang kembalinya mobil merek Datsun di Tanah Air akhirnya secara resmi ditegaskan oleh Vincent Cobee, Corporate Vice President of Nissan Motor Co., Ltd. dalam acara jumpa pers bertempat di Ballroom XXI Djakarta Theater, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat pada hari Selasa siang (3/4/12). Ya benar, bahwa Nissan Motor Company sebagai induk perusahaan Datsun akan kembali meramaikan merek Datsun dalam penetrasi industri otomotif Indonesia mulai tahun 2014. 

Sebenarnya rumor ini sudah santer sejak CEO Nissan, Carlos Ghosn pada bulan Maret yang lalu datang ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dimana pada saat itu Ghosn secara resmi mengumumkan tentang kebangkitan perusahaan Datsun yang akan memperkuat pijakan di pasar di negara berkembang, seperti Indonesia, India dan juga Rusia.

Melalui obrolan santai SL.com dengan Vincent Cobee usai acara press conference, diakui oleh Vincent penjualan mobil Nissan di Indonesia selama ini terus berkembang, dan hal ini memberikan keyakinan kepada perusahaan Nissan apabila Datsun dihadirkan kembali di Indonesia maka dipastikan merek ini bakal diterima oleh masyarakat Indonesia mengingat populasi penduduk dan ekonomi Indonesia yang juga terus bertumbuh.

Salah satu pilar dari rencana bisnis Nissan dengan sebutan Nissan Power 88 adalah memiliki rencana business expansion dalam jangka waktu menengah (mid-term). Oleh karena itu, dengan Datsun nantinya akan membawa sesuatu yang baru, berbeda, dan menawarkan produk yang lebih murah (low cost), ramah lingkungan, hemat bahan bakar, mengikuti Green Car Program.

Brand Datsun diharapkan akan sangat menjanjikan untuk konsumen Indonesia, karena target pasar merek mobil ini adalah “middle class” yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia secara luas.  Nantinya setiap model mobil Datsun akan memiliki embody aspiration, reliability/durability dan berbagai keunggulan yang menarik.

Untuk info selengkapnya silahkan simak slide presentasi (klik Album Photo di bawah) yang telah disajikan oleh Vincent Cobee, Corporate Vice President of Nissan Motor Co., Ltd dan berikutnya slide dari Ryoichi Kuraoka, Product Chief Designer, Global Design Center of Nissan Motor Co., Ltd. Slide presentasi diberikan dalam acara press conference yang dihadiri oleh puluhan wartawan nasional.

ALBUM PHOTO

One thought on “Return of DATSUN di Indonesia

  1. […] Pemilihan agensi global sebagai partner Datsun menandai langkah penting bagi pengembangan brand seiring dengan waktu yang semakin dekat dengan momen peluncuran rangkaian pertama dari sejumlah model baru persembahan Datsun secara global termasuk di Indonesia (baca artikel ini). […]

Leave a Reply