IRC Int’l Motocross Championship 2012 Seri-1

image006

2 April 2012. Pada hari Minggu (1/4), warga di sekitar Jalan Raden Saleh, Kalimulya Depok Jawa Barat digemparkan dengan penampilan dari kroser-kroser asing yang bertanding pada ajang IRC International Motocross Championship 2012. Sirkuit AHRS Motocross jadi tempat pertama dilaksanakannya ajang kejuaraan motocross paling bergengsi di Indonesia ini. 

Sekitar 2000 penonton datang menyaksikan dan memadati aksi balap garuk tanah ini. Antusiasme massa yang begitu besar ini membuat pihak Lightning Production, selaku E.O balap motocross ini mengharapkan bisa menggelar acara serupa di masa mendatang.

Ratusan crosser dari berbagai kelas berlaga untuk menjadi yang terbaik di kelasnya. Setidaknya ada 11 kelas yang terdiri dari, MX2 International, MX 2 Nasional, Special Engine 85 cc, Special Engine 65 cc, MX2-Junior, Special Engine 50 cc, Special Engine 65 Novice, MX2 Novice, Special Engine 125-Ex Pro, Special Engine 125-Executive dan Special Engine 125.

Di awal perlombaan, pancaran sinar Sang Surya tidak sanggup mematahkan semangat para crosser yang berlomba dalam menaklukkan lintasan tanah sepanjang 1,2 milik juragan Asep Hendro ini. Menurut beberapa Crosser mengatakan lintasannya agak sempit tapi variatif dan dihiasi dengan beberapa ramp, table top, bumps, dan lain sebagainya.

Banyaknya handycap yang disajikan menjadikan balapan ini sebagai tontonan dan hiburan yang menarik. Bahkan di penghujung balap yang menyisakan 2 kelas, hujan turun dengan deras, membuat arena semakin becek, lebih menantang dan seru.

Yang menarik Ketua PP IMI, Komjen Polisi Nanan Sukarna sempat hadir ke lokasi balapan motocross ini dan secara resmi membuka ajang IRC International Motocross Championship 2012 seri I. “Para crosser harus memiliki nyali seperti slogan IMI yaitu gaspol dan world class”, kata Nanan dalam sambutannya.

Ban IRC  iX-05H dan iX-09W yang diproduksi PT Gajah Tunggal Tbk, menjadi ban resmi yang wajib dipakai oleh seluruh crosser di ajang IRC International Motocross Championship 2012. Ketangguhan ban ini sudah tidak diragukan lagi dalam melumat lintasan tanah. Pasalnya ban IRC iX-05H dan iX-09W sebelumnya telah dilakukan pengetesan oleh crosser ternama Tanah Air seperti Andre Sondakh, Deni Orlando, dan Farhan Hendro.

“PT Gajah Tunggal Tbk berkomitmen untuk memajukan dunia balap di Indonesia, salah satunya dengan mensponsori Kerjurnas Motocross 2012 ini. Ban IRC iX-05H dan iX-09W yang dipakai dalam ini balap ini, membuktikan Ban IRC memiliki kemampuan dan membantu crosser dalam bertanding,” ungkap Arijanto Notorahardjo, General Marketing PT Gajah Tunggal Tbk.

Di kelas MX2 merupakan kelas utama yang mempertemukan crosser terbaik Nasional dan crosser asing. Di kelas MX2 Internasional ini,  crosser asal Australia Nick Sutherland dari Tim Husqvarna Evalube INK IRC berhasil jadi yang terdepan. Sementara Farhan Hendro dari Tim Cargloss AHRS IRC dan Agi Agasi harus puas menempati podium dua dan tiga.

Di kelas MX2 Nasional, Agi Agasi berhasil menjadi juara pertama dengan total poin 45, disusul pada tempat kedua Farhan Hendro yang berhasil mengumpulkan 44 point dan Andre Sondakh, crosser asal Sulawesi Utama cukup puas di posisi tiga dengan total point 41.A

VIDEO

ALBUM PHOTO: Action Kroser, Podium Winner, Dancer dan UG IRC

Leave a Reply