Program CSR Suzuki Peduli Pendidikan

31 Maret 2012. Sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengadakan program kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan tajuk “Suzuki Peduli Pendidikan” yang meliputi Suzuki Peduli Pendidikan, Suzuki Peduli Kesehatan, dan Suzuki Peduli Lingkungan. 

Program CSR Suzuki Peduli Pendidikan, berupa penyerahan penyediaan fasilitas laboratorium dalam bentuk unit mesin atau engine mobil APV kepada Fakultas Teknik Mesin, di Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Institut Sains & Teknologi (IST) AKPRIND Yogyakarta, Jl. Kalisahak no. 28, Yogyakarta.

Tujuan dari kegiatan CSR ‘Suzuki Peduli Pendidikan’ ini adalah suatu bentuk kepedulian PT SIM dan SIS terhadap dunia pendidikan terutama pada civitas akademika dalam menunjang dan mempermudah proses kegiatan belajar dan mengajar serta memperkaya khasanah ilmu pengetahuan mengenai mesin mobil serta teknologinya bagi pembekalan mahasiswa yang bermanfaat untuk dipraktekan di dalam dunia kerja. Hal ini dilakukan mengingat Perguruan Tinggi memerlukan suatu kelengkapan sarana pendidikan yang memadai untuk menunjang kegiatan tersebut.

Mengapa bantuan berupa mesin Suzuki APV? Mesin atau engine APV diberikan untuk memberikan gambaran kepada para akademisi tentang teknologi mesin terkini (injection) yang saat ini dipakai oleh semua APM (Agen Pemegang Merek) kendaraan bermotor di Indonesia, khususnya dipergunakan di Suzuki APV sebagai kendaraan keluarga Indonesia.

Engine ini merupakan type engine G15A, berkapasitas 1500cc, 4-cylinder, 16-valve, dengan sistem Distributor Less Ignition, sudah memenuhi Emission Control standar Euro II yang ramah lingkungan, hemat bahan bakar namun tetap bertenaga di jalan lurus maupun di tanjakan.

PT SIM dan PT SIS melihat kendaraan Suzuki APV ini merupakan produksi Indonesia yang dikerjakan oleh anak bangsa yang terpilih. Hal ini menjadi kebanggaan bagi PT SIM dan PT SIS karena telah ditunjuk oleh principal, Suzuki Motor Corporation, Jepang sebagai mother plan Suzuki APV, yang hanya diproduksi di Indonesia.

Melihat perjalanannya, Suzuki APV merupakan MPV yang diluncurkan ke pasar domestik sejak tahun 2004. Animo masyarakat terhadap kendaraan semi bonnet ini sangat baik dan besar dilihat dari penjualan yang sangat signifikan sampai saat ini.

PT SIM dan SIS melihat respon positif tersebut untuk melakukan penetrasi dan menembus pasar internasional dengan memulai ekspor perdana pada tahun 2005 ke lebih dari 100 negara sampai saat ini dan sejak pertama diluncurkannya hingga tahun 2008, APV merupakan kendaraan yang memiliki kontribusi penjualan domestik yang tinggi bagi Suzuki.

Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumennya lebih baik lagi maka pada akhir tahun 2007 diluncurkan Suzuki APV Arena, yang merupakan minor change dari Suzuki APV sebelumnya. Kemudian di tahun 2009 ini, varian terbaru APV yakni APV SGX Luxury diluncurkan setelah melalui proses kreasi dan hasil inovasi terkini dan modern dengan sentuhan lebih mewah dan berkelas pada tampilannya.

Diharapkan dengan adanya program kepedulian pendidikan terhadap para akademisi khususnya kepada Institut Sains & Teknologi (IST) AKPRIND Yogyakarta ini, kami yakin akan memberikan makna dan konstribusi besar untuk dunia pendidikan yang akan mencetak tenaga-tenaga terampil di masa-masa yang akan datang. Harapan terbesar kami di masa depan adalah makin banyaknya sumber daya manusia Indonesia yang berpotensi, sehingga Indonesia makin maju dan berjaya dalam kancah persaingan Global.

One thought on “Program CSR Suzuki Peduli Pendidikan

  1. Wah Suuki Keren Yach….Inovatif bgt….

Leave a Reply