12 Tahun VIAR Motor Indonesia

22 Maret 2012. Wuih.. diam-diam ternyata merek sepeda motor nasional VIAR sudah berkibar sejak tahun 2000. Yah.. VIAR  adalah merek sepeda motor dari PT Triangle Motorindo yang memiliki tekad untuk menjadi salah satu produsen sepeda motor terkemuka di Indonesia. Dalam usianya yang ke-12, VIAR unjuk gigi dengan berbagai produk yang terungkap dalam acara Press Conference di Ballroom The Sultan Hotel, Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta gari Rabu kemarin (21/3/12).

SL.com turut hadir dalam acara press conference tersebut yang dihadiri oleh kalangan wartawan otomotif dan media ternama. Setidaknya SL.com yang baru pertama kali menulis tentang Viar melalui artikel ini semakin paham dan mengerti tentang keberadaan Viar di Tanah Air. PT Triangle Motorindo punya komitment untuk memproduksi sepeda motor Viar dengan beragam model dan jenis, bahkan mereka sudah memiliki pabrik sendiri seluas 20 hektar di Terboyo Industrial Park Semarang, Jawa Tengah.

Adapun pandangan dan kesan SL.com setelah mendengarkan penjelasan secara lengkap dari Ir. Akhmad Zafitra Dalie (AZ Dalie), General Manager Marketing PT Triangle Motorindo sebagai principal Viar Motor Indonesia, bahwa eksistensi Viar patut diperhitungkan dalam kancah industri sepeda motor nasional. Kita ketahui selama ini merek sepeda motor didominasi oleh merek Jepang, kemudian Eropa, dan belakangan dari India.  Kenapa harus diperhitungkan? Kita simak berikut ini.

VIAR ASLI INDONESIA

Dari konsepnya, Viar merupakan merek principal asli Indonesia mencakup aktifitas kantor, pabrikan, jaringan, legalitas, merek bahkan sumber daya manusia sekalipun, yang secara utuh adalah hasil dari putra-puti Indonesia. Memiliki visi dan misi yang menganut azaz-azaz yang berlaku di Indoensia.

Viar memiliki hasil produksi sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia yaitu harga terjangkau (ekonomis), mulai dari produk reguler motor bebek, motor usaha roda tiga, dan motor modern jenis skutik dan sport. Bahkan Viar sudah menggunakan produksi kandungan lokal, serta membangun jaringan industri lecil menengah (IKM) di Jawa Tengah khususnya di sekitar Semarang.

STRATEGY MANAGEMENT

Mungkin ada yang bertanya, selama 12 tahun Viar berdiri kemana saja? Koq ngga pernah terdengar namanya? Dari penjelasan AZ Dalie bahwa Viar yang berulang tahun di tanggal 23 Februari itu memiliki strategy management yang cukup apik.

Pertama, tahap Production Oriented dalam kurun waktu 5 tahun pertama antara tahun 2000 s/d 2005. Pada era lima tahun pertama, Viar lebih fokus kepada kepada pembangunan infrastruktur pabrik, manajemen dan sistem operasional.

Sistem infrastruktur pabrik  diimpor secara utuh atau CBU (Completely Built-Up) menuju ke sistem terurai mesin sampai bagian terkecil IKD (Incompletely Knocked Down), dimana tipe motor yang diproduksi pada saat itu masih tipe moped/bebek dari generasi APOLLO sampai generasi SPEED

Kedua, tahap Selling Oriented yaitu 5 tahun kedua antara tahun 2006 s/d 2010. Pada era lima tahun kedua Viar lebih fokus kepada pembangunan jaringan, baik jaringan penjualan, service, bahkan sparepart yang sudah dijalankan ke seluruh wilavah Indonesia, mulai dari Aceh, Nunukan sampai Ternate dan Kupang.

Fokusnya adalah penetrasi pasar dan memaksimalkan distribusi produk keseluruh Indonesia. Bahkan mulai tahun 2010, Viar sudah mempunyai 500 jaringan dealer menengah-besar kategori 3S (sales, service dan sparepart) yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada tabun 2009, Viar telah mengeluarkan spare-part sendiri dengan nama Viar Genuine Part.

Ketiga, tahap Marketing Oriented yaitu periode 5 tahun ketiga dari tahun 2011 s/d 2015. Untuk era lima tahun kedepan Viar akan lebih fokus kepada pengembangan kualitas layanan terhadap konsumen, baik kualitas produk dan variannya maupun kualitas pelayanan dan puma jual.

Tak lupa membangun pabrik dalam satu industri yang beintegerasi, dan terus membangun brand value. Membangun after sales service termasuk pembentukan Service Center, VIAR Peduli 1000 Bengkel, dan juga memproduksi dan mengembangkan produk dari Roda 2 dan Roda 3 yang pada saat ini masih terus dikembangkan.

INVESTASI

Peningkatan volume penjualan sepeda motor VIAR membuat perusahaan PT Triangle Motorindo menambah investasi sebesar USD 20 juta melalui ekspansi pabrik seluas 20 hektar di Bukit Semarang Baru. Jawa Tengah. Pabrik terbaru ini telah beroperasi pada awal tahun 2011.

Saat ini PT Triangle Motorindo telah mampu memproduksi sepeda motor secara IKD (IncompletelyKnocked-Down) dengan kapasitas produksi lebih dari 1000 unit per hari. Selain itu Viar sudah memiliki dukungan dari berbagai vendor part otomotif yang terbaik, dari dalam maupun luar negeri serta melalui ketatnya proses Quality Control. Hal ini untuk memastikan setiap produk sepeda motor VIAR yang dihasilkan oleh PT Triangle Motorindo merupakan produk yang berkualitas.

Hingga saat ini, tercatat sudah lebih dari 1000 dealer bergabung dalam jaringan penjualan serta layanan purna jual sepeda motor VIAR di seluruh Indonesia. Dari segi pembiayaan, Viar uga didukung oleh beberapa perusahaan leasing terkemuka. Hal ini semakin mengukuhkan eksistensi perusahaan PT Triangle Motorindo dan brand Vira dalam percaturan dunia otomotif Indonesia.

TARGET PENJUALAN

Satu dlasawarsa penjualan Viar sudah mencapai di atas 500.000 unit, bahkan untuk 5 tahun ke depan VIAR mematok target diatas 1.600.000 unit yang didukung oleh pabrik terbaru di Bukit Semarang Baru (BSB) Semarang, Jawa Tengah. Pabrik memiliki kapasitas produksi mencapai 40 ribu hingga 75 ribu per bulan.

Untuk 2012 Viar mematok target market share secara regional 3-5% untuk regional Jawa, 7-10% untuk regional luar Jawa. Atau secara total di tahun 2012, Viar menargetkan penjualan untuk seluruh varian 130.000 unit.

Pencapaian tahun 2011 kemarin adalah 70.030 unit. Jenis bebek masih mendominasi total market Viar yaitu mencapai 46, 1% dengan volume penjualan sebanyak 32.284 unit. Tipe Roda 3 mencapai 43,3%, atau 30.323 dan tipe Sport memberikan kontribusi 4,9% atau 3.431 unit disusul tipe Trail dan Matik.

Ir. Akhmad Zafitra Dalie (AZ Dalie) General Manager Marketing PT Triangle Motorindo (kiri)

Pada tahun 2012 ini, penjualan Viar diperkirakan mencapai angka 130 ribu atau naik 85% dan untuk lima tahun mendatang, penjualan Viar bisa mencapai 520 ribu unit per tahun. Hal ini didukukun oleh kesiapan pabrik diatas tanah 20 hektar. Dari pertanyaan SL.com kepada AZ Dalie soal kapasitas produksi pabrik, bahwa pabrik motor Viar ini mampu memproduksi sepeda motor hingga 76 ribu per bulan atau setara 912 ribu per tahun.

HARGA TERJANGKAU

Penasaran soal harga jual motor Viar? Bahwa penetapa harga jual Viar menganut prinsip “Ekonomo Berkualitas” dimana harga sepeda motor Viar terjangkau dengan standard kualitas yang baik, antara lain:

– tipe bebek matik OTR antara Rp. 8 juta s/d 9,9 juta
– tipe sport OTR antara Rp. 14 juta s/d Rp. 16 juta
– tipe roda tiga OTR antara Rp. 18 juta s/d Rp. 22 juta.

MediaSL pun sempat bertanya soal efisiensi BBM motor Viar, dijawab oleh AZ Dalie antara 30 km/liter s/d 35 km/liter.

Alamat Kontak PT Triangle Motorindo

KANTOR PUSAT
Jl. Danau Agung Selatan, Blok O III No. 38,
Sunter Jaya, Jakarta Utara 14350
Telp. 021-6583 2202 (Hunting), 65302078 (Hunting)
Fax. : (021) 6583 2157,Email : 
marketing@viarmotor.com

SMS Center : 
081399920038

PABRIK 
Terboyo Industrial Park Blok N-2 Semarang – 50118
Telp. 024-6585250 (Hunting), Fax. 024-6585251

ALBUM PHOTO: Acara Prescon, Sexy Dancer dan Photo Model

11 thoughts on “12 Tahun VIAR Motor Indonesia

  1. Ow ternyata VIAR sudah lama, tpi kok baru terdengarnya beberapa tahun belakangan ini ya?

    • Mungkin ada yang bertanya, selama 12 tahun Viar berdiri kemana saja? Koq ngga pernah terdengar namanya? Dari penjelasan AZ Dalie bahwa Viar yang berulang tahun di tanggal 23 Februari itu memiliki strategy management yang cukup apik.

  2. Aank Wijaya says:

    VIAR udah berdiri 12 tahun yang lalu..
    tapi kenapa baru terdengar beberapa tahjun belakangan ini ya,dan sebelumnya memang sudah banyak mengeluarkan product???
    disangkanya ini pabrikannya baru 4 tahunan ada diindonesia,ternyata udh 12 tahun..
    kira” dalam kurun waktu 12 tahu udah berapa jenis yang keluar???

  3. pengen pesen viar vix r yg baru, gmn caranya ya. ?

  4. Siti chotimah says:

    Saya punya ciar roda 3.bru 8BULAN KNPA MESINNYA udah masuk bengkel 5kali

  5. Toni wah yudi says:

    Viar brg ya bobrok sama dengan mocin lain sy beli baru sebulan Udah ke Bengkel 3x

  6. Barwis karbawan says:

    saya mau beli spare part Viar dimana alamatnya, saya posisi di semarang

  7. bentar lagi dilibas sama mocin2 kaisar motor nih :D
    kaisar mau bikin seri qjiang akan benelli cina.

  8. motor viar ku,byar pet ganti kiprok,lampu dan aki.itu tok,karburator bocor /meluap,ganti kampas kopling dan knalpot.

  9. opo ikii

  10. saya butuh teknisi untuk servis tiap bulan bisa datang ke rumah dan saya butuh onderdil yaitu ban luar 3 dan ban dalam 2. alamat saya di pluit muara karang, no HP saya 02196999971 tolong kerjasamanya , terimakasih

Leave a Reply