HUT Ke-28 Motor Antique Club Indonesia (MACI) Jakarta Raya

20 Maret 2012. Pada hari Sabtu 17 Maret kemarin, terlihat ratusan biker yang tergabung dalam Motor Antik Club Indonesia memadati Carburator Springs Cafe & Bengkel Bikers Station milik Bingky, milik builder motor Harley-Davidson yang beralamat di Jl. RC Veteran Bintaro Jakarta Selatan. Ada apa gerangan disana? Rupanya mereka sedang merayakan hari ulang tahunnya yang ke 28. 

Adapun tema yang diangkat dalam perayaan HUT MACI – Jakarta Raya adalah “New Generation MAC”. Tema ini sengaja dipilih berkaitan dengan kehadiran member baru yang juga sebagai member kehormatan, yakni AKBP Ipung Purnomo, KASAT LANTAS Polda Metro Jaya.

“Kami merayakan hari ulang tahun ke-28 sebagai ungkapan syukur sekaligus ajang kumpul-kumpul bagi seluruh anggota. Kehadiran Ipung Purnomo sebagai anggota kehormatan tentunya akan sangat berarti bagi kami khususnya dalam pembinaan klub MACI Jakarta Raya,” jelas Bro Ronny Setiawan Ketua MACI Jakarta Raya.

Turut hadir dalam perayaan ulang tahun tersebut beberapa biker dari ISHD, Outsiders Bandung, dan lain sebagainya. Hingga saat ini MACI telah beranggotakan lebih dari 1000 anggota dari 32 chapter se-Indonesia, dan khusus MACI Jakarta jumlahnya sekitar 250. Dalam perayaan yang bernuansa Rock & Roll tahun ini terlihat bahwa klub ini cukup solid. Hal ini terbukti dengan sapaan ramah plus jabat-erat khas biker kepada orang yang baru dikenalnya.

Pada tahun 2012 ini para member MACI berencana akan mengadakan kegiatan mirip kampanye, ibaratnya seperti  acara partai politik untuk sosialiasi kepada masyarakat luas. Dimana tujuannya dari kampanye itu adalah untuk mengenalkan, mengingatkan, dan mengajak masyarakat luas untuk melestarikan motor-motor antik sebagai salah satu benda-benda peninggalan sejarah. khususnya masyarakat Jakarta.

Hal ini memang patut diacungi jempol dan perlu mendapat dukungan, mengingat banyak anak muda jaman sekarang yang tidak mengenal atau bahkan tidak mengetahui merk-merek motor lawas yang kini sudah melegenda di dunia otomotif Tanah Air. Sebut saja beberapa merek terkenal, antara lain BSA, TRIUMPH, JAWA, PUCH, AJS, DKW, HOREX, INDIAN, VELLOCETE, NSU, MATCHLESS, SUNBEAM, LAMBRETTA, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, nama-nama merk motor tersebut diatas pernah beredar dan sangat populer di Indonesia antara tahun  1930-1975, dan sudah bisa dipastikan merek tersebut sangat asing untuk telinga anak muda jaman sekarang yang lebih didominasi merek motor asal Jepang.

Selain itu, tujuan kampanye dimaksukan juga agar koleksi dan sejarah motor-motor antik yang masih eksis di Indonesia menjadi salah satu acuan penting dalam dunia motor antik Internasional agar dapat dimanfaatkan sebagai p0tensi wisata sejarah dan budaya.

Nah.. kalau bro memang masih menyimpan motor antik hingga tahun 1975 dan ingin bergabung dengan MACI, silakan saja menghubungi sekretatriat terdekat MACI atau bisa langsung menghubungi Kantor Sekretariat Motor Antique Club Indonesia (MACI) Jakarta Raya, di Jl. Melati Raya No: 37, Kav. Duren Sawit, Jakarta Timur 13440 Telepon: +62 21 86603375.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

5 thoughts on “HUT Ke-28 Motor Antique Club Indonesia (MACI) Jakarta Raya

  1. Aank Wijaya says:

    motor yang terkumpul dalam acara ULTAH MACI ini apa ajha ya???
    #mautahu..
    banyak banget berarti ya yang kumpul!!!!

  2. aj_x Kancil says:

    Salut buat MAC Jakarta,dng ketua yg masih relatif muda. Mempunyai program yg jempol buat pelestarian motor “Antik” di indonesia

  3. Mau gabung…biasa nongkrong dimana dan hari apa aja? Salam bro

  4. sukses MAC,makin nambah pelangi dunia roda dua kita. salam kreatif dan sisterhood

  5. saya punya motor suzuki tahun 1962, belum menggunakan plat nomor, masih menggunakan stiker/cap untuk bayar pajak kendaraan , namun kondisinya tidak terawat, ada yang bisa bantu perbaiki, tarakhir di simpan dalam kondisi hidup, pernah ikut kontes juara 2 tahun 90an,

Leave a Reply