Touring RAKOM: Gunung Bunder Jabar

Kawasan Gunung Bunder milik Perhutani

Kebersamaan” itulah kata yang paling tepat atas suksesnya acara TOURING RAKOM yang digelar RAPI Wilayah Jakarta Selatan, Sabtu-Minggu 7 dan 8 Juli 2007.“Desa Gunung Bunder II” Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dikenal sebagai kawasan wisata Gunung Salak yang masih lebat dengan hutan pinus dan hutan produksi milik Perhutani.

Sebuah sumber pustaka menyebutkan lokasi ini masuk kawasan TNGHS atau “Taman Nasional Gunung Halimun-Salak”. Kawasan wisata alam Gunung Bunder telah lama populer di kalangan penggiat alam bebas ini dikelola oleh Perum Perhutani dan pemerintah daerah. Kawasan wisata ini menyajikan panorama hutan sekunder dengan air terjun alami dan pemandangan kawah yang menegluarkan asap belerang.

Pada tahun 2001, akses masuk ke kawasan ini semakin mudah seusai pembangunan jalan aspal, yang membawa dampak peningkatan kunjungan wisatawan dan pembangunan rumah peristirahatan bagi warga kota.

Tempat ini sangat bagus sekali untuk camping (camping ground/bumiperkemahan), hiking, atau treking mengambil jalur menantang ke puncak Gunung Salak (Kawah Ratu).

Kawasan ini sering dipakai untuk piknik keluarga, family gathering, company outing, pelatihan alam terbuka, dan outbound training.

Apa saja yang ada di Kawasan Gunung Bunder ini antara lain Curug Seribu, Curug Ngumpet, Curug Cigamea, Pemancingan Cipuray, Air terjun Cihurang. Untuk lebih lengkapnya baca Website ini.

Sebenarnya even Touring Rakom bersama Rapi Riders sudah yang kesekian kalinya tapi untuk yang satu ini tampak lebih ter-oganisir dan memang lebih rapi, sekaligus melibatkan anggota keluarga.

Acara tersebut diikuti oleh beberapa riders dan bikers yang biasa berkomunikasi di frekuensi RAPI khususnya penghuni frekuensi 142.600 Mhz, frekuensi kerja RAPI Wilayah Jakarta Selatan.

Tujuan touring ini semata-mata tidak hanya kebersamaan melalui kopdar (kopi darat) tetapi juga “holiday and fun” dengan suasana alam yang beda yaitu aktivitas outdoor a.l. menginap di lokasi perkemahan, dan hiking menuju wisata “curug” atau air terjun yang ada disekitar kaki Gunung Salak.

Team RAPI Jakarta Selatan

Dibawah ini beberapa point yang dapat dicatat dari pengalaman berharga mengikuti acara Touring Rakom ini:

    1. Touring Rakom yaitu dimana semua motor peserta dilengkapi dengan perangkat Rakom tapi Rakom ini bukan sebagai syarat utama dari kepesertaan. Ini sekedar menyalurkan hobi berkomunikasi buat yang ikut maupun yang tidak ikut dengan motor. Bagi breaker (pemain Rakom) yang ada dimobil maupun dirumah bisa monitor seluruh aktivitas tanpa terkecuali. Demikian pula station radio di lokasi acara ikut juga memantau perkembangan peserta yang sedang dijalan.
    2. Motor para peserta dari berbagai merek dan jenis. Hal ini setidaknya menuntut kesabaran dan kekompakan semua peserta yang terlibat. Bagi bikers yg bekarakter tidak sabaran (maaf), maka disinilah salah satu tempat ujian mental “brotherhood” karena setiap peserta memiliki jenis/merek motor yang berbeda.
Panorama Kaki Gunung Salak
  1. Usia para peserta beraneka ragam antara kaum muda dan usia lanjut. Yang menarik ada peserta berusia lanjut tetapi masih lebih kuat, lincah dari pada anngota berusia muda. Bagaimanapun saling menghormati dan respek antara sesama peserta adalah inti dari pada suksesnya acara seperti ini.
  2. Penginapan di tenda alias camping. Ini bukan persoalan mau hemat biaya, tetapi pengalaman kebersamaan dan membangun ke akraban sambil bertenda rasanya jauh lebih mahal harganya dari pada nginap di sebuah villa/cottage.
  3. Beberapa peserta membawa moniq-moniq (red=anak-anak). Kebetulan liburan sekolah sehingga beberapa peserta membawa keluarga lengkap dengan anak-anak untuk mengisi aktivitas liburan yang positif.
  4. Beberapa peserta menyusul ke lokasi dan menggunakan mobil. Kebersamaan pun didukung oleh mereka yang punya mobil untuk melengkapi sarana perlengkapan.
  5. Makanan disiapkan oleh para VIP 01 (red=istri) dengan cara saweran. Kebersamaan maupun keakraban ini juga dibangun oleh para istri/ibu yang ikut serta dan selalu melengkapi konsumsi dengan baik.
  6. Wisata hiking ”Curug Seribu” melengkapi kebersamaan acara touring rakom ini.

Beberapa cuplikan foto:

Pintu Masuk Bumi Perkemahan Gunung Bunder
“Curug” (air terjun) adalah objek wisata sekitar Gunung Bunder
Halaman parkir lokasi perkemahan yang dituju
Koordinat GPS menunjukkan lokasi perkemahan
Suasana dan alam perkemahan
Tenda besar milik Sudin Binsos Kodya Jaksel
Yang penting ngumpul
Tenda ukuran sedang muat 3 orang dewasa
Tempat yang paling asyik buat ngumpulin komunitas/keluarga besar
Halaman parkir lokasi perkemahan yang dituju
Anggota RAPI dan HTML bergabung
Kehangatan dalam pertemanan dan networking social

Menuju lokasi Kawasan Gunung Bunder II (Bumi Perkemahan Gunung Bunder), Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor dapat ditempuh dari kota Bogor menuju arah barat atau tujuan kampus Institut Pertanian Bogor  (IPB) Dramaga. Terus saja sampai Cibatok. Setelah itu perhatikan keramaian Cibatok dan Kantor Polisi di sebelah kanan jalan. Setelah melihat persimpangan jalan, langsung belok ke kiri arah Gunung Bunder.

Jalur menuju Gunung Bunder lewat Cibatok

ALBUM PHOTO

19 thoughts on “Touring RAKOM: Gunung Bunder Jabar

  1. pak saya sangat tertarik untuk ke bumi perkemahan gunung bunder setelah lihat dan baca artikel bapak. sayangnya saya tidak tahu bagaimana kesana.saya dari jakarta routenya bagaimana untuk sampai kesana yah pak?terima kasih sebelumnya.

  2. @deri,
    Saya tambahkan peta dan keterangan menuju lokasi (lihat gambar diatas).

  3. Sungguh mempesona panorama wisata gunung bunder bogor,dan sangat berkesan bagi siapa saja yang pernah datang kesana, dan akan menimbulkan kerinduan,yang kapan2 hati akan tergerak untuk dapat mengunjunginya lagi.

  4. signal handphone terjangkau tidak di sana ya ?
    dari bogor berapa jam perjalanannya ?
    kalo dari arah bogor, kita masuk ke tnghs ato gunung bunder lebih dulu ya ?
    makasih sebelumnya.

  5. Saya ada di wilayah tersebut diatas masuk pada lokal 11 leuwi liang wilayah 05 kabupaten bogor mampir dong kalau kesini lagi

    Jz 10 FDC
    143.05

  6. Klw saya blh tanya,bgmana cr ksna klw pke kndraan umum?

  7. [...] maupun agenda RAPI RIDERS semakin bertambah banyak. Pada awalnya hanya touring pendek, antara lain Touring ke Gunung Bunder, kemudian ada Baksos, Pelatihan GPS, maupun perkunjungan ke beberapa wilayah dan daerah RAPI [...]

  8. waduhhhh…..curug seribu emang muantap bgts,,,,,,alam yg sjuk.

  9. Oiya pak saya mau nanya…
    saya kan mau touring ksitu sama temen kampus…

    yg saya tanyakan, medannya bagaimana, lalu kalau naik motor, objek wisata yang bisa dicapai mana saja..

    thank’s before

  10. Terima kasih pak atas info yang sangat membantu…
    ijin download gambar petanya ya pak…

  11. Me and my familly so very like the curug seribu water fall, but please pay attention for the jalan setapak which very difficult and so high risk to come and view the water fall of Curug Seribu in Bogor.

    Warm Regards,

  12. [...] Hanya saja perjalanan dengan mobil baru kali ini dilakukan, demikian pula membawa keluarga secara lengkap juga baru kali ini ada kesempatan yang baik. Salah satu artikel ketika SL.com naik motor ke Gunung Bunder bisa dilihat di sini. [...]

  13. [...] artikel sebelumnya tentang Gunung Bunder Jawa Barat (silahkan baca yang satu ini dan juga yang ini). Berikut ini SL.com hanya ingin menyampaikan beberapa foto-foto panorama sekitar Gunung Bunder [...]

  14. waduh kebersaman itu loh yang emang harus di lestarikan!!!makan ora makan asal kumpul,ini baru petualangan!!!semoga makin akrab lagi deh HTML & RAPI.tempatnya asri bangt jadi pngen touring ni ke sana!!!

  15. saya tertarik dengan object wisata ini.. apakah ada contact personnya?? mau telpon2 dulu.. tanya2..

  16. maaf, saya mau nanya nih, wisata perkemahan ini bisa ga ya buat perkemahan besar yang kira2 membawa 200 orang? dan MCK di wilayah ini gimana?

    terimakasih sebelumnya

  17. @JZ10FDC,
    Roger.. roger… ini di kopi sekalee..
    nanti kita panggil2 di 142.05 Mhz..
    stand by ya..
    51-55
    JZ10HRB

  18. medan-nya bagus.. objek wisata-nya banyak khususnya air terjun.. selain itu pemandangan alam.. naik motor paling enak ke gunung bunder.. :-)

  19. you are right sir.. people must prior to make sure his/her conditions before she/he goes to the water fall curug seribu. At least people must having a good health and strong physic, otherwise they are not concentrate trekking jalan setapak on the danger hill. Take care!

Leave a Reply