Test Ride New Honda Vario Techno 125

10 Maret 2012. Baru saja PT Astra Honda Motor (AHM) luncurkan Honda Vario Techno 125 PGM-FI hari Senin 5/3/12 yang lalu (artikel ini), dan ternyata tak disangka Divisi HC3 (Honda Customer Care Center AHM) mengundang SL.com untuk mencoba motor skutik yang paling anyar tersebut. Dengan judul acara “Riding Experience The All New Honda Vario Techno 125 PGM-FI with Blogger” maka SL.com pun langsung datang ke lokasi acara bersama sejumlah rekan blogger otomotif di Mezzaluna Cafe, Jl. Kemang raya No 118, Jakarta Selatan tadi siang (Sabtu, 10/3/12).

Kita ketahui bahwa AHM mengklaim kehadiran Honda Vario Techno 125 PGM-FI (Programmed Fuel Injection) ini sebagai bukti tanda lahirnya era baru standar skutik kelas atas untuk konsumen Indonesia sekaligus untuk memperkuat dominasinya dipasar sepeda motor skutik. PT AHM menjual Honda Vario Techno 125 PGM-FI effektif mulai bulan Maret 2012 ini dengan harga (on the road Jakarta) Rp.15,9 juta varian CBS (Combi Brake System); dan Rp.15,1 juta varian standard (hanya selisih 800 ribu rupiah).

Beruntung SL.com mendapat kesempatan mencoba motor terbaru AHM tersebut di daerah Kemang, dengan rute pendek mulai dari Jl. Kemang Raya,  Jl. Kemang Selatan, Jl. Pejaten Barat, Jl. Warung Buncit Raya, Jl. Kemang Utara, dan kembali ke Jl. Kemang Raya, finish di tempat awal yaitu Mezzaluna Cafe. Waktu tempuh pengetesan sekitar 15-20 menit.

Grup pertama dan kedua yang terdiri dari 3 motor plus 2 motor pengawal sempat diguyur hujan, sedangkan SL.com menunggu hujan reda dan sekitar pukul 12.00 WIB pengetesan bisa dilakukan oleh SL.com. Ketika masuk giliran SL.com, kondisi jalan sudah dipenuhi dengan genangan air, dan beberapa ruas jalan mengalami kemacetan. Tapi bagusnya,  motor skutik ini terasa sangat mudah dikendarai sehingga mampu membelah kemacetan dengan aman.

Singkat cerita SL.com dapat merasakan kebolehan Honda Vario Techno 125 PGM-FI yang sudah dibekali dengan mesin 125cc-PGM-FI dan dilengkapi dengan teknologi matik terbaru Honda yang dikembangkan secara global, yaitu memiliki initial “eSP” (Enhanced Smart Power). Dengan adanya teknologi eSP ini dapat dirasakan beberapa manfaat, yaitu: akselerasi cepat yang diklaim AHM mampu menempuh jarak 200 meter hanya dalam waktu 12,8 detik. Saat SL.com mencoba tidak mengukur secara akurat, tetapi dengan memainkan gas sudah terasa tarikannya mantap.

Menurut AHM, dengan adanya eSP maka konsumsi bahan bakarnya menjadi efisien di kelasnya yang mana 30% lebih hemat dibandingkan dengan Vario sebelumnya (52,1 km/liter dengan menggunakan metode pengukuran ECE R40). Hal inipun di sampaikan dalam acara presentasi penjelasan produk. Lagi, menurut AHM bahwa salah satu peserta dari touring Honda Vario Techno 125 PGM-FI Jakarta-Bali yang berlangsung antara dari tanggal 5 s/d 11 Maret 2012 ternyata ada yang bisa tembus lebih dari 70 km/liter.

Bicara soal keiritan konsumsi BBM memang sangat penting, apalagi desas-desus harga BBM bakal naik dalam waktu dekat ini. Barangkali pemilihan motor dengan mesin yang effisien, hemat BBM merupakan pilihan yang bijaksana. Hanya saja, pemakaian dalam kota, atau dalam kondisi jalan macet belum ada informasi lengkap untuk BBM Honda Vario Techno 125 PGM-FI ini. Namun demikian, hal yang perlu dicatat bahwa “kondisi kemacetan jalan” sangat beragam dan sulit diukur, hal ini sangat relatif tergantung dari pada kondisi kemacetan itu seperti apa.

Bicara soal desain Honda Vario Techno 125 PGM-FI ini, sangat terasa kalau motor skutik AHM ini memiliki desain yang tajam dengan karakter yang lebih agresif sehingga terlihat lebih atraktif dan sporti. So far is good. Apalagi salah satu warna yang ditawarkan berkelir Nitric Orange (varian standard) telihat sangat mantap. Menurut SL.com warna orange lebih terang, lebih menyala dari pada warna Vigor Black, Bionic Red, Onyx Violet, dan Razor White (varian CBS), atau Sonic White Blue, Titanium Black, Lunar Red, dan Swift White Silver (varian standard).

Ketika SL.com melakukan starter mesin, terasa agak aneh karena mungkin belum terbiasa, yaitu Honda All-New Vario Techno 125 ini sudah mengadopsi teknologi ACG Starter, yang sangat mirip dengan Honda PCX 125. Kelebihannya adalah, starter mesin menjadi sangat halus, tidak berisik, dan mesin pun langsung hidup secara otomatis. Teknologi ini merupakan kombinasi antara altenator dan starter yang sudah dipatenkan oleh Honda dimana mesin motor mampu menyala dengan suara halus. Mantap bro..

Sebenarnya Honda All-New Vario Techno 125 PGM-FI ini menawarkan kenyamanan posisi berkendara dengan jok yang besar dan lebar. Hanya saja SL.com belum merasakan kenyamanan dengan sepenuhnya, mungkin saja hal ini karena tinggi dan bobot SL.com yang oversize (tinggi 176 cm/berat badan 80 kg). Mungkin juga karena masih kaku dengan motor baru alias belum terbiasa. Yang pasti SL.com belum merasakan tingkat kenyamanan handling dari motor yang diklaim AHM masuk dalam kategori atau kelas premium.

Untuk fasilitas jangan diragukan lagi. Honda Vario Techno 125 ini sudah dilengkapi dengan fitur bagasi serba guna Helm in berukuran 18 liter yang mampu menyimpan sebuah helm fullface. Fitur Helm in sebelumnya telah hadir pada model Honda Supra X 125 Helm in dan Honda Spacy Helm in yang menjadi fitur favorit konsumen. Selain itu, Vario Techno 125 ini mampu memberikan kepraktisan, dimana tuas pembuka tempat duduk ada di samping posisi key shutter. AHO headlight (Automatic Headlight On) merupakan fasilitas standard.

Untuk keamanan, Honda Vario Techno 125 PGM-FI sudah dilengkapi Combi Brake System (CBS) khusus untuk varian CBS, artinya dengan menarik tuas rem kiri, rem belakang dan rem depan dapat berfungsi dengan optimal. Selain itu, model ini juga dilengkapi dengan standar samping otomatis (Side Stand Switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun dan Brake Lock yang berfungsi untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan.

Overall.. mantap!

ALBUM PHOTO

VIDEO


3 thoughts on “Test Ride New Honda Vario Techno 125

  1. Harga sesuai dengan Fitur ya sesuai !pasti laku ya di pasaran

  2. wah mantep benerrr…! jdi kagum dengan beragam fitur2 yg tawarkan vario 125fi ini…! baik handlingnya yg mantap n sudah mengadopsi teknologi ACG Starter yg diwariskan dri PCX…! beghhh Matic Premi bangettt…untuk harga yg ekonomis…! Ride The Future

  3. Rafi Ashfarhan says:

    wah!!memang bagus fiturnya, cuman masalah harga yang mahal. Tapi emang oke deh!.

Leave a Reply