#3 Jajal Habis Suzuki nex (end)

1 Maret 2012. Tak terasa lebih dari sepekan sejak hari Selasa (21/2/12) motor skutik Suzuki nex milik PT Suzuk Indomobil Sales (SIS) berada di rumah SL.com (artikel pertama) dengan satu tujuan untuk di jajal oleh seluruh anggota keluarga SL.com. Tak hanya SL.com sendiri yang menjajal motor mengusung mesin 113cc  tersebut, tetapi juga Tim SL.com, pembantu rumah tangga, supir, tetangga, hingga beberapa kerabat yang kebetulan datang berkunjung ke-rumah (artikel kedua). 

Kesan-kesan yang diperoleh dari masing-masing orang sangat bervariasi, ada yang bilang motor enteng, ada pula yang bilang motor kecil, motornya ABG (anak bapak gue), moto lincah, gesit, tarikannya enak, irit, dan effisien. Yang pasti SL.com belum menemukan kata-kata yang negatif, seperti motor boros bensin, lemot, ngga ada tarikan, berat atau jelek. Semua mengatakan dalam kondisi yang positif, dan hal ini tentu saja sangat mengembirakan bagi mereka yang lagi membutuhkan sepeda motor skutik.

Bicara soal harga, silahkan lihat daftar harga dari Suzuki Finance yang tertera di bawah ini (harga sewaktu-waktu dapat berubah). Harga jualnya Rp. 12,350,000.- dan selama masa perkenalan mendapatkan cash back Rp. 500,000 atau harganya menjadi Rp. 11,850,000.-. Hm.. lumayan dapat potongan harga di kala kocek lagi terbatas. Selanjutnya lihat daftar cicilan yang disesuaikan dengan jangka waktu cicilan serta kemampuan membayar uang muka.

Catatan: Harga sewaktu-waktu dapat berubah

Seandainya mau membayar uang DP (uang muka) Rp. 800,000 maka bersiaplah membayar cicilan untuk periode 11 bulan sebesar Rp. 1,181,000.- per bulannya; atau pilih jangka waktu 23 bulan dengan cicilan Rp. 666,000 per bulannya. Rasanya cukup make sense jika yang dibutuhkan adalah sebuah motor skutik yang effisien dan berkualitas, apalagi untuk aktifitas harian di dalam kota, yang mampu membelah jalanan macet, dan siap parkir di pakiran sempit.

Oh ya.. kalau mau dihitung-hitung, motor ini sangat effisien, bukan saja karena mudah parkir di tempat yang sempit, tetapi bicara soal irit bahan bakar minyak. SL,.com sendiri telah menggunakan motor skutik Suzuki nex ini dengan jarak 175 km hanya di dalam kota. Adapun bensin premium yang telah diminum sebanyak 5 liter atau 175 km/5 liter = 35 km/liter). Asal tau saja, gaya riding dari masing-masing rider (pengguna) sangat bervariasi. Untuk SL.com dan tim, sangat menyukai main di putaran atas (speed riding).

Namun demikian, PT Suzuki Indomobil Sales mengklaim bahwa Suzuki nex sudah meraih Rekor MURI karena motor tersebut bisa tembus 79,6 km/liter. Rekor ini dipecahkan di Sirkuit Sentul pada 20 Oktober 2011 dengan metode pengetesan tangki bensin diisi penuh, kecepatan konstan 40 km/jam selama 30 menit. Ya.. ini boleh saja karena pakai metode riding konstant tanpa hambatan. Hal ini sangat berbeda jika motor dipakai di dalam kota dengan kecepatan bervariasi.

Satu hal yang perlu di catat oleh pabrikan adalah automatic off stand switch pada motor Suzuki nex belum tersedia. Demikian pula key-lock untuk keamanan (pencurian motor) masih terlihat pakai kunci standard. Mungkin hal ini perlu perbaikan agar nantinya dapat bersaing dengan motor skutik yang lainnya. Secara umum, motor skutik Suzuki next ini well recomended untuk mereka yang butuh kelincahan, sekaligus gaya. Mantap bro.

Sebelum motor skutik jemput oleh pemiliknya, setidaknya Suzuki nex hijau tersebut mandi air sabun dan dipoles biar mengkilap dan lebih berbinar. Setelah itu difoto. Yups.. silahkan simak di lanjut album photonya. Akhir kata ucapan terima kasih kepada PT Suzuki Indomobik Sales yang telah memberikan kepercayaan kepada SL.com menggunakan motor tersebut untuk sepekan.

ALBUM PHOTO

3 thoughts on “#3 Jajal Habis Suzuki nex (end)

  1. Gmn kesan dan pesannya bro setelah jajal Suzuki Nex?

  2. robert satrio says:

    terimakasih atas semua review yang sudah dilampirkan di artikel stephenlangitan.com, semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak yang menginginkan motor yang irit, lincah, gaya…. thx a lot!!!

  3. betul2,,enak bgt..ky sky wave kk gue..cman bda bdx aj

Leave a Reply