Asuransi Motor Besar, Kurnia Insurance

image006

28 Februari 2012. Ketika SL.com meliput acara BROSER Gathering pada hari Minggu, 12 Februari 2012 terlihat keramaian tidak hanya di isi dengan para gadis seksi untuk photo model, tetapi ada juga gadis-gadis cantik yang lainnya yang sedang membagi-bagikan brosur produk “Asuransi Untuk Sepeda Motor Besar” yang ditawarkan oleh Kurnia Insurance d/h PT Kurnia Insurance Indonesia. 

Wah.. ternyata masih ada perusahaan asuransi yang punya produk Motorcycle Insurance yang dijual secara retail, karena biasanya produk ini hanya di jual via leasing atau finance company, ataupun selective on corporate client. Karena biasanya, penjualan Motorcycle Insurance Class sangat dibatasi, dan inipun hanya untuk moge (motor gede).

Sejenak SL.com mampir di booth Kurnia Insurance untuk melihat jaminan perlidungan yang ditawarkan termasuk tarif preminya. Pada prinsipnya basic rate masih sama dengan pasaran asuransi sepeda motor yang berlaku di Indonesia. Nah.. untuk lebih jelasnya mari kita simak paket-paket yang ditawarkan:

TLO (Total Lost Only) by Theft = 2.75% dari harga motor. Menjamin kerugian total karena kehilangan akibat pencurian.

TLO by Constructive = 3.0% dari harga motor.  Menjamin kerugian total akibat kecelakaan fatal/serius. Sedikitnya biaya repair sudah mencapai 75% atau lebih dari harga sepeda motornya.

Comprehensive plus SRCCT & AOG = 3.33% s/d 3.5% (tergantung usia motor). Menjamin kerugian secara komprehensive termasuk Strike Riot Civil Commotion Terrorism (huru-hara dan aksi teroris) dan Act of God (kejadian alam seperti gempa bumi, agin topan, badai, tanah longsor, banjir). Jaminan ini boleh dibilang yang paling lengkap, tapi tetap saja ada batasan sesuai terms/conditions polisnya.

Sekedar saran bagi konsumen, sebaiknya setiap penawaran dipelajari lebih dulu khususnya mengenai hal-hal apa saja yang di kecualikan (exclusion) di dalam polis. Hal ini untuk mencegah dispute atau salah paham, apalagi ketika nantinya mengajukan klaim, mungkin saja konsumen merasa dirugikan. Juga, jangan lupa mengetahui resiko sendiri/own risk atau deductible dari physical damage, apalagi deductible untuk SRCCT-nya. Hal ini sangat penting untuk diketahui sebelum dokumen polis di issued.

Hal diatas adalah yang paling basic untuk diketahui, baik luas jaminan maupun tarif preminya. Di lembaran brosur Kurnia Insurance ada beberapa kombinasi paket, dan ini sesuai kebutuhan dari masing-masing konsumen, antara lain paket Comprehensive Only; Comprehensive Including AOG; atau Comprehensive Including SRCCTS. Namun demikian, paket jaminan yang paling aman adalah Comprehensive Including SRCCTS & AOG.

Sebagai tambahan, disediakan pula jaminan tambahan Third Party Liability (TPL) tapi dengan tambahan premi sesuai dengan besarnya jaminan yang diinginkan. Misalnya mau pilih TPL limit Rp. 10 juta, wajib tambah premi 50 ribu rupiah. Atau pilih TPL limit Rp. 500 juta, wajib tambah premi 100 ribu rupiah.  Masalahnya untuk apa jaminan TPL ini?

Misalkan pemilik moge mengalami kecelakaan dan merugikan pihak ketiga (orang lain), sebut saja ada warung rokok yang secara tidak disengaja ditabrak moge. Maka tentu saja pemilik warung bakal menuntut ganti-rugi atas kerugian yang ia derita. Dengan jaminan TPL tersebut diatas, maka resiko ganti-rugi untuk warung tersebut bisa dialihkan atau dijaminkan kepada perusahaan asuransi, dengan catatan sudah diketahui/disetujui oleh perusahaan asuransi lebih dulu.

Mangkanya, kalau lagi apes mengalami musibah kecelakaan, maka ada tiga pihak yang harus segera dilaporkan. Yang pertama adalah laporan ke rumah (keluarga), yang kedua laporan ke Polisi (aparat hukum); dan yang ketiga adalah laporan ke perusahaan asuransi-nya. Khusus untuk laoran polisi dan pihak asuransi dilakukan minimal dalam waktu 3 x 24 jam.  Kalo ngga, ya ini bakal jadi berita basi dan klaimnya pun bisa di tolak oleh perusahaan asuransi.

Untuk informasi selengkapnya, langsung saja menghubungi Marketing Kurnia Insurance Telp. 021-531 27522. Yang pasti pemohon harus lebih dulu mengisi Formulir Permohonan (aplication form). Selanjutnya hal ini akan ditangani langsung oleh executive marketing. Bagi pemohon yang punya motor gede full modif, sebaiknya di uraikan satu persatu harga asesorisnya agar ikut masuk dalam jaminan asuransinya.

ALBUM PHOTO

One thought on “Asuransi Motor Besar, Kurnia Insurance

  1. Asuransi Murah, Proses Mudah? Klik http://www.rajapremi.com
    Tanpa survey kendaraan, tanpa medical check up. Polis langsung aktif seketika setelah pembayaran dilakukan.

Leave a Reply