Suzuki Siap Dukung Indonesia Menuju Standar Euro-3

24 Februari 2012. Ajang Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) yang menggelar diskusi tentang kesiapan industri roda dua di Tanah Air dengan standar Euro-3 pada hari Kamis kemarin (artikel ini) setidaknya menggugah para ATPM selaku produsen sepeda motor untuk menyesuaikan diri. Hal ini terungkap pada beberapa obrolan SL.com dengan produsen sepeda motor di dalam Aula Garda Oto di Jl. T.B Simatupang, Jakarta Selatan. 

Salah satunya adalah PT Suzuki Indommobil Sales (SIS) yang mana salah satu produk teranyarnya, Suzuki nex sedang di jajal oleh SL.com untuk beberapa hari (artikel ini). Dalam hal ini pihak Suzuki sebenarnya sudah mempersiapkan motor “ramah lingkungan” untuk menyongsong standar Emisi Euro-3 yang akan segera diberlakukan.

Pada prinsipnya Suzuki Indonesia menyatakan siap menyambut Euro-3 yang akan diterapkan pemerintah. Hal ini sebagai upaya untuk menjadikan udara Indonesia lebih bersih. maka dengan demikian memang sudah seharusnya Suzuki Indonesia membekali sepeda motor yang lebih ramah lingkungan pada setiap lini produknya.

Menurut Suzuki, dengan booming-nya aturan menerapkan standar Euro 3 selalu disangkut pautkan dengan sistem bahan bakar injeksi. Karma teknologi inilah yang sekiranya paling efektif untuk mengolah bahan bakar menjadi lebih effisien sehingga gas buang pun menjadi lebih ramah lingkungan dibanding dengan sistem bahan bakar konvensional.

Teknisi Suzuki Indonesia menjelaskan keunggulan mesin skutik Suzuki nex

Sebenarnya Euro-3 tak hanya melulu berhubungan dengan sistem injeksi, namun intinya bagaimana membuat gas buang kendaraan kita selama menjadi ramah lingkungan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat emisi gas buang menjadi ramah lingkungan. Salah satunya adalah meng-aplikasikan katalisator (catalytic converter), karena hal ini juga bisa berfungsi untuk menekan emisi itu sendiri.

Dalam menunjang hal tersebut, Suzuki Indonesia sudah melakukan beberapa persiapan dengan mempersiapkan produk—produk baru berteknologi injeksi maupun training untuk semua mekaniknya ataupun alat pendukung teknologi injeksi sebagai kelengkapan standar servis di setiap Bengkel Resmi Suzuki (Beres) di seluruh Indonesia.

Diharapkan dengan segala persiapan yang dilakukan saat ini, Suzuki mampu memenuhi tuntutan sepeda motor yang ramah lingkungan, efisien dan tahan lama dalam setiap produknya sehingga dapat bersaing dengan kompetitor yang ada. Yang pasti, Suzuki siap mendukung Indonesia menuju standar Euro-3.

One thought on “Suzuki Siap Dukung Indonesia Menuju Standar Euro-3

  1. Aank Wijaya says:

    Apakah iya ..Suzuki mampu memenuhi tuntutan sepeda motor yang ramah lingkungan, efisien dan tahan lama???
    karena image yang terbangun di masyarakat Suzuki boros banget,terus iyakah ramah lingkungan???
    mesti dibangun lagi ni Suzuki biar lebih siip lagi,yaa mungkin dengan adanya Nex Imagenya akan berubah dan berjuang untuk lebuh baik lagi..
    dan kalahkan yang lain!!!

Leave a Reply