#2 Jajal Habis Suzuki nex (buat harian)

22 Februari 2012. Kehadiran motor skutik Suzuki nex warna hijau milik PT Suzuki Indomobil Sales yang terparkir di rumah SL.com menjadi perhatian bagi mereka yang bekerja bersama SL.com, antara lain supir, pembantu rumah tangga, dan juga anggota kru dari Tim Liputan SL.com. Semua ingin mencoba dan merasakan langsung bagaimana rasanya naik motor skutik 113cc milik Suzuki ini. Ya, akhirnya mereka pun diizinkan untuk mencobanya. Berikut ini kesan-kesannya. 

Yang pertama seorang wanita yang sering kami panggil Mba E. Ia mencoba motor Suzuki next untuk keperluan rumah tangga, antara lain mengantar anak kami ke sekolah, belanja ke pasar, mengantar surat, dan menjemput anak kami pulang sekolah. “Pak.. motornya enteng banget, aku suka sekali motor ini. Tarikannya enteng dan kencang lagi,” ucapnya berulang-ulang dengan nada riang setelah menjajal Suzuki next untuk banyak tugas dan keperluan seharian.

Sementara itu, seorang supir yang yang juga bekerja di rumah SL.com mencoba Suzuki nex ini walaupun hanya sebentar saja. Setelah motor di parkir, ia langsung berucap dengan gembira. “Koq.. enteng banget ya nih motor. Mantap buat jalanan macet, bikin urusan jadi makin lancar. Harganya berapa ya? Irit ga sih? Tanya pak supir dengan penasaran.

Ya.. untung saja SL.com punya bahan referensi soal harga, dan dijawab Rp. 12.350 juta (selama masa perkenalan dapat diskon/cah back 500 ribu rupiah). Tapi soal irit belum dihitung, namun pihak Suzuki mengklaim motor Suzuki nex sangat irit, bahkan PT SIS pernah mendapat piagam Rekor MURI (artikel ini). Dari bahan referensi yang diterima SL.com ketika acara launching bulan Desember 2011 yang lalu, disebutkan bahwa fitur yang paling diunggulkan dari Suzuki next adalah konsumsi BBM-nya yang mencapai rekor di angka 79,6 km/liter.

Lagi, disebutkan oleh Suzuki bahwa rekor ini dipecahkan di Sirkuit Sentul pada 20 Oktober 2011 dengan metode pengetesan tangki bensin diisi penuh, kecepatan konstan 40 km/jam selama 30 menit. Dengan keunggulan irit BBM ini diharapkan Suzuki nex mampu merebut pangsa pasar di kelas matik standar yang cukup besar. Keyakinan Suzuki ini diwujudkan dengan mengusung slogan Suzuki nex, IRIT – LINCAH – GAYA.

Pada siang harinya, giliran Bro Jules Rimet salah satu anggota Tim Liputan SL.com yang menjajal Suzuki nex ini. Ia mendapat tugas menuju kekantor klien untuk sebuah urusan. Berikut ini cerita yang disampaikan langsung oleh Bro Jules soal kesan dan pengalamannya riding Suzuki nex.

Kebetulan hari ini ridak ada tugas peliputan, maka langsung saja motor dipakai untuk urusan administrasi. Setelah makan siang, dari lokasi kantor di Cinere  langsung berangkat menuju Jl. Thamrin Jakarta Pusat. Sebelumnya, motor skutik ini dicoba untuk melakukan slalom kecil di depan markas. Setelah itu barulah langsung diajak menuju keramaian dan kemacetan di pusat kota Jakarta.

Mengambil rute Cinere – Lebak Bulus – Pondok Indah – Simprug – Palmerah – Pejompongan – Thamrin. Asal tau saja, bahwa jalur dilewati memang cenderung lurus-lurus dan ini sengaja dipilih untuk mencoba akselerasi dan mencoba kemampuan mesin pada putaran atas. Pasalnya motor skutik Suzuki nex ini diklaim mampu mencapai daya maksimum 9,4 ps / 8.800 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 8,7 Nm/6.500 rpm.

Terbukti, untuk akselerasi motor memang oke banget. Tenaga selalu terisi disetiap putaran gas. Apalagi ketika motor memasuki ruas Pondok Indah yang lengang dimana jarum speedometer dengan mudah mencapai angka 100 km/jam. Bobot nex yang hanya 87 kg dan tinggi jok 735 mm membuat Suzuki nex memang sangat mudah dikendarai. Dengan bobot ringan ini, atau disebut motor enteng maka manuver Suzuki nex jadi semakin lincah dan akselerasinya pun prima.

Suspensinya empuk dan mantap saat melitasi jalan Tentara Pelajar (fly over Simprug menuju Pejompongan) yang ber gelombang karena terbuat dari beton. Saat perjalanan sempat menemui beberapa ruas jalan yang macet, antara lain di depan Kuburan Karet. Disinilah serunya riding motor skutik Suzuki nex ini, mau di ajak ngapain aja oke, dan sangat lincah menerabas kemacetan Ibukota.

Hal menarik setelah pulang dari Jl. Thamrin Jakarta Pusat, dimana Kru SL.com mampir di showroom Harley-Davidson di Pondok Pinang untuk sebuah urusan. Di sana tampak beberapa karyawan yang tergoda dan penasaran dengan kehadiran skutik Suzuki nex. Diantara mereka ada yang mencobanya, dan sebut saja Bro OR salah satu pegawai disitu mengatakan, “Motor ini oke juga baik dari segi tampilannya maupun performa mesin, jujur ini motor jauh lebih baik dari motor matic gue.”

Hadirnya Suzuki nex ini bisa menjawab keinginan konsumen yang ingin punya motor yang keren tapi juga hemat BBM. Apalagi dengan desainnya yang futuristik berpadu dengan warna-warnanya yang cerah dapat mencuri perhatian orang disekitarnya. “Ini bukan motor sejuta umat, yang punya motor ini pasti punya selera yang berbeda dari merek-merek yang sudah umum,” ucap Bro OR.

Terus terang Suzuki nex adalah motor yang masuk kategori fun to ride sangat cocok untuk pengendara entry level ataupun anak muda. Dan satu hal lagi dan juga tidak kalah pentingnya, motor ini bisa jadi salah satu pilihan untuk membelah kemacetan Ibukota.

ALBUM PHOTO

One thought on “#2 Jajal Habis Suzuki nex (buat harian)

  1. pas bgt dgn rencana kenaikan BBM jd kta pilih yg irit jgn tergoda merk lain…jdlah trendsetter dilingkungan anda dulu..

Leave a Reply