#1 Jajal Habis Suzuki nex (buat harian)

image006

21 Februari 2012. Tadi pagi sekitar pukul 10.30 WIB (Selasa, 21/2/12) PT Suzuki Indomobil Sales mengantarkan satu unit motor baru skutik Suzuki nex ke rumah SL.com untuk di jajal oleh SL.com dan keluarga dalam beberapa hari kedepan. Pinjaman motor skutik tersebut dipakai untuk mendapatkan bahan tulisan yang lebih objektif melalui aktifitas harian. Hal ini sekaligus menjawab tes-ride yang lebih lengkap dan lebih komprehensive.

Sebagai hari pertama SL.com langsung jajal Suzuki nex ini untuk pergi mengisi bensin sekaligus menjemput anak pulang sekolah sekitar pukul 11.30 WIB. Isi bensin premium sebanyak 3.5 liter dengan ongkos sebesar Rp. 16 ribu. Kenapa isi bensin premium, bukan Pertamax? Alasan SL.com karena pasar motor ini ditujukan kepada masyarakat luas di Tanah Air yang masih menggunakan bensin premium.

Jalan Cinere Raya yang mulus (aspal beton) tergolong ramai. Mulusnya jalan tersebut memancing SL.com untuk menarik gas Suzuki nex 113cc ini, dan ternyata ada sebuah skutik merah Honda Vario terpancing untuk mengejar SL.com. Singkat cerita, selap-selip di depan Cinere Mal membuktikan motor skutik Suzuki nex termasuk motor yang lincah dan gesit.

Setibanya di sekolahan dimana SL.com menjemput anak, ternyata motor skutik Suzuki nex berwarna hijau ini sempat mencuri perhatian para ibu-ibu yang lagi menungggu anaknya didepan sekolahan. Tak lama kemudian, sang anak yang dijemput pun hadir dan tasnya minta di letakkan di kabin depan. Posisi tas ngepas banget di kabin depan dan posisi kaki SL.com terpaksa agak melebar.

“Wah.. ini motor baru ya pa? Keren banget!” kata sang-anak yang masih duduk di kelas 3 SD dalam usianya yang ke 8 tahun 9 bulan dengan tinggi badan 133 cm. Langsung saja motor dijalankan, sedikit agak beda karena ada boncengan, terasa lebih berat karena ada beban boncenger. Motor skutik ini masih bisa melaju, dan gas masih bisa ditambah dan ternyata memang masih mumpuni untuk dipakai berboncengan.

Beberapa polisi tidur dilewati dan dapat dirasakan suspensinya, baik di saat pengereman dan maupun saat melewati polisi tidur, dan suspensi memang terasa berfunsi dengan baik. Pada kondisi ini juga merasakan pengereman yang berjalan dengan baik. Lagi, akselerasi ditambah untuk mendapatkan kecepatan, dan kegesitan skutik Suzuki nex semakin terasa.

“Wah.. kenceng banget nih motor,” ujar sang anak ketika kami sudah tiba di rumah. Setelah berfoto sebentar dengan pakai sekolahnya, sang anak kemudian mengamati lebih dekat motor Suzuki nex yang memang baru pertama kali dilihat olehnya. “Habis makan siang kita jalan-jalan dong pa.. aku mau jalan-jalan yang jauh,” ujar sang anak dengan penuh harap.

Sekitar pukul 13.30 WIB kembali motor skutik Suzuki nex tersebut dijalankan dengan tujuan ke arah pertokoan di sekitar kawasan Blok M Cinere. Masih melintasi jalan aspal beton Cinere Raya yang mirip dengan Jalan Margonda Raya. Mau tak mau akselerasi ditambah untuk menyesuaikan kondisi jalan yang terbilang mulus, dan sesekali mendahului mobil. Yang pasti motor ini terasa ringan, gesit dan lincah.

Pukul 15.00 WIB kami sudah tiba di rumah. Tak lama kemudian turun hujan cukup deras hingga pukul 16.00 WIB dan pukul 18.00 WIB turun hujan lagi. Ya, motor skutik Suzuki nex ini hanya terpakir dirumah hingga artikel ini ditulis pada malam harinya. So, nantikan artikel atau cerita lanjutannya.

Sekedar informasi tambahan, Suzuki nex diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales di Krakatau Ball Room, Hotel Mercure Ancol, Jakarta hari Kamis 15 Desember 2011 yang lalu (artikel ini) dengan tag line sebagai motor skutik yang irit, lincah dan gaya. Suzuki nex dibanderol dengan harga Rp 12.350.000,- (On The Road DK Jakarta dan sekitarnya) sudah termasuk velg casting wheel.

Spesifikasi Suzuki nex

Mesin
Tipe: 4-langkah, 1-silinder, pendingin udara
Sistem katup: SOHC, 2 valve
Diameter langkah (mm): 51,0 x 55,2
Isi silinder (cm3): 113
Rasio kompresi: 9,4
Tenaga maksimum: 94 PS/8.800 rpm
Torsi maksimum: 8,7 Nm/6.500 rpm
Sistem bahan bakar: Karburator (BS22)
Sistem pengapian: CDI
Sistem starter: Elektrik dan engkol
Transmisi: CVT/V-Belt
Kapasitas tangki: 3,5 liter

Sasis
Suspensi depan: Teleskopik, per ulir, peredam oli
Suspensi belakang: Tipe lengan ayun, per ulir, peredam oli
Rem depan: Cakram
Rem belakang: Tromol
Roda depan: 70/90-14 M/C 34P
Roda belakang: 80/90-14 M/C 46P
Pelek: Casting wheel

Kelistrikan
Aki: 12V (3,0 Ah) / 10 HOUR
Lampu depan: 12V 32W/32Wx1

Dimensi
Panjang: 1.850 mm
Lebar: 665 mm
Tinggi: 1.035 mm
Jarak sumbu: 1.235 mm
Jarak pijak: 135 mm
Tinggi jok: 735 mm
Berat kosong: 87 kg

ALBUM PHOTO

2 thoughts on “#1 Jajal Habis Suzuki nex (buat harian)

  1. Gmn kesannya setelah coba Suzuki Nex seharian?

  2. Idealnya ktika hujan tu motor juga di jajal mas, biar ada perbandingan dengn membawa disaat panas.. Ya, Sambil main hujan sana anak. hehe.
    Mana tau itu motor takut sama air…

Leave a Reply